Sebagai pengguna make up, membersihkan wajah udah jadi satu “kewajiban” banget buat kita para cewek yah, tapi kalo lagi nggak pake make up seharian pun, aku tetep bersihin wajah karna pasti ada aja kan debu yang nempel di wajah. Dari cleansing yang ada seperti milk cleanser, cleansing balm, cleansing oil, cleansing wipes, sampai micellar water yang ada, aku pakai cleansing oil dan micellar water untuk membersihkan wajah sebagai first cleansing aku dalam tahapan double cleansing.


*Micellar Water


        Micellar water yang aku gunakan ini dari Wardah, yaitu Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water ini bertekstur cair dengan kandungan ekstrak rumput laut dan mentimun untuk melembabkan kulit, selain itu ada kandungan minyak zaitun juga yang mampu membantu membersihkan kulit secara lembut. Cara menggunakan nya juga mudah, tinggal tuangkan micellar water pada kapas dan usapkan pada wajah dan leher.


ingredients : 
Aqua, PEG-6 Caprylic/Capric, Grycerides, Propanediol, Biosaccharide, Gum-2, Olive Oil PEG-7 Esters, Propylene Glycol, Panthenol, Cetrimonium Bromide, Disodium EDTA, Cucumis Sativus Fruit Extract, Ulva Lactuca Extract, Glycerin, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

           Untuk menghapus make up yang natural saja cukup ampuh dan bersih, tapi aku tetap kesulitan membersihkan bagian maskara yang waterproof, apalagi heavy make up, sehingga aku perlu cleanser lain untuk membersihkannya. Menurut klaim nya, micellar water wardah ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Untuk tipe kulit ku yang berminyak, produk ini bikin wajah tambah berminyak terutama di daerah T-Zone. Sebelumnya aku juga sudah pakai micellar water dari beberapa brand lainnya dan emang belum nemu yang bisa melembabkan kulit, malah bikin kulit kering kayak ketarik gitu. 


*Cleansing Oil
         Milk cleanser bikin lengket, micellar water belum nemu yang cocok sama kulit berminyak ku di tambah memang agak sulit membersihkan wajah pas heavy make up, akhirnya aku coba menggunakan cleansing oil dan yang aku rasakan cleansing oil cocok buat kulit berminyak ku terutama untuk menghapus sisa minyak di wajah.



      Cleansing oil yang aku gunakan sekarang yaitu Swissvita Extra Hydroactive Cleansing Oil, mengandung ekstrak olive oil untuk mengembalikan elastisitas kulit. Cleansing oil dari Swissita ini juga cepat “meluruhkan” make up sekalipun make up yang waterproof atau heavy make up. Awalnya aku underestimate sih, karna pas denger kata oil pasti identik dengan lengket dan berminyak, tapi cleansing oil Swissvita ini nggak bikin lengket kulit sama sekali justru melembutkan dan yang terpenting melembabkan kulit berminyak ku, jadi cocok juga untuk kalian yang kulitnya kering.



        Cara menggunakan nya juga mudah cukup tuangkan 2-3 pump Swissvita Hydroactive Cleansing Oil nya ke telapak tangan lalu oleskan ke wajah dan tinggal di pijat-pijat sampe berubah warna menjadi putih, effortless banget nggak perlu di gosok (sampe bikin muka biasanya iritasi), nggak perlu menggunakan kapas langsung bilas aja dengan air dan lanjut ke second cleansing dengan facial wash/facial foam.



ingredients:
Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Sorbeth-30 Tetraisostearate, Olive Oil PEG-7 Esters, Moringa Oleifera Seed Oil, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Crambe Abyssinica Seed Oil, Orbignya Oleifera Seed Oil, PEG/PPG/Polybutylene Glycol-8/5/3 Glycerin, Farnesol, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Glycerin, Moringa Pterygosperma Seed Extract

       
  Jfi, Swissvita ini merupakan produk skincare asal Taiwan yang menggunakan bahan alami yang sudah di riset dan teruji laboratorium di Swiss. Nah, buat kita yang di Indonesia kalo mau coba produk-produk Swissvita terutama cleansing oil nya bisa order di www.allyoung.co.id


Well, jadi lebih efektif mana pake micellar water atau cleansing oil? Untuk aku pribadi, kalo hanya menggunakan make up natural yang cuma bedak tipis atau lagi dalam sikon tertentu seperti di perjalanan atau travelling (travelling juga pasti pake make up yang natural kan) bolehlah pake micellar water karna setelah menggunakan micellar water pun aku tetap melakukan second cleansing menggunakan facial wash/facial foam, tapi aku prefer pake cleansing oil karna bikin kulit lembut dan melembabkan wajah terus juga effortless, nggak perlu di gosok dan hemat kapas. Kalo kalian tim micellar water atau cleansing oil nih?