Kekhawatiran menghadapi persalinan adalah hal yang wajar dirasakan para ibu hamil, terutama bagi mereka yang baru saja mengalaminya untuk pertama kali. Bahkan mungkin beberapa ibu yang sudah berpengalaman melahirkan sekalipun mengalami ketakutan yang sama.

Persalinan secara normal adalah hal yang amat di damba oleh setiap ibu. Meski saat ini ada banyak teknologi dan metode persalinan yang lebih mudah dan mengurangi rasa sakit. Namun tetap saja, sebagian besar ibu hamil menginginkan bila mereka dapat melahirkan normal.

Alasannya utamanya adalah persalinan normal lebih tidak akan membawa bahaya atau resiko besar pada bayi yang mereka kandung. Sayangnya, meski sudah berusaha keras merencanakan persalinan sesuai dengan yang diinginkan. Namun pada akhirnya beberapa kondisi menuntut kita mengambil metode persalinan lain seperti halnya C-section.

Akan tetapi, sebenarnya metode persalinan normal dapat diusahakan dengan melakukan beberapa tips di bawah ini yang tentunya dapat mulai di lakukan jauh-jauh hari sebelum waktu persalinan tiba. Seperti apa saja tipsnya? Mari simak di bawah ini.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Hal penting pertama yang perlu dipersiapkan dalam mendukung melahirkan normal adalah dengan senantiasa menjaga kebugaran tubuh anda dengan baik. Ibu hamil dengan kondisi tubuh yang fit memiliki kesempatan untuk menjalani proses persalinan yang cepat.

Maka dari itu, upayakan untuk senantiasa berolahraga yang cukup selama hamil guna menjaga tubuh tetap bugar dan menjaga daya tahan tubuh tetap stabil terutama ketika anda hendak menghadapi kontraksi. Dengan tubuh yang bugar maka kontraksi yang dihadapi akan lebih mampu diatasi tanpa bantuan epidural dan bantuan obat medis lainnya.

Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Kelas ibu hamil adalah program yang penting bagi anda yang mendamba melahirkan normal. Melatih diri sendiri untuk menghadapi setiap momen kontraksi akan membantu anda menghilangkan kepanikan dan ketakutan sehingga persalinan akan terasa jauh lebih mudah.

Carilah kelas ibu hamil yang tidak terlalu ramai dan dapatkan instruktur yang memang sudah bersetifikat. Bila perlu sertakan pula suami anda agar bisa bekerja sama menghadapi persalinan nanti.

Dapatkan Bantuan Profesional

Sebuah analisa yang diterbitkan oleh Jurnal Ginekologi di Amerika mengungkapkan bahwa ibu melahirkan yang ditemani oleh seorang doula atau profesional yang dilatih guna membantu melahirkan serta pasangan. Berkemungkinan 50 persen lebih rendah untuk menjalani operasi caesar.,

Selain itu, mereka yang mendapatkan bantuan profesional sewaktu melahirkan menjalani proses persalinan 2 persen lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak. Bukan hanya , itu, bahkan mereka pun memiliki 30 persen lebih rendah terhadap tingkat kebutuhannya menggunakan suntikan dan obat saat melahirkan. Hal ini tentu menjadi alternatif yang baik.

Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan adalah dapatkan doula yang memang sudah tersertfikasi. Bila perlu diskusikan pula bersama dengan pasangan karena perlu anda ikatan kenyamanan antara anda dan doula tersebut.

Pelajari Teknik Pijatan

Dalam sebuah studi medis ditemukan bahwa seorang wanita yang sedang melahirkan mendapatkan pijatan terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan menurunkan tingkat kegelisahan.

Tehnik pijatan semacam ini sebenarnya bisa dipelajari oleh pasangan agar demikian bisa membantu anda meredakan perasaan tegang dan panik pada saat persalinan. Maka dari itu, jauh-jauh hari sebelum waktu persalinan tiba suami dapat dilibatkan untuk mempelajari teknik semacam ini.

Nah, itulah dia beberapa tips agar melahirkan secara normal. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu anda mewujudkan impian melahirkan normal seperti yang telah di dambakan selama ini.