Buka Lapak Baca Gratis di Alun-Alun Engku Puteri Batam Centre Oleh Taman Baca Gelora Madani Batam! - Buku adalah salah satu benda berharga yang belakangan ini mulai banyak dilupakan orang-orang. Kehadirannya kadang dianggap tidak penting lagi semenjak teknologi kian berkembang pesat. Tak terkecuali anak-anak, bahkan diantara mereka ada yang tidak mengenal buku, buku dianggap benda yang tidak asyik, buku tidak menyenangkan. Ya, bisa jadi itu karena mereka terlalu dimanjakan oleh canggihnya teknologi yang selalu ada di dalam genggaman (smartphone). Hal itulah yang melatarbelakangi Taman Baca Gelora Madani Batam untuk buka lapak baca gratis di Alun-Alun Engku Puteri, Batam Centre pada hari Minggu lalu (10/02/2019).

Lapak baca buku gratis di alun-alun, setiap hari Minggu pagi.

Taman Baca Gelora Madani ini berada di bawah Yayasan Gelora Madani yang dipimpin oleh suami saya, Fendi Hidayat. Yayasan ini berdiri tanggal 23 Januari 2019 lalu yang rencananya akan fokus di kegiatan literasi (peningkatan minat baca, khususnya anak-anak), fasilitas pendidikan dan pelatihan guna peningkatan skill dan kemampuan bagi masyarakat. Ini adalah salah satu langkah awal untuk membangun cita-cita besar kami di dunia pendidikan.


Hari Itu Adalah Lapak Pertama..


Sudah lama kami ingin membuka lapak baca gratis. Selama kurang lebih 2 minggu ini kami mencicil buku-buku yang kami beli secara online, beberapa juga buku milik pribadi. Awalnya, kami mau buka Rumah Baca yang digelar di teras rumah. Tapi belum juga terlaksana karena harus ada sedikit perbaikan di halaman teras kami sebelum dibuka Rumah Baca.

Terbesitlah ide suami untuk membuka lapak baca gratis di Alun-Alun Engku Putri Batam Centre pada hari Minggu pagi. Secara, alun-alun kan ramai banget tiap Minggu pagi, banyak masyarakat yang berolahraga, bersantai atau sekedar berjalan-jalan pagi.

Baik, kami sepakat akan buka lapak pertama kami di alun-alun hari Minggu pagi itu. Banner dan spanduk dicetak, buku-buku dipilih dan dimasukkan ke dalam box mainan anak yang kami pinjam sementara. Saya mempersiapkan bekal sarapan pagi kami, melakukan sounding kepada anak-anak kalau Minggu pagi kita pergi ke alun-alun untuk buka lapak baca gratis. Mereka tak kalah semangat. Meskipun pagi harinya rada berat untuk dibangunkan lebih pagi, sampai-sampai si adek Maryam tidak sempat mandi. Hehehe.

Sesampainya di alun-alun jam 06.55 wib. Agak telat ya, alun-alun sudah sangat ramai. Mobil kami parkir cukup jauh ke pintu masuk alun-alun. Huaa, mana barang bawaan banyak. 2 box full berisi ratusan buku, 2 karpet, 1 spanduk ukuran 3x3, 1 stand banner, 1 tas perlengkapan anak-anak, dan 1 tentengan bekal sarapan. Dan kami cuma berdua, berempat sama anak-anak.

Alhamdulillah, anak-anak keren sekali. Mereka membantu kami dengan cara mereka. Mas Aal membawa stand banner layaknya tentara yang sedang membawa senjata, dek Maryam mau berjalan cantik tanpa minta digendong (biasanya minta gendong kalau di keramaian) sehingga saya bisa membawa karpet dan tentengan bekal di tangan kiri sedangkan tangan kanan saya menggandengnya. Keringat suami saya pun bercucuran membawa 2 box full yang berisi ratusan buku sendirian. Syukur, boxnya bisa didorong, bukan diangkat. Hehehe.

Kami memilih lahan di sebelah area main anak-anak, pas sebelah kiri pintu masuk alun-alun dari arah Masjid Agung. Karpet digelar, spanduk dan stand banner dipasang, buku-buku disusun rapi menjadi 2 bagian, buku anak-anak dan buku dewasa. Buku anak-anak mulai dari buku cerita tentang akhlak, dongeng, cerita anak Muslim, ensiklopedia, majalah bobo, dan lain sebegainya. Buku dewasa yang paling laris dibaca ibu-ibu adalah buku resep masakan, ada juga buku novel-novel lama, komputer, buku agama, parenting, politik dan lain lain sebagainya.

Senangnya melihat anak-anak membaca buku bersama.

Buku bacaan tersedia untuk anak dan dewasa.

Majalah Bobo versi lama, tapi isi dalamnya banyak tulisan yang bermanfaat untuk anak-anak.

Ular Tangga Raksasa, Edukasi Internet Sehat Untuk Anak-Anak
Serunya bermain ular tangga raksasa dengan dadu yang raksasa juga tentunya.
Selain lapak baca, kami juga menyediakan game ular tangga raksasa berukuran 3x3m untuk anak-anak. Lengkap dengan dadu raksasa juga, ya.. Di dalam kotak ular tangga terdapat tulisan-tulisan baik untuk mengedukasi anak-anak agar menggunakan internet secara sehat. Maklum, kemajuan teknologi dan internet tidak bisa kita tolak mentah-mentah untuk anak-anak. Jadi, sebisa mungkin kitalah yang harus gencar mengedukasi mereka agar mempergunakan internet dengan sebaik-baiknya.

Gambar: intetnetsehat.id

Alhamdulillah, lapak baca gratis ini ramai dikunjungi masyarakat, mulai dari anak-anak sampai dewasa sampai jam 11 siang. InsyaAllah, Taman Baca Gelora Madani Batam akan selalu buka lapak di Alun-Alun Engku Putri, Batam Centre mulai jam 07.00 sampai selesai. Semoga istiqomah dan selalu semangat menebar manfaat dan kebaikan untuk orang banyak. Aamiin.



Taman Baca Gelora Madani menerima donasi buku atau dana untuk menambah koleksi buku-buku di Taman Baca Gelora Madani. Silahkan hubungi contact person via Whatsapp di nomor 083184213939.

Yayasan Gelora Madani Batam
Instagram: @geloramadanibatam 

Tonton juga Video Blognya di bawah ini: