Sabtu, 9 Februari 2019          

Hai guys..
Welcome to Putri’s Diary,
Pertama-tama aku mau ngucapin terimakasih banyak buat semua orang yang udah mau sempetin baca blog pertama aku ini. Well, karena ini adalah debutku sebagai travel blogger, aku mau nge bahas tentang wisata yang ada disekitar tempat tinggal aku dulu. Yap! Aku akan membahas tentang jalanan cangar dan sekitarnya. Oke, check this out!!
 
Dear Diary,
Dua minggu yang lalu tepatnya tanggal 26 Januari 2019, aku bersama dengan genk(?) ku berencana untuk piknik tipis tipis gitu ke Jatimpark 3 di Kota Batu Malang, kalian pasti tau dong Jatimpark 3 yang terkenal akan spot foto instagrammable yang lagi digandrungin sama kaum milenial ini hehe. Nah, berhubung kita tinggalnya di Sidoarjo, kita memilih untuk berangkat lewat jalanan Cangar, buat masyarakat Jawa Timur khususnya sekitaran Kota Malang atau Surabaya-Sidoarjo pastinya udah nggak asing dengan jalan yang satu ini. Fyi aja buat yang belum tau, jalanan Cangar ini adalah jalanan alternatif gitu, jalur ini menghubungkan kota Mojokerto dan kota Batu Malang. Jalur ini sering dipilih sebagian wisatawan dari arah surabaya dan sekitarnya untuk menuju kota Batu karena waktu tempuh yang relatif singkat daripada jalur lainnya. Selain itu, keindahan jalanan Cangar juga tidak dapat diragukan lagi, wisatawan akan disuguhkan keasrian hutan gunung welirang yang jarang ditemukan di kota-kota besar. Namun, medan yang sulit dan curam menyebabkan banyak insiden kecelakaan tragis yang terjadi disepanjang jalanan ini. Jadi, buat kalian yang ingin melewati jalanan ini dibutuhkan skill berkendara yang cukup handal dan jangan lupa berdoa ya.

Cangar sendiri memiliki beberapa wisata alam yang sayang untuk dilewatkan keindahannya, salah satunya adalah bukit bunga Cangar yang sedang hits di Instagram akhir-akhir ini. Aku bersama dengan jajaran genk-ku tidak ingin hanya melewati Cangar begitu saja, kami memutuskan untuk mencari dimana letak Bukit Bunga Cangar ini. Kami melakukan perjalanan dengan mengendarai motor dan kami mulai berangkat pukul 07.00 wib di pagi hari dari Sidoarjo. Berhubung masih pagi, kondisi jalan pun lumayan lancar. Jadi minim macet gitu deh hehe. Berikutnya, aku akan membahas letak Bukit Bunga Cangar.
 
Letak Bukit Bunga Cangar
Rute yang aku bahas ini dimulai dari via Pacet, Mojokerto jadi untuk kalian yang memulai perjalanan dari arah Batu bisa menggunakan petunjuk arah ini dengan kebalikannya ya. Dari arah Pacet, kalian bisa langsung terus masuk ke Hutan Cangar dan melewati rute yang sudah disediakan hingga keluar dari hutan tersebut. Letak Bukit Bunga Cangar ini adalah sesudah hutan Cangar. Keluar dari hutan Cangar, kalian akan menemukan rest area untuk kendaraan yang melintasi jalanan Cangar, di rest area tersebut juga terdapat pemandian air panas Cangar. Sampai disitu, tetap ikuti rute arah masuk Kota Batu. Nah, di sepanjang rute ini kalian akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang tak kalah menakjubkan. Hingga terdapat warung- warung penduduk di sisi kiri jalan dan bukit dengan pagar kayu kecil disisi kanan jalan. Kalian bisa parkir kendaraan kalian didepan warung-warung tersebut tapi jangan sampai menghalangi jalan ya. Setelah itu, kalian bisa langsung masuk ke pagar kayu disisi kanan jalan tempat kalian parkir kendaraan, jalanya berbentuk bidang miring dan kalian harus berjalan mendaki keatas bukit tersebut karena letak ladang bunganya ada dipuncak bukit tepatnya sebelah kanan dari arah kalian berjalan. Finally, sampai deh di Bukit Bunga Cangar~
 


Enjoy the view!
            Bukit Bunga Cangar ini memiliki latar belakang gunung Welirang dan hutan Cangar disertai pemandangan elok yang tersebar dibagian bawah bukit, kebayang kan gimana indahnya? Bunga-bunga yang ada disini adalah bunga khas kota Batu yang sering kalian jumpai jika berlibur di beberapa destinasi kota wisata ini, contohnya saja Selecta dan Coban Talun. Pemandangan diatas bukit ini memiliki daya tarik tersendiri entah disaat kabut maupun disaat langit cerah. Pokoknya, bukit bunga Cangar ini recomended banget deh buat kalian yang suka feeds instagram berbau alam. Rating yang aku berikan untuk pemandangan disini adalah 8.5/10 dan untuk penemuan lokasinya adalah 7/10 karena tidak ada lokasi spesifik yang bisa menuntun kalian untuk sampai ke bukit bunga ini. Jadi, jiwa petualang kalian harus benar-benar digunakan nih disini hehe.








 
Tips untuk berfoto di Bukit Bunga Cangar
            Karena bukit bunga ini adalah milik warga sekitar dan bukan wisata umum, maka sebaiknya kalian tiba disana sebelum jam 11.00 siang, karena diatas jam itu, para petani akan berdatangan untuk merawat ladang mereka. Pernah suatu sore aku melewati bukit bunga itu dan terlihat banyak kaum pemburu spot foto sedang berada disana. Tak hanya mereka, para petani pun masih terlihat menggarap ladang. Perlu diingat bahwa tidak ada tarif masuk untuk berfoto disini jadi sebaiknya kita juga tidak mengganggu pekerjaan warga sekitar yang sudah memperbolehkan kita untuk berfoto di ladang milik mereka. Lagi pula sangat tidak aesthetic dong foto kita nantinya kalau di sepanjang pemandangan terdapat para petani yang sedang menggarap ladangnya. So, be wise girls^^
 
            Nah, sekian dulu Putri’s Diary untuk hari ini ya.. jika ada kesalahan dalam mendeskripsikan suatu informasi atau saran tempat apa yang sebaiknya Putri review selanjutnya, silahkan komentar dibawah. See ya^^