Sumber gambar: Pixabay.com
Pihjj
Sariwan merupakan penyakit yang tak asing lagi ditelinga kita. Hampir setiap orang mengalami penyakit sariawan apalagi sariawan yang terus menerus tak kunjung sembuh. Rasanya sudah beberapa kali memakai obat sariawan untuk menghilangkan penyakit tersebut. Namun hasilnya masih saja belum sembuh. 

Tentu kalian tidak perlu khawatir meski dengan pemakaian obat masih belum sembuh ternyata dengan pemakaian bahan yang alamin sangat cepat atasi sariawan loh! Untuk itu kita perlu mengetahui apa sajakah bahan alami tersebut? Sebelum itu, mari kita ketahui dulu apa penyebab sariawan.

Kenali penyebab sariawan anda!

Sariawan adalah luka di rongga mulut dan terasa perih/nyeri ketika kita menyentuhnya bahkan berbicara. Rasa nyeri pasti tentu menganggu kenyamanan kita disaat melakukan aktiftas bahkan menyebabkan suasana hati berubah. 

Sariawan muncul satu atau beberapa saja namun tidak menular jadi kita tidak perlu khawatir.
Terjadinya sariawan disebabkan oleh daya tahan tubuh yang melemah, asam lambung meningkat, dan kurangnya asam folat/ vitamin B12. Bahkan ketika kita terlalu keras menggosok gigi maka akan terjadi luka. Selain itu, ketika mulut tergigit maka tak berselang lama akan terasa sakit.
Sariawan bisa dialamin oleh siapapun baik anak-anak, dewasa maupun remaja. Tetapi sariawan rentan dialami oleh remaja. Bahkan hampir setiap hari mengalami penyakit ini. Berikut obat alami yang dapat menyembuhkan sariawan

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dapat menyembuhkan sariawan. Cukup oleskan saja ke luka sariawan. Meski terasa sedikit perih namun harus ditahan agar sariawan sembuh. Lakukan berulang-ulang sampai rasa nyeri perlahan menghilang. Madu memiliki kandungan antibakteri dan antiradang sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

2. Air garam

Jika kalian berkumur dengan air garam 1-2 menit maka sariawan akan perlahan menghilang. Garam juga memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang dapag membunuh bakteri dimulut kalian. Garam dapat mempercepat proses penyembuhan. Disamping itu, garam memilki manfaat yang dapat mencegah infeksi di mulut.

Ambil satu setengah sendok teh garam, tuangkan ke dalam satu gelas air hangat/dingin kemudian aduk secara merata lalu kumur-kumur di mulut kalian. Setelah itu, buang sisa kumur dan bilas dengan air putih. Lakukan berulang kali sampai sariawan sembuh.

3. Air Kelapa

Banyak orang yang meyakini bahwa air kelapa mampu menyembuhkan sariwan. Air kelapa dapat membunuh bakteri dan mengurangi rasa nyeri di mulut. Mungkin sedikit perih tapi sebaiknya harus ditahan agar sariawan kalian sembuh. Caranya mudah, cukup sediakan air kelapa sesuai dengan kebutuhan lalu segera minum air kelapa tersebut. Lakukan sesering mungkin agar sariawan sembuh.

4. Hindari makanan asam

Kalian harus tau bahwa semakin kita mengkonsumsi makanan yang mengandung asam maka  sariawan sering muncul. Akibatnya perut terasa panas dan badan terasa lemas. Untuk itu, perlu untuk menjaga makanan sehari-hari agar tidak timbul sariawan. Mulailah dengan mengkonsumsi sayuran, susu, dan air kelapa dan makanan lainnya yang tidak mengandung asam. Maka sangat baik untuk tubuh kalian. Bahkan sariawan tidak akan timbul.

5. Pakai obat kumur

Obat kumur mungkin bisa menyembuhkan sariawan tetapi terkadang sembuh hanya sesaat saja. Setelah itu nyeri lagi dan luka belum kunjung hilang. Untuk itu, kita perlu memahami kandungan obat kumur tersebut agar sesuai dengan kondisi tubuh kalian dan tidak memicu sariawan makin parah.

Dilansir dari Hellosehat.com. seorang peneliti di University of Pennsylvania menjelaskan bahwa belum ada satupun obat kumur yang dapat penyembuhkan sariawan secara cepat dan aman. Tetapi pastikan obat kumur yabg kalian konsumsi mengandung zat antibiotik, untuk membuhuh bakteri, zat antijamur dapat meredakan rasa nyeri. Disamping itu, kandungan zat kortikosteroid mampu mengurangi pertumbuhan jamur di mulut.

6. Gunakan Pepsodent herbal

Ketika menggosok gigi kita harus perhatikan pepsodent yang kita pakai. Sebab, terkadang pepsodent yang mengandung deterjen sangat mudah terkena sariawan karena bahan yang terlalu keras sehingga tidak cocok dimulut kita. Sebaiknya pakailah pepsodent herbal meski mahal, namun kita dapat menjaga mulut kita agar kuman hilang dan mulut bersih. Jangan lupa gosoklah gigi secara rutin sehari 3/2 kali.
Nah, semoga tips kali ini dapat segera menyembuhkan penyakit anda. 

Sariawan memang penyakit yang menyebalkan dan sering terjadi. Maka dari itu rutinlah membersihkan mulut kalian agar terjaga dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan sariawan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.