Kehadiran buah hati di tengah keluarga tentu menjadi dambaan untuk setiap pasangan yang sudah menikah. Apalagi bila penantian mendapatkan kabar gembira ini telah melalui penantian yang begitu panjang. Maka tentu saja, ketika anda pertama kali mengetahui bahwa anda hamil hal ini akan tentu menjadi berita yang paling membahagiakan.

Untuk itu, kami ucapkan selamat yang bunda atas kehamilannya. Nah, setelah mendapatkan berita gembira ini, ibu hamil perlu mengetahui usia kehamilan mereka dengan baik. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan kebutuhan gizi dan nutrisi seusai dengan usia bayi yang anda kandung.

Selain asupan makanan ke dalam tubuh, mengetahui usia kehamilan pun akan membantu anda dalam menentukan jenis aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama mengandung. Hal ini dikarenakan beberapa aktivitas akan mungkin beresiko berbahaya apabila anda tetap melakukannya.

Lantas seperti apa saja sih metode menghitung usia kehamilan yang benar? Di bawah ini kami berikan beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghitung usia kehamilan anda dengan baik.

Gunakan Kalkulator Kehamilan Online

Di zaman yang serba digital saat ini, internet memberikan banyak kemudahan dalam melakukan banyak kegiatan harian. Termasuk mendapatkan banyak informasi penting yang dibutuhkan. Menghitung usia kehamilan adalah salah satu hal yang dapat anda hitung menggunakan bantuan internet.

Saat ini ada banyak aplikasikan cara menghitung usia kehamilan online yang tersedia di internet. Kemudahan semacam ini akan dapat anda nikmati sehingga anda tak perlu mengunjungi dokter setiap kali anda ingin tahu usia kehamilan anda.

Cara kerjanya pun cukup mudah, yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi atau menggunakan salah satu aplikasi dari penyedia yang terpercaya. Kemudian masukkan ke dalamnya tanggal, bulan atau hari pertama haid terakhir (HPHT) anda bersama dengan siklus haid anda. Dari aplikasi tersebut nanti akan bekerja sendiri menentukan dan memberi tahu usia kehamilan anda saat ini. Cukup mudah bukan?

Perhitungan Kalender dengan Menggunakan Rumus Naegele

Metode perhitungan usia kehamilan selanjutnya yang akan dapat anda manfaatkan adalah dengan menggunakan perhitungan kalender menggunakan rumus Naegele. Pada perhitungan ini sebelumnya anda harus tahu terlebih dahulu siklus haid anda.

Setidaknya selama 8 bulan terakhir, hal ini dikarenakan perhitungan semacam ini biasanya digunakan untuk mereka yang memiliki siklus haid yang teratur seperti 28 hari sampai dengan 30 hari.

Setelah diketahui siklus haid rata-rata anda maka hal selanjutnya anda perlu mengetahui kapan hari pertama haid terakhir anda (HPHT). Adapun cara perhitungannya adalah sebagai berikut:

Tanggal HPHT ditambah dengan 7 (+7)
Bulan HPHT dikurang 3 (-3)
Tahun HPHT (+1)

Contohnya seperti ini:
HPHT 11 Agustus 2018
Tanggal HPHT 11+7 = 18
Bulan HPHT 8-3 = 5
Tahun HPHT 2018+1 = 2019

Dari rumus perhitungan di atas maka dapat di perkiraan usia kelahiran anda adalah 18 Mei 2019
Hanya saja, untuk bulan yang tak bisa dikurangi 3 seperti halnya bulan January. Maka rumus bulannya tinggal ditambah 9 (+9). Rumus perhitungan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3 maka dihitung sebagai berikut:

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT ditambah 9 (+9)
Tahun HPHT ditambah 1 (+1)

Contohnya seperti ini:
HPHT 13 Januari 2018
Tanggal HPHT 13+7 = 20
Bulan HPHT 1+9 = 10
Tahun HPHT 2018+1 = 2019

Dari rumus diatas maka perkiraan usia kelahiran anda adalah 20 Oktober 2019.