Kehamilan tentu menjadi hal yang dinanti bagi setiap wanita yang sudah menikah. Sayangnya, meski kita ingin memiliki buah hati dan sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Terkadang kita tidak tahu tanda kehamilan bila kita baru mengalaminya untuk pertama kali.

Kemampuan wanita untuk menangkap tanda-tanda kehamilan memang berbeda-beda. Akan tetapi, sebenarnya kehamilan dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan kehamilan sederhana menggunakan testpack.

Hanya saja, guna membantu anda mengenali tanda kehamilan lebih dini. Maka di bawah ini ada beberapa tanda yang bisa anda simak di minggu awal kehamilan. Seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

Terlambat Mensturasi

Siklus menstruasi bulanan dapat dijadikan indikasi kehamilan. Hal ini dikarenakan terjadinya menstruasi adalah tanda bahwa sel telur di dalam rahim tidak dibuahi sehingga keluar sebagai darah mens. Sebaliknya, ketika sel telur berhasil dibuahi maka haid akan berhenti untuk sembilan bulan ke depan.

Namun demikian, tidak semua keterlambatan menstruasi atau datang bulan adalah tanda pasti sebuah kehamilan. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami keterlambatan datang bulan. Diantaranya adalah stress, masalah hormon, berat badan dan lain sebagainya.

Selama menstruasi keluar dalam bulan bersangkutan atau lebih maka bisa di katakan anda tidaklah hamil. Namun penyebab keterlambatan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor tersebut. Maka dari itu, bila anda mengalami keterlambatan datang bulan maka tunggulah dulu minimal 7 sampai dengan 10 hari baru kemudian lakukan pengecekan kehamilan.

Perubahan Pada Bagian Payudara

Tanda awal kehamilan terutama di minggu pertama memang pada umumnya tidak terlalu jelas sehingga banyak orang kurang mampu mendeteksi tanda ini sejak dini.

Akan tetapi, biasanya wanita hamil akan mengalami beberapa perubahan baik secara mental maupun fisiknya. Salah satu perubahan yang mungkin dirasakan dengan kentara adalah perubahan pada bagian payudara.

Bagian payudara akan cenderung terasa lebih sensitif baik ketika di pegang maupun ketika tidak sengaja mendapatkan tekanan. Bagian areola pun akan cenderung berwarna lebih gelap dari biasanya. Bukan hanya itu, ukuran payudara wanita hamil akan lebih mengembang dan membesar.

Kondisi ini terjadi sebab payudara anda sedang dipersiapkan untuk menampung ASI bakar makanan si kecil di dalam kandungan. Jadi demikian, bila keterlambatan datang bulan disertai dengan kondisi ini maka bisa jadi anda tengah mengandung.

Sering Buang Air Kecil

Tanda kehamilan selanjutnya yang mungkin dialami adalah seringnya buang air kecil. Ukuran rahim yang mengembang akan sedikit memberikan tekanan pada bagian kandung kemih. Hal inilah yang membuat hasrat ingin buang air kecil menjadi lebih meningkat.

Mual dan Muntah

Perubahan hormon yang bergejolak pada ibu hamil membuat tubuh mengalami banyak perubahan. Salah satu tanda kehamilan minggu pertama yang mungkin anda rasakan adalah timbulnya mual dan muntah.

Mudah Terasa Lelah

Pada tahapan awal kehamilan ada banyak keluhan yang mungkin anda rasakan. Salah satunya adalah energy mudah terkuras bahkan ketika anda tidak melakukan banyak aktivitas yang terlalu berarti. Kondisi ini adalah hal yang wajar yang perlu anda lakukan adalah dapatkan waktu beristirahat yang lebih banyak untuk mengembalikan energy yang hilang.

Pada masa ini anda pun akan cenderung sering merasa sedih dan marah. Namun demikian, tidak perlu khawatir tanda kehamilan awal memang demikian yang perlu anda prioritaskan adalah kesehatan janin dan tubuh anda sendiri.