3 tahun 3 bulan berjalan rasanya berlalu begitu cepat. Anak pertama udah gede ajaa. Dan kurang lebih sekian tahun vakum ngeblog dikarenakan sejak menikah, susah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Dua kepentingan yg menjadi prioritas gw beberapa tahun belakangan terlebih lagi setelah hamil, melahirkan, dan punya anak. I mean, there is nothing like parenthood, from the moment you realize youโ€™re about to become one, to seeing your kids all grown up, right?.

Eniwei, gw pengen sharing sedikit nih ttg perkembangan Ashraf, anak pertama gw. Singkat cerita, gw menitipkan Ashraf ke daycare dari umur 2 -17 bulan karena saat itu gw dan suami tdk punya pilihan lain. Alhamdulillah, dgn segala upaya, Ashraf ASI eksklusif, dan berhenti ASI sejenak dari umur 14 bulan – 19 bulan lalu lanjut lagi sampai 2 tahun (pgnnya sih gw share ttg dunia ASI dan mengASIhi, ntar yaa kalau gw ada waktu hehehe). Selama 2-17 bulan di daycare, Ashraf yg notabene anak ASI tergolong cukup tangguh meskipun hampir setiap bulan terkena flu ๐Ÿ˜…, selain flu, jg sempat beberapa kali kena infeksi bakteri & virus, sakit mata jg pernah hingga ISK yg mengharuskan dy disunat (ini jg perlu 1 blog post send sepertinya wkwkwkwk). Dgn riwayat diatas, bisa dibayangkan gw setiap bulan bisa 1-2 kali ke dokter. Berat badan Ashraf jg naiknya seiprit2 karena sering sakit, gendutan dikit besokannya sakit, nggak mau makan dsb huhuhu. Namun Alhamdulillah tumbuh kembang Ashraf jd terpantau terus sama dokter karena sekalian berobat jg sembari konsultasi dan tdk ada keterlambatan/kekhawatiran mengenai tumbuh kembangnya. Dan setelah 17 bulan ‘resign’ dari daycare / mgkn jg karena lanjut ASI lagi, jd daya tahan tubuhnya baik sehingga Ashraf jadi jarang sakit dan jadinya jarang ke dokter.

Pernah nggak sih ibu2 yang anaknya jarang ke dokter (ke dokter jg biasanya hanya utk imunisasi saja dan stlh umur 2 tahun kalau nggak sakit parah jg nggak akan ke dokter) jadi bertanya2 sebenarnya apakah tumbuh kembang anak kita sudah sesuai/belum. Seharusnya anak seumur anak kita skrg sudah bisa apa saja? Nah kalau ke dokter utk nanya aja berasa rugi bayar jasa dokter ๐Ÿ˜… (nah ini contoh emak2 yg ngirit n perhitungan nya kebangetan, jgn ditiru yaah, cukup gw aja). Dan kadang gw jg prnh nanya terkait tumbuh kembang anak ke dokter spesialis anak malah disuruh konsultasi sama dokter khusus tumbuh kembang padahal niatnya kan biar sekalian kontrol imunisasi/berobat kalau pas anak lagi sakit kaaan. Beruntung ada dokter anak yg mau menjelaskan juga ttg tumbuh kembang anak. Nah, sembari mencari2 dokter tumbuh kembang yg recommended, buibu bisa loh cobain Kalkulator Akal, Fisik, Sosial dari Parenting Club ID atau langsung kunjungi link http://bit.ly/Kalkulator-AFS Apa siiiih itu?

Kalkulator Akal Fisik Sosial adalah tool yang dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial. Kalkulator ini dapat membantu bunda dan Ayah menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si Kecil usia 6 bulan sampai 7 tahun.
Caranya gmn? Hanya dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan jenjang umur si Kecil di sini, moms bisa mengetahui hasil serta rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosial si Kecil. Sebelum itu jgn lupa utk :
1. Registrasi / login di website Parenting Club.
2. Buka tools Kalkulator Akal Fisik Sosial pada kategori anak.

3. Masukkan data anak moms, antara lain nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.

4. Jawab beberapa pertanyaan yang diajukan mengenai kemampuan yang anak anda miliki saat ini.
5. Setelah selesai, moms akan mendapatkan diagram yang berisi persentase kemampuan anak anda.
Selain memperlihatkan hasil sinergisme kehebatan Akal Fisik Sosial anak kita, kalkulator AFS ini juga merekomendasikan stimulasi yang tepat untuk kehebatan akal fisik sosial anak kita.

Kita disarankan untuk memberikan stimulasi secara rutin, bertahap dan tidak memaksa dengan cara sambil bermain-main yang menyenangkan dengan si Kecil, naaah ini peer gw banget sebagai mommynya anak2. Semoga dengan adanya rekomendasi stimulasi tumbuh kembang khususnya perkembangan akal, Fisik, dan sosial dari Parenting Club ID ini bisa bikin gw lebih kreatif mengajak anak2 bermain. Dari hasil test di Kalkulator AFS ini, Ashraf sudah 100% semua hahahahhahahah #proudmommy .

Hanya saja suka mood2an, namanya jg anak2, kadang pengennya manja sama emaknya ya kaan, masih minta disuapin pdhl mah kalau nggak ada emaknya jg dan kalau laper banget terpaksa makan sendiri hahahahah.

Berikut ini contoh2 rekomendasi stimulus yang diberikan dari hasil Kalkulator AFS :

Utk stimulus fisik, gw tdk perlu banyak effort utk Ashraf karena dy sendiri anaknya super aktif nggak bisa diem, tapi kadang memang suka rungsing kalau nggak tersalurkan dengan baik, jd dgn mengajak Dy ke playground yang memiliki halang rintang yg susah atau rutin nemenin Ashraf naik sepeda jalan2 keluar komplek rumah bisa jadi solusi gw biar Ashraf semakin terlatih. Selama ini sih gw suka ngajak Ashraf berenang karena memang hobinya main air. Kalau udah berenang bisa betah berjam2 dikolam renang.

Masing2 anak beda yah moms, anak gw yg kedua umurnya 20 bulan, hasil testnya beda sama kakaknya. Treatment gw ke adek dan ke kakak jg pasti beda.

Naaaah seru kaaan parenting bersama Parenting Club ID, cobain yah moms Kalkulator Akal Fisik Sosial nya untuk menambah pengetahuan kita tentang tumbuh kembang anak. Smart mommies raise smart kiddos.XOXO.

#ParentingClubID #KalkulatorAFSReview #tumbuhkembanganak

beautynesia blogbeautynesia