Melahirkan secara normal adalah dambaan untuk setiap calon ibu. Sayangnya, meski sudah berupaya dengan keras dan merencanakan segala hal agar bisa melahirkan sesuai dengan metode yang di dambakan. Akan tetapi, pada akhirnya Tuhan yang menentukan dan setiap tindakan dilakukan pada dasarnya untuk menyelamatkan bayi dan ibu yang melahirkan.

Namun ternyata, melahirkan secara normal mulai dapat di upayakan semenjak bayi dalam kandungan. Seperti apa saja tips melahirkan normal dengan lancar? Mari kita simak informasinya di bawah ini.

Perbanyak Bergerak

Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk mengupayakan persalinan dengan normal adalah dengan memperbanyak gerakan menjelang persalinan. Perbanyaklah bergoyang, jongkok atau bahkan duduk. Pergerakan semacam ini akan dapat membantu janin lebih mudah bergerak menuju jalan lahir.

Bukan hanya itu, manfaat dari banyak bergerak pun akan dapat meredakan ketegangan yang dialami selain itu cara ini akan sekaligus dapat menjadi pengalihan perhatian bagi para calon ibu agar mereka tidak terus menerus berfokus pada rasa sakitnya. Gerakan sederhana semacam ini akan dapat membuat ibu meningkatkan peluang ibu untuk melahirkan dengan cara yang normal.

Ikuti Couple Class

Melibatkan suami dalam merencanakan proses persalinan seperti yang telah di damba adalah hal penting yang dapat anda lakukan. Dalam hal ini, pahami terlebih dahulu apakah kondisi anda memungkinkan untuk melakukan persalinan dengan cara yang normal atau tidak.

Bila memang dokter menyatakan anda baik-baik saja dengan melahirkan normal maka lakukan setiap hal yang akan mendukung terjadinya persalinan dengan lebih lancar.

Biasanya ada beberapa persiapan persalinan yang dapat anda ikuti seperti beberapa kelas yakni senam hamil, prenatal yoga sampai dengan hypnobirthing. Persiapan semacam ini akan baik untuk persiapan mental maupun fisik ibu hamil menjelang proses persalinannya yang semakin dekat.

Dalam kelas tersebut biasanya anda dan suami akan berlatih tentang tehnik pernapasan, pain management sampai dengan postur-postur dan pijatan yang difungsikan guna mengurangi rasa sakit.

Pentingnya melibatkan suami dalam kelas ini adalah suami anda diharapkan bisa jadi pengingat cara-cara bernapas pada saat anda mengalami kontraksi. Sebab pada saat ini biasanya ibu hamil cenderung melupakan apa yang telah mereka pelajari selama ini. 

Pelajari Tehnik Pernapasan yang Baik

Persalinan normal dengan tehnik pernapasan adalah salah satu kunci lancarnya sebuah persalinan dengan cara yang normal. Nah, bagi anda yang mendamba mendapatkan persalinan dengan jalan yang normal tanpa bantuan obat-obatan atau teknologi maka sebaiknya mulailah pelajari tehnik pernapasan dengan baik.

Hal ini dikarenakan tehnik bernapas dengan baik dan benar akan sangat membantu anda dalam mengendalikan rasa sakit yang anda alami. Terutama pada saat mengalami kontraksi yang cukup menyakitkan.

Pelajari pula tentang bagaimana tetap tenang selama bersalin. Karena persalinan yang di jalani dengan hati yang tenang akan pula menghasilkan pengalaman melahirkan yang menyenangkan dan menenangkan.

Istirahat dengan Baik

Istirahat dengan baik dan mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah hal penting yang perlu anda persiapkan sebelum menjalani persalinan. Tidur adalah waktu terbaik untuk tubuh dalam mengembalikan tenaga dan staminanya. Sehingga demikian, anda pun akan lebih siap untuk menghadapi proses persalinan yang panjang dan melelahkan.

Nah, itulah dia beberapa tips melahirkan normal yang dapat di lakukan. Kita boleh berencana dan melakukan persiapan dengan sebaik mungkin agar impian melahirkan normal dapat terwujud namun pada akhirnya hanya Tuhan dan doa yang akan menentukan.