Discord-an yaa, bukan disko-an. Kita mah anaknya baik, rajin belajar, dan tidak sombong, jadi kurang suka yang ajib-ajib *haseeek


***

Assalamu'alaikum....

Seperti terpampang di judul, pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman memakai aplikasi yang bernama DISCORD saat ada kelas blogging yang diselenggarakan oleh Female Blogger of Banjarmasin (FBB) featuring mba Alaika Abdullah. Yang blogger pasti tau donk mba Alaika atau yang sering dipanggil mba Al. 







Apa itu Discord

Discord sebenarnya adalah aplikasi buat para gamers - yang entah bagaimana cara mainnya saya juga ga tau. Jadi, kalo kalian coba download aplikasi ini memang terlihat seperti aplikasi untuk gamers.


Emang gini ya tampilannya. Jangan takut salah, memang ini aplikasi yang dimaksud

Tapi, saya kali ini tidak bakalan membahas dari sisi itu karena memang tidak menggunakannya untuk itu.

Saya bakalan membahasnya sebagai sebuah aplikasi sharing-class yang recomended banget karena di sana kita bisa chatting sekaligus voice call dan juga video call.

Sekilas mirip Skype, yah? 

Selain itu, di dalam aplikasi Discord dilengkapi dengan bot pemutar lagu dan pencari gambar. Jadi, jika ada kelas sharing sesekali istirahat dengan memutar lagu dari bot membuat kelas jadi tambah seru!




Pengalaman Menggunakan Discord

FBB pertama kali mengadakan kelas blogging dengan mba Alaika Abdullah pada tanggal 17 November 2018. Tapi, sebelumnya selama sepekan kami pemanasan lebih dulu. Maklum, ini aplikasi yang lumayan high-end buat emak-emak seperti kami๐Ÿ˜…. 

Pada awalnya kami semua buta banget alias bingung darimana mencoba. Pelan tapi pasti akhirnya kami bisa menguasai aplikasi ini. Ehmm, ga banyak... Cukup tau dimana ruang chat, ruang voice, cara memainkan lagu dari bot, dan juga tak lupa mengisi data diri.

Kalian mau juga? Mau tau aja apa mau tau banget??? *mulai gaje

โœ”๏ธLangkah-langkah memulai

Ohya, ini versi smartphone ya, kalo versi laptop saya kurang ngerti bagaimana tampilannya, mungkin kurang lebih sama. 

Cuss ah, di bawah ini step yang saya ingat ketika pertama kali menggunakan Discord. 


๐ŸŽง1. Download aplikasi Discord di Playstore.

๐ŸŽง2. Masuk ke settingan. Iconnya "gear", letaknya di paling bawah sebelah kanan.

๐ŸŽง3. Isi nama, email, dan pasang foto narsis kalian, eh foto terbaik maksudnya.


Fokus ke kotak biru bawah ya 

๐ŸŽง4. Nanti kalian akan mendapatkan nama kalian dengan format: nama#nomor ID. Seperti saya contohnya: latifika#1052. Nomornya ga bisa milih ya, itu auto.

๐ŸŽง5. Setelah itu, kami mendapat link undangan untuk masuk grup dari mba Al. Jadi kami klik-lah link itu daaan.....yeaah, kami sudah resmi bergabung di grup Discordnya mba Al dan siap menerima segudang ilmu dari para mastah ๐Ÿ’ž So excited and can't wait the date.
Contoh link undanganya untuk kelas BPN

Apakah kami langsung bisa??? Oh, tentuuuuuuuuuu.......tidaaak donk๐Ÿ˜‚. Kami semua awalnya hanya bisa meraba-raba aplikasi apakah gerangan yang kami hadapi, bisa apa saja kami di sini.

Maklum ya namanya juga mak-emak yang tiap hari mainannya pel, sapu sama kompor, dan kalo lagi senggang sesekali buka WhatsApp, Instagram dan kolom blogpost buat nulis, jadi pas ketemu makhluk aneh gini berasa norakh-norakh bergembira gitu deh, hahaha.

Akhirnya setelah ditraining mba Al sehari dan dilanjutkan training mandiri ala kami, dalam 3 hari kami mulai lancar menggunakannya dan bahkan mulai terbiasa *tsaaah *kibas poni.

Ok, saya lanjutkan ya stepnya.

๐ŸŽง6. Setelah masuk kelas, akan ada room-room di dalamnya. Contoh seperti saya ada 2 kelas yang saya ikutin; kelas BPN dan Indonesian Steemit Online (perhatikan bagian paling kiri, nah itu kelasnya). 

Dan untuk FBB ruangannya nimbrung di kelas Steemit. Di sana ada ruang khusus untuk chat dan ruang khusus untuk aktivasi voice call (perhatikan kotak biru) 



Untuk "#materi-fbb" (dan "#url-blog-fbb" ) itu adalah room chat, tempat yang menjadi pusat kelas kami. Kemudian "ruang belajar fbb" adalah - bisa dibilang- ruang aktivasi untuk voice call.

Berikut tampilan voice room



Masuk ke dalam voice room. Klik "connect to voice", lalu pilih 3 icon bawah yang diperlukan


Apa arti 3 icon itu? 


Icon headset aktif artinya suara bisa didengar dengan menggunakan headset. Jika headset nonaktif artinya suara hanya lewat loudspeaker. Nonkatifkannya dengan cara mengetuk icon dan akan timbul tanda coret.

Icon microphone aktif artinya jika kita bersuara maka akan terdengar di room. Jika microphone nonaktif artinya posisi kita silent dan jika ingin berbicara harus menekan tombol dan meredamnya selama kita berbicara.

Pada saat kelas berlangsung dan narasumber sedang memberikan materi kami biasanya menonkatifkan microphone agar tidak kecolongan muncul suara-suara tidak diinginkan.

Icon telpon x jika diketuk artinya kita go out alias BHAY! ๐Ÿ˜

โœ”๏ธSerunya Discord-an Bareng

First online blogging class with BPN, dalam hal ini sama mba Al, dimulai dengan materi Optimasi Personal Blog pada tanggal 17 November 2018.



Materi yang sudah pasti isinya daging semua ini membuat kami jadi bener-bener melek bagaimana mengoptimalkan blog agar berkarakter or we named it "make a personal branding". Mba Al membaginya menjadi 5 hal; tulisan, template, loading speed, penempatan adsense, dan promosi blog

Kami memulainya sekitar pukul 20.00 WIB. Waktu yang kami rasa pas dimana anak-anak sudah tidur tapi belum terlalu malam untuk memulai kelas.

Setelah mba Al memberikan keseluruhan materi kamipun diberi kesempatan untuk bertanya. Alhamdulillah banyak sekali pencerahan yang didapat ๐Ÿ’ž.

Setelah kelas selesai kami diajak mendengarkan musik dari bot. Malam minggu, belajar bareng temen, terus selesainya dengerin musik. Seketika kami para emak merasa remaja lagih ๐Ÿ˜‚.



Dan yeaaah, semua ketagihan!

Akhirnya dijadwalkan kelas kedua tentang "Proteksi Blog" yang dibawakan oleh mba Shintaries. Sayangnya saya hanya setengah jalan mengikuti karena pas mulai kemarin anak-anak belum pada bobo. Hiks, berasa ketinggalan kereta๐Ÿ’”.

Dan rencanya kelas ketiga yang akan datang adalah "SEO On and Off Page". Astagaaaaa, berapa kali saya harus bilang "I can't wait anymore" . Gimana ga, semua materinya bikin gregetan, pengen ngunyah semua. 



***


Jadi begitulah pengalaman Discord-an saya yang diselenggarakan oleh FBB dengan narasumber yang kece beud. Dan bukan saya aja ternyata yang merasa seneng dan ketagihan. Mereka juga, semuanya malah!




Satu kata aja tentang kelas blogging dengan Discord, KETAGIHAN! 


***
Okee, bhaiqlah teman-teman, sepertinya tulisan ini kita sudahi sampai di sini aja karena kentongan para peronda malam sebentar lagi akan berbunyi 12x. Demikian review dan pengalaman dari saya. Semoga bermanfaat yaa... 



***

Discord-an โžก๏ธ sebuah kesenangan bagi anak yang suka belajar
Disko-an โžก๏ธ sebuah kesenangan bagi anak yang suka clubbing
Diskon-an โžก๏ธ sebuah kesenangan HQQ para emak-emak sedunia 
๐Ÿ˜‚