Hai hai...
Kali ini aku mau share beberapa rekomendasi face cleanser. Oh iya, bicara tentang face cleanser, tentunya sudah nggak asing lagi ya sama double cleansing. Mungkin beberapa dari kita banyak yang masih cuek dengan double cleansing ini. Padahal ini penting banget, terlebih bagi kalian yang suka pakai makeup setiap harinya. Eh, tapi bukan berarti tidak penting loh untuk yang nggak sering pakai makeup. Karena sekalipun kita tidak pakai makeup setiap hari, tidak keluar rumah, atau apapun, pastinya wajah kita akan tetap terkena debu. Nah disitulah double cleansing berguna untuk membersihkan wajah kita yang meski tanpa makeup sekalipun.

                                           
Apa aja sih yang perlu kita lakukan untuk double cleansing ini?

Pertama, bersihkan wajah kita dari sisa makeup yang seharian kita pakai, ataupun debu-debu yang menempel diwajah. Ada beragam produk pembersih wajah yang bisa kita pakai, mulai dari cleansing oil, cleansing milk, cleansing cream hingga toner. Pemakaiannya juga tidak boleh asal. Kita harus mengikuti petunjuk pemakaian dari masing-masing produk, agar sisa makeup dan debu kita bisa terangkat dengan baik.
                                      
Nah, meskipun wajah kita sudah bebas dari makeup dan debu berkat cleansing oi;, cleansing milk, cleansing cream, kita tetap harus membersihkan wajah kita sekali lagi dengan facial wash. Kenapa? Karena face wash akan membersihkan wajah kita secara tuntas dari sisa-sisa makeup, debu ataupun kotoran. Juga facial wash ini bisa membersihkan pori-pori wajah kita yang tertutup oleh kotoran.

Jadi itulah yang disebut double cleansing.

Sekarang yang jadi permasalahannya, sudahkah kita memilih face cleanser yang cocok untuk kulit kita? Baik itu untuk first cleanser maupun second cleanser? Rasanya hal ini menjadi masalah yang memusingkan bagi sebagian orang, seperti diriku hehe.. karena banyaknya produk cleanser yang bermunculan yang akhirnya membuat galau harus pilih yang mana.

Akupun sering bergonta-ganti cleanser. Dulu banget kulit ku berminyak, sampai akhirnya aku pakai suatu produk dan itu berhasil mengatasi minyak diwajahku. Dan karena aku tidak sadar diri, aku terus pakai produk itu, sampai kulitku jadi kering. Terus aku pakai produk buat kulit kering. Disinilah aku tersadarkan bahwa kulitku ini nggak kering tapi lebih ke kombinasi normal-kering. Karena kekeringan hanya terjadi disebagian wajah aja. Kekeringan sering terjadi di bagian pojokan hidungku, area pinggiran mulut, terkadang juga pipi. Tapi yang paling sering mengelupas itu dipojokan hidung dan area pinggiran mulut. Dan itu tuh, sakit banget cuuuyyy..

Yuk sekarang langsung aja aku kasih beberapa rekomendasi cleanser yang cocok untuk kulit dan sensitif. Loh kenapa nih kok jadi rekomendasinya untuk kulit kering dan sensitif? Karena ketika kulit kita kering, terlebih sampai ada pengelupasan, kulit area itu juga akan jadi sensitif. Terlebih kalau kena skincare ataupun makeup. Bisa kerasa gatel, perih, bahkan sampai terlihat kemerahan.
 
1. Corine De Farme Micellar Cleansing Lotion
                                   
Corine De Farme Micellar Cleansing Lotion ini ampuh untuk mengangkat sisa makeup, debu, dan kotoran di wajah secara maksimal. Dilengkapi dengan Vegetal Glycerin yang mampu menjaga kelembaban kulit. Jadi gak perlu takut, setelah membersihkan wajah dengan ini kulit kita jadi kering. Terus Micellar Cleansing Lotion ini juga mengandung ekstrak bunga Peony yang sudah dikenal karena sifatnya yang dapat mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih segar dan juga memberikan perlindungan untuk kulit kering dan sensitif. Bisa dipakai setiap hari dan aman digunakan untuk membersihkan area mata. Memiliki kandungan bahan-bahan natural lainnya. Nah, karena itu produk ini cocok dipakai untuk semua jenis kulit, terlebih untuk kulit sensitif.
 
Kalian bisa langsung cari produk di watsons, guardian, century, boston, kimiafarma. 
Atau untuk pembelian secara online bisa di https://naturalfarm.id

2. Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser
                                      
Sensatia Botanicals merupakan produk lokal yang diformulasikan di Bali, yang menjunjung tinggi pemakaian bahan-bahan tradisional. Oleh sebab itu hampir keseluruhan produk Sensatia Botanicals ini memilik aroma seperti jamu tradisional. Original Soapless Facial Cleanser ini memiliki aroma jamu khas Sensatia. Cleanser ini tidak menghasilkan banyak busa. Bahan utama Original Soapless Facial Cleanser ini yaitu petitgrain yang berfungsi untuk membuat pori-pori tampak lebih mengecil. Lalu ada lavender yang dapat melawan kuman penyebab jerawat dan mecegah tanda-tanda penuaan dini. Kemudia ylang-ylang yang berfungsi untuk melebabkan serta menjaga keseimbangan minyak di wajah kita. Tidak mengandung alkohol, sulfat, dan paraben. Mengandung bahan-bahan alami lainnya. Tidak membuat kulit menjadi kering atau ketarik. Juga mampu memberantas kekusaman kulit.

Kalian bisa beli ini di https://sensatia.com/id/ 

3. Swissvita Micrite 3D All Use Cleanser Cream – 3 in 1 Acne Clearing Soluiton
                                 
Diformulasikan dengan kandungan AC-11 dan B12 yang dapat membantu mempercepat proses perbaikan kulit dan produksi kolagen. Cleanser cream ini juga cocok digunakan untuk kulit berjerawat. Tekstur krim berwarna putih susu dan lembut saat diaplikasikan diwajah. Tidak mengandung alkohol, paraben, dan pewangi. Tidak membuat kulit kering dan ketarik saat setelah mecuci wajah. Juga mempercepat penyembuhan jerawat. Jadi sangat aman digunakan untuk kulit kering dan sensitif.

Kalian bisa beli ini di https://www.allyoung.co.id/
 
4. Laneige Foam Cleanser Moisture EX
                                 
Jika kulit kering menjadi permasalahan utama kita, laneige foam cleanser moisture EX ini bisa menjadi solusinya. Meskipun cleanser ini berbentuk foam, akan tetapi produk ini tidak membuat kulit menjadi kering sama sekali. Memiliki busa yang tebal dan lembut, membersihkan kulit sambil mempertahankan kelembabannya. Sangat baik dalam membersihkan riasan dan kotoran pada wajah. Mampu membersihkan sampai pori-pori terdalam dan tidak membuat kulit menjadi kering. Juga memiliki aroma yang menenangkan.

Untuk pembelian bisa melalui https://shopee.co.id/laneigeofficialshop
 
5. Everwhite Brightening Soap
                                
Everwhite brightening soap atau yang lebih dikenal dengan sabun awan, memiliki bahan utama yaitu Dead Sea Mud, Charcoal, Collagen, dan Aloe vera, yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit, membersihkan kulit sampai lapisan terdalam, meremajakan kulit, membantu mengurangi jerawat, dan merawat kelembutan dan kehalusan kulit. Bisa dipakai untuk wajah dan badan. Tidak memiliki banyak busa, dan memilik aroma yang lembut dan menyegarkan.
 
Pembelian bisa dilakukan di https://everwhite.co.id/
 
Itu dulu rekomendasi face cleanser untuk kulit kering dan sensitif dari aku. Boleh banget dicoba, siapa tau jodoh hehe..