Kehamilan adalah sebuah momen yang paling dinanti para perempuan yang sudah menikah. Lengkapnya kebahagiaan yang dirasakan bersama dengan pasangan ketika si buah hati hadir adalah alasan mengapa banyak pasangan mendamba sebuah kehamilan.

Saking besarnya harapan ini, seringkali setiap bulan para wanita menerka-nerka sednrii dengan beberapa tanda yang katanya merupakan tanda kehamilan. Hanya saja karena masih awam, sebagian diantaranya banyak yang masih ragu dengan kondisi yang satu ini.

Nah, untuk membantu anda mengenai tanda kehamilan yang pasti maka di bawah ini adalah beberapa poin yang bisa menjadi rujukan kehamilan. Bila menemukan tanda ini sebaiknya segeralah periksakan ke dokter atau yang paling sederhana lakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan testpack kehamilan.

Terlambat Menstruasi

Paling mudah mendeteksi kehamilan pada saat anda mengalami terlambat datang bulan. Akan tetapi demikian, tidak semua kondisi telat datang bulan di artikan sebagai positif hamil. Bila anda merasa terlambat datang bulan dalam waktu yang cukup lama seperti halnya hitungan minggu. Maka ini bisa jadi tanda kehamilan mulai anda rasakan.

Segera lakukan pengecekan kehamilan sederhana dengan menggunakan testpack. Minimal bila anda sudah terlambat menstruasi selama 1 minggu atau 10 hari. Terutama ketika di waktu sebelumnya anda merasa melakukan hubungan intim bersama dengan pasangan maka ini menandakan pembuahan di dalam rahim anda berhasil terjadi.

Disertai Mual Muntah

Pada dasarnya tanda kehamilan tidak bisa ditegakkan hanya dari melihat satu tanda saja. Ada beberapa tanda lain yang mendukung diagnosa kehamilan dengan lebih pasti. Salah satunya adalah ketika terlambat datang bulan yang anda alami mulai disertai dengan perasaan mual muntah.

Seperti yang kita ketahui seorang wanita hamil akan cenderung erat dengan kondisi morning sickess atau mual muntah ini. Biasanya mual muntah terjadi pada awal trimester kehamilan dimana hal ini terjadi sebab perubahan hormon mempersiapkan kehamilan yang ada dalam rahim anda.

Nah, bila anda merasakan kondisi ini dan siklus bulanan anda tak kunjung datang maka kemungkinan besar anda sedang berbadan dua. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan dan bila hasilnya positif lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter guna mendapatkan bantuan medis seperti tambahan obat-obatan dan vitamin untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si janin di dalam rahim.

Ukuran Payudara yang Lebih Besar

Tanda kehamilan selanjutnya yang mungkin di rasakan pada seorang wanita adalah pembengkakan pada bagian payudara. Pada wanita yang dinyatakan positif hamil, tanda payudara yang membesar daripada ukuran biasanya adalah hal yang wajar. Selain ukurannya yang bertambah lebih besar kondisi ini pun disertai dengan bagian areola yang menghitam.

Hal ini adalah hal yang wajar sebab tubuh anda sedang mempersiapkan payudara sebagai tempat penampungan ASI untuk diberikan pada si buah hati nantinya.

Nah, pentingnya mendapatkan bantuan dari tenaga medis adalah penjelasan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh anda lakukan selama hamil ini. Karena beberapa hal akan mungkin berdampak bahaya apabila anda masih melakukannya ketika hamil.

Salah satunya adalah merokok yang akan menghambat perkembangan janin. Konsumsi alkohol dan gaya hidup lainnya yang cenderung tidak sehat.

Mudah Lelah

Pada seorang wanita yang sedang berbadan dua bisanya mereka cenderung mudah merasakan lelah. Meski tidak banyak melakukan aktivitas yang berarti akan tetapi perasaan tubuh yang lelah adalah hal yang mungkin dirasakan. Sehingga tak heran pada saat hamil seorang wanita cenderung ingin tiduran saja.