Sebagai seorang wanita, make up menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki. Tanpa make up, penampilan seorang wanita kurang sempurna. Namun sayangnya, banyak wanita yang tidak tahu sampai kapan make up harus disimpan. Seperti yang kita tahu, expired atau kadaluwarsa yang tertera di produk make up diberi waktu 2 atau 3 tahun.

Tetapi, sebaiknya anda tahu, inilah beberapa make up harus dibuang atau tidak boleh digunakan walaupun kadaluwarsanya masih lama:

1. Maskara

Source: https://id.priceprice.com/Wardah-Volume-Expert-Mascara-25573/

Jangka waktu penggunaan maskara biasanya bertahan 2 bulan, 3 bulan atau sampai 6 bulan tergantung produknya. Jika masih dipakai sampai batas kadaluwarsa, bisa menimbulkan perih di mata anda.

2. Eyeliner
source: https://id.priceprice.com/Wardah-EyeXpert-Eye-Optimum-Hi-Black-Liner-26209/

Jangka waktu penggunaan eyeliner biasanya dari 6 bulan sampai 9 bulan. Sama halnya dengan maskara, jika dipakai sebelum batas penggunaan menimbulkan perih di mata.

3. Foundation atau Alas Bedak

Jangka waktu penggunaan foundation biasanya sekitar 1 tahun, jika dibiarkan lebih dari setahun, warna dari foundation akan berubah

4. Lipstik

Jangka waktu penggunaan lipstik berkisar sampai 2 tahun. Jika masih dipakai diatas 2 tahun, warna dari lipstik akan berubah dan tekstur lipstik yang dipakai terasa lengket.

5. Bedak

Jangka waktu penggunaan bedak berkisar 6 bulan sampai 2 tahun. Jika masih dipakai sampai batas waktu tersebut, maka akan menimbulkan tumbuhnya bakteri.

6. Eye Shadow / Blush On

Jangka waktu penggunaan eye shadow atau blush on sampai 2 tahun. Jika masih dipakai sampai lebih 2 tahun, maka teksturnya berubah menjadi serbuk kasar dan menjadi kering.

Itulah beberapa info singkat mengenai jangka waktu penggunaan make up. Semoga bermanfaat bagi anda pecinta make up.

#tipsmakeup #expireddate