Setiap wanita yang pernah merasakan pengalaman melahirkan akan semua sepakat bahwa proses melahirkan adalah hal yang menyakitkan. Hal inilah yang seringkali menjadi ketakutan sebagian besar wanita yang untuk pertama kalinya akan di hadapkan pada proses melahirkan yang begitu panjang.

Sebagian orang yang tak kuat menanggung perasaan sakit lewat melahirkan normal pada akhirnya lebih memilih persalinan caesar. Namun demikian, tak sedikit para wanita yang tetap ingin merasakan kelahiran dengan normal. Tak peduli seberapa sakit yang dirasakan, namun semuanya yakin akan terbayar dengan kebahagiaan menimang si buah hati untuk pertama kalinya.

Namun sebenarnya, ada beberapa tips meringankan rasa sakit saat melahirkan yang dapat anda lakukan lewat beberapa tips di bawah ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

Ringankan Rasa Sakit Saat Melahirkan dengan Tips Berikut

Rasa sakit yang dialami saat melahirkan normal pada dasarnya timbul dari adanya kontraksi bagian otot pada bagian rahim. Kondisi ini terjadi sebagai upaya tubuh guna mendorong bayi keluar. Selain itu, rasa sakit yang muncul pun bisa terjadi dari pembukaan leher rahim sebagai jalan keluar bayi.

Namun pada intinya, perasaan sakit yang timbul selama proses melahirkan akan dapat ditangani dengan melakukan beberapa latihan sebelum tanggal kelahiran tiba. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips meringankan perasaan menyakitkan sewaktu melahirkan.

Teknik Lamaze

Teknik Lamaze adalah sebuah latihan yang populer di Amerika Serikat dimana Teknik ini berfokus pada relaksasi guna meringankan rasa sakit yang muncul selama persalinan. Lewat Teknik ini, ibu hamil akan di ajarkan bahwa kelahiran adalah sebuah proses alami yang normal dan sehat. Anda dapat mulai mengikuti Teknik yang satu ini di kelas ibu hamil.

Relaksasi bersama dengan latihan fisik akan dapat dipelajari dengan baik. Selain itu, Teknik pernapasan pun di bahas dalam latihan ini. Cara-cara ini akan membantu anda dalam mengubah ketakutan dan rasa sakit selama proses melahirkan menjadi kekuatan.

Teknik Bradley

Teknik mengurangi rasa sakit selama proses melahirkan selanjutnya adalah Teknik Bradley. Pada Teknik ini suami anda akan dilibatkan sebagai partner yang akan pula membantu anda saat persalinan nanti.

Suami diperankan sebagai 'pembantu' anda dalam mengingat bila Teknik yang anda pelajari terlupakan karena kontraksi yang mengalihkan semua perhatian anda pada rasa sakit yang dirasakan.

Selain itu, suami pun akan sekaligus mengawasi pila makan sehat dan olahraga yang penting dilakukan untuk memmpersiapkan persalinan dengan rasa sakit yang tidak terlalu dahsyat. Maka dari itu, ketika anda hendak mengikuti kelas hamil ini maka berdiskusilah bersama dengan suami anda terlebih dahulu.

Teknik Hypnobirth

Apabila anda ketakutan dengan persalinan normal, mengambil kelas hypnobirth akan mungkin menguntungkan untuk anda. Teknik ini ditujukan untuk menghilangkan perasaan takut, cemas dan tegang menjelang proses persalinan. Selain itu, latihan yang satu ini pun membantu menciptakan lingkungan yang nyaman selama proses persalinan dengan di bantu oleh pasangan.

Pada Teknik ini, beberapa latihan seperti relaksasi, pernapasan, panduan perumpamaan dan visualisasi akan dipelajari dengan baik. Sehingga ibu hamil akan merasa lebih siap menghadapi proses persalinannya.

Nah, itulah dia beberapa tips meringankan rasa sakit saat proses persalinan. Pada dasarnya latihan diatas akan dapat mulai anda lakukan jauh-jauh hari sebelum waktu persalinan tiba. Lewat persiapan di atas di harapkan perasaan sakit yang dialami sewaktu kontraksi akan sedikit berkurang.