Hai sobat bloggers semua. Kali ini tema nya sangat greget banget. Kenapa? Karena aku inget banget wejangsn ibukku saat aku masih SMP dan dalam fase ABG cenderung susah untuk disuruh beberes.
Mamah bilang kalo cewek itu harus mengerti pekerjaan rumah tangga apa aja. Jangan dianggap sepele seperti menyapu dan mengepel, karena ada saja yang tidak bisa meng-handle kedua pekerjaan itu. Ya sebenarnya tidak menjadi masalah untuk sebagian orang dan untuk crazy rich, tapi yang sudah qodarullah harus mengerti pekerjaan rumah tangga ya harus dilakoni kan yah.



Dulu aku paling males banget, jujur ya ini. Kalo mamah udah minta tolong aku buat nyapu, ngepel, dan beberes tuh rasanya kayak mengganggu waktuku gitu. Ya waktu itu sih mikirnya singkat-singkat aja ya, ga kepikir buat masa depan apalagi yang diminta oleh orang tua itu ya demi kebaikan kita juga kan. Dan setelah aku rutin dan terbiasa dengan perintah mamahku itu, aku jadi terbawa dengan keadaan yang mengharuskanku untuk mengkondisikan rumah dalam keadaan bersih dan kilap tanpa noda. Alhasil ada beberapa rentetan pekerjan yang menjadi mengasyikan saat ini.

1. Mengepel
Dahulu kala ketika masih jaman lulus SD, aku udah kenalan yang namanya tutorial ngepel mundur, pakai tongkat pel. Dan alhamdulillah jaman now diberi kemudahan adanya super mop yang ga perlu pakai tenaga extra peras kain pel yang warnanya menghitam. Cukup dengan injak pedal pada bagian yang telah disediakan, mop akan kembali siap dipakai mengepel lagi. Yang berhubungan dengan air dan pel merupakan hiburan sih, karena setelah di pel, rasanya menyenangkan sekali lantai serasa keramik istana.

2. Membersihkan Perabotan
Ketika masih jaman bermain boneka barbie, ada masanya dimana kesemuanya dipajang di dalam lemari kaca dan mau gamau aku bertugas untuk membersihkannya dari debu. Awalnya dulu males banget deh, tapi ada keseruan tersendiri ketika membersihkan pernak-pernik lucu kayak gitu seolah-olah kita sedang refreshing. Sekarang aja jadi kangen, saking udah ga ada boneka lagi kan haha.

3. Menyiram Tanaman
Ada sedikit cerita dari masa SMA yang karenanya ini, aku jadi sedikit traumatis. Jadi, mamah dan papahku itu hobi berkebun, sebelum tinggal di Karawang ini kita kan di Nganjuk, nah disana emang udah banyak flora yang ditanam. Suatu hari, aku diminta untuk membersihkan daun dari setiap tanaman, dan dari yang aku baca, bagus ketika mengelap dengan larutan garam. Alhasil, semua daun menjadi layu dan keesokannya mati. Semenjak itu, aku gaboleh lagi buat ngutak-ngatik tanaman, kecuali hanya menyiram.

Demikian sedikit sharing yang sedikit mengingatkan dimana pernah merasa kesal namun berefek di masa sekarang yang risih jika tidak ada pel dan air. Karena itu semua, hidupku terasa lebih hidup dengan keduanya. Nah, sekarang giliran temen-temen nih, ada ga pekerjaan rumah tangga favorit kalian? Share di kolom komentar ya!Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day3