Sesuai tagline Kredivo “Beli Sekarang, Bayar Nanti”, saya sendiri udah jadi pengguna Kredivo dari jaman Kredivo masih cuma bisa untuk belanja cicilan di toko online kayak Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Kenapa pake Kredivo? Karena Kredivo ini cocok buat orang yang males berurusan sama birokrasi pendaftaran kartu kredit, tapi tetep mau bisa belanja barang mahal dengan cara nyicil. Contohnya saya. 


Dari yang limit awal Kredivo maksimal cuma sampe Rp 20 juta, dan sekarang limitnya udah naik jadi Rp 30 juta. Plus, baru-baru ini, Kredivo juga udah bisa dipake buat pinjaman uang tunai. Jadi, limit yang kita punya di akun Kredivo, bisa kita cairin secara resmi lewat fitur “Pinjaman Tunai” yang tersedia di aplikasi Kredivo.

Waktu dapat notifikasi otomatis dari Kredivo soal fitur terbarunya ini, saya nggak tertarik. Saya mikir, buat apa sih pinjam uang lewat aplikasi?

Tapi, yang namanya kondisi mendesak emang nggak ada yang tau kan. Kita semua pasti pernah ada di kondisi darurat yang gajian masih lama, tapi perlu uang lebih saat itu juga. Well, nggak semua sih, at least saya pernah ngalamin, kebetulan baru aja bulan lalu.

Karena lagi nggak punya cicilan apa-apa di Kredivo, saya cukup excited buat nyobain fitur pinjaman uang tunai dari Kredivo. Pertimbangan awalnya selain butuh, selama pake Kredivo buat nyicil ini itu juga nggak pernah ribet dan prosesnya selalu lancar.

Limit kredit yang saya punya di akun Kredivo juga lumayan. Tapi, karena butuhnya nggak banyak, cuma Rp 2 jutaan, saya pinjam secukupnya aja. Di aplikasi Kredivo, ada dua fitur pinjaman uang tunai yang tersedia: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bedanya, yang mini tempo pengembaliannya maksimal cuma 30 hari dengan jumlah pinjaman minimal Rp 500 ribu. Sementara yang jumbo, tempo angsurannya ada dua pilihan: 3 bulan atau 6 bulan, dengan jumlah minimal pinjaman Rp 1 juta. Suku bunga Kredivo untuk pinjaman uang tunai, sama dengan suku bunga yang dikenakan buat cicilan: 2,95% per bulan. 


Proses pengajuan pinjamannya ternyata beneran segampang itu. Cuma tinggal klik menu “Pinjaman Jumbo”, isi form yang ada di aplikasi: tujuan pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan jumlah pinjaman. Yang saya suka dari Kredivo, aplikasi ini “cerdas” karena selalu kasih simulasi cicilan di awal sebelum kita ngelanjutin proses kredit/pinjaman. Jadi semuanya serba transparan.

Selesai isi form daftar, selanjutnya kita perlu cantumin nomor rekening yang wajib atas nama pribadi/sesuai nama lengkap kita yang terdaftar di akun Kredivo. Setelah selesai, konfirmasi pengajuan dengan PIN dan OTP, terus tunggu proses approval pinjaman dari Kredivo. Dengan pinjaman Rp 2 juta dan pilihan tenor angsuran 3 bulan, nggak sampe setengah jam, pengajuan saya udah disetujui dan dana langsung masuk ke rekening.

Welcome to the digital world! Pinjam uang jutaan tapi prosesnya serasa lagi daftar akun Facebook. Nggak pake lama, nggak pake ribet, nggak pake jaminan, dan nggak pake survey.

Nggak cuma proses pinjaman tunainya aja yang cepet, proses daftar dan approval akun Kredivo juga nggak sampe 1 hari. Dan syarat pendaftarannya cuma:

1. Wajib berusia minimal 18 tahun,
2. Punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan,
3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Sekarang, Kredivo juga udah nambah cakupan wilayah operasionalnya. Jadi, buat yang tinggal di wilayah Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, semua bisa daftar akun Kredivo.

Nggak cuma cakupan wilayah yang diperluas, aplikasi Kredivo juga punya beberapa fitur baru: bisa pesan tiket pesawat semua rute (domestik & internasional), beli pulsa dan paket data semua operator, token listrik, dan bayar tagihan BPJS, PDAM, PLN & telepon pascabayar.

Yang paling menarik, minimal pembelanjaan untuk bisa cicilan s.d 12 bulan pake Kredivo juga jadi turun! Dari yang awalnya harus belanja minimal Rp 1,5 juta cuma untuk satu barang, sekarang jadi cuma Rp 1 juta aja. Dan jumlah Rp 1 juta ini berlaku untuk akumulasi beberapa barang sekaligus. Yang penting dalam satu keranjang belanja, jumlah totalnya minimal Rp 1 juta.

Kapan lagi bisa belanja cicilan dan apply pinjaman uang tunai tanpa perlu syarat kartu kredit atau jaminan? Bisa dibilang, Kredivo punya fungsi yang sama kayak kartu kredit perbankan, tapi dengan proses pendaftaran yang jauh lebih gampang, dan tanpa biaya kartu, biaya tahunan, atau biaya administrasi bulanan. Kita cuma bayar cicilan atau tagihan kalo pernah ngelakuin transaksi pakai Kredivo. Kalo nggak pernah ada transaksi, otomatis nggak ada tagihan yang harus dibayar. 

Ada yang sudah pernah coba Aplikasi Kredivo juga kah? Share ya di kolom komentar :)




CatatanRia.com