Mempersiapkan nama untuk is buah hati memang tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Membahas dan membicarakan masalah ini bersama dengan pasangan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan nama akan di gunakan oleh anak seumur hidupnya. Lewat nama pula identitas si buah hati akan dapat dibedakan dari orang lain.

Bukan hanya itu, ada sebuah pepatah mengatakan bahwa nama adalah doa. Maka dari itu, pemberian nama bayi laki-laki atau bayi perempuan sebaiknya dipilih dari rangkaian kata yang punya makna mendalam.

Guna membantu calon orangtua dalam memilih nama bayi sebaiknya hindari kesalahan dalam memberi nama bayi di bawah ini yang penting untuk disimak dengan baik.

Nama yang Tak Sesuai dengan Jenis Kelamin Bayi

Kesalahan pertama yang perlu untuk diperhatikan dengan baik dalam memberikan sebuah nama pada si kecil baik itu bayi laki-laki ataupun nama anak perempuan. Akan lebih baik memperhatikan perbedaan gender.

Apalagi di Indonesia ini perbedaan gender masih menjadi hal yang begitu di perbincangkan. Jangan sampai anda memberikan nama bayi perempuan untuk bayi berjenis kelamin laki-laki. Contohnya memberikan nama Fitri untuk bayi laki-laki, Diah, Dessy, Shinta dan lain sebagainya.

Hal semacam ini bisa mungkin membuat si kecil kelak menjadi bahan bullyan. Belum lagi, orang lain yang mendapati nama semacam ini akan mungkin heran dan sebagian menertawakan. Maka dari itu, berikanlah nama bayi anda sesuai dengan gendernya.

Hindari Memberikan Nama Terlalu Panjang

Bukan hanya memberikan nama sesuai dengan gendernya. Hal lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan dengan baik dalam memberikan nama pada si buah hati adalah panjangnya nama mereka. Nama dengan suku kata yang terlalu panjang akan membuat orang lain dan anak anda sendiri kesulitan menghafalnya.

Selain masalah tersebut, nama yang terlalu panjang pun akan cenderung membuat masalah di masa depan mudah terjadi. Salah satunya adalah permasalahan dalam mencatat akta si kecil. Nama yang mudah dan sederhana saja, seringkali dijumpai kesalahan pencatatan. Apalagi nama yang sengaja di buat panjang dan sulit.

Penting di ketahui jika kesalahan pencatatan dokumen nama seseorang di pemerintahan seringkali menjadi permasalahan yang rumit untuk di perbaiki. Maka dari itu, menghindari masalah semacam ini sebaiknya jangan berikan nama yang terlalu panjang untuk buah hati anda.

Nama yang Sulit Diucapkan

Belakangan ini sedang marak pemberian nama yang terinspirasi dari hal-hal yang ke barat-baratan. Termasuk pemberian nama bayi perempuan dan bayi laki-laki yang cenderung asing dan bahkan sulit untuk di ucapkan.

Sah-sah saja bila ayah dan bunda terinspirasi memberikan nama pada buah hati anda dengan nama-nama yang terinspirasi dari film seperti Baratheaon, Tyrell dan lain sebagainya. Akan tetapi, baiknya tidak memaksakan kehendak. Beberapa nama tersebut cenderung sulit di ucapkan oleh pelafalan lidah orang Indonesia.

Jangan sampai nama yang telah anda persiapkan dengan begitu matang bahkan telah melewati pemikiran yang keras. Pada akhirnya gagal disebutkan dengan sempurna karena tidak semua orang dapat melafalkan nama yang anda berikan pada buah hati anda.

Hindari Pemberian Nama yang Asal

Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa pemberian nama pada si buah hati sejatinya adalah rangkaian doa yang diharapkan memberikan manfaat dalam kehidupannya. Itulah mengapa, dalam memilih nama sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan apalagi asal.

Jangan pula memberikan nama yang tidak ada artinya atau anda sengaja membuat-buat nama sesuka hati anda. Akan bagus bila nama tersebut adalah nama yang normal seperti singkatan nama anda dan pasangan dengan hasil nama yang masuk akal.

Namun bila rupanya nama yang diberikan terkesan di paksakan maka hal ini akan nampak kurang enak terdengar.