Kalau ditanya, produk apa yang lagi ngehits di kalangan beauty enthusiast, produk yang ada di list teratas adalah Exfoliating Toner. Sebagai pemilik kulit kering jujur sebenernya aku kurang tertarik dengan exfoliating toner karena rumornya bisa bikin kulit tambah kering, tapi ternyata hal itu bisa diatasi dengan penggunaan hydrating toner setelahnya.
Exfoliating toner diklaim sebagai miracle water abad ini karena dapat mempercepat proses pengelupasan kulit mati (exfoliate) dan biasanya mengandung acid seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan PHA (Poly Hydroxy Acid). Pemakaian exfoliating toner juga harus diperhatikan, karena kandungannya cukup kuat dan bisa jadi pemilik kulit sensitif tidak bisa menggunakannya.


Sebulan yang lalu aku dikirim produk terbarunya Avoskin, yaitu Miraculous Refining Toner. Produk exfoliating toner ini mengandung 3 jenis acid yaitu AHA, BHA, dan PHA, serta bahan-bahan lainnya seperti Niacinamide, Tea Tree Oil, Witch Hazel, dan Aloe Vera Extract.
Diklaim dapat mengatasi masalah-masalah seperti kulit kusam, noda hitam di wajah, warna kulit yang tidak rata, dan visible pores, produk dari Avoskin ini adalah exfoliating toner lokal pertama yang konon kandungannya katanya mirip dengan toner merek Korea warna hijau yang lagi ngehits itu. Selain produk lokal, harganya juga terjangkau sehingga Avoskin Miraculous Refining Toner ini bisa jadi pilihan untuk skincare routine kamu. 


Aku sudah mencoba produk ini selama sebulan, dan digunakan hanya pada malam hari saja. Seperti apa kerja toner ini pada kulit normal to dry? Yuk langsung disimak saja reviewnya!

 
 

Mulai dari packaging, aku selalu suka design packaging Avoskin yang simple tapi tetap menarik. Avoskin Miraculous Toner dikemas dalam box berukuran sedang berwarna cokelat tua yang senada dengan botolnya. Pada bagian sisi kiri dan kanan boxnya, terdapat product information yang cukup lengkap, mulai dari product knowledge, cara pemakaian, dan juga hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan produk ini. Masing-masing ditulis dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.
Pada bagian belakang terdapat ingredient list dari produk ini.

Ingredients - Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Olearacea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.

Menurut Skincarisma Ingredient Analyzer, produk ini baik untuk kulit kering dan juga kulit berminyak. Sedangkan untuk pemilik kulit sensitif harus berhati-hati karena ada beberapa bahan yang dapat memicu iritasi seperti Glycolic Acid, Salicylic Acid, dan Lemon Extract.  Produk ini juga bebas dari alkohol, artificial fragrance, dan juga coloring.
Yang menarik disini ada Sugar Maple Extract, yang ternyata mengandung natural AHA yang baik untuk proses eksfoliasi kulit dan menjadi key ingredients pada produk ini.


Packagingnya berupa botol plastik berbentuk tabung. Botolnya ini berwarna amber dan cantik banget menurut aku, classy & stylish. Pada botolnya ini tidak ada tulisan lain yang tercetak kecuali sedikit keterangan mengenai key ingredients produk seperti yang tercantum pada bagian depan boxnya.
Netto produk ini 100ml dan dapat digunakan untuk beberapa bulan,



Tekstur dari toner ini cair, dan tidak berwarna. Ada sedikit wangi mirip wangi antiseptik yang tercium saat produk ini diaplikasikan. Wanginya tidak begitu kuat dan menurut aku juga tidak mengganggu.


Cara penggunaan Avoskin Miraculous Refining Toner adalah dituang secukupnya pada kapas dan diusapkan dari area tengah wajah ke arah luar dengan gerakan ke atas lalu biarkan menyerap. Pada awal-awal pemakaian, berikan dosis sedikit demi sedikit.
Kebetulan ini adalah kali pertama aku menggunakan exfoliating toner (ya ampun, beauty blogger macam apa aku ini :( ), pada penggunaan pertama aku merasa ada sensasi tingling yang cukup kuat sehingga wajah aku rasanya gatal. Seminggu pertama aku menggunakan produk ini hanya 2 kali atau 3 hari sekali, lalu dilanjutkan penggunaan 2 hari sekali pada minggu ke dua, dan setiap hari pada minggu ke tiga dan ke empat. Berikut adalah perbandingkan kondisi wajah aku dari minggu ke minggu.


Yang aku rasakan setelah empat minggu pemakaian adalah bekas jerawat (yang aku curigai sebagai fungal acne karena sudah beberapa bulan bekasnya nggak hilang-hilang) agak sedikit memudar. Selain itu sebenernya secara kasat mata nggak begitu banyak perubahan yang terlihat, tapi aku sendiri merasa wajah jadi bebas jerawat selama 4 minggu periode pemakaian produk ini. Selama 4 minggu aku mengalami satu buah jerawat di dekat alis tapi dengan penggunaan produk ini jerawat tersebut langsung hilang dalam waktu hitungan hari saja.
Aku belum merasakan perubahan pada milia atau whiteheads yang ada di bagian bawah mata. Apabila nanti ada perubahan bakal aku update lagi.


Overall, Avoskin Miraculous Refining Toner ini adalah produk yang menarik, baik dari segi design dan apa yang ia tawarkan untuk market produk lokal yang setau aku belum ada brand lain yang menawarkan produk sejenis seperti ini. Yang kamu harus perhatikan adalah penggunaan sunscreen yang wajib hukumnya ketika kamu menggunakan produk dengan chemical exfoliator seperti ini. Jangan sampai skip sunscreen ya, karena penggunaan produk ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.
Oh iya, untuk seri Miraculous Refining ini ada produk lainnya yaitu Serum yang mengandung AHA BHA PHA dengan persentase lebih tinggi dari produk toner ini (CMIIW).



Menurut aku dengan harganya yang masih dibawah Rp200.000, produk ini termasuk recommended! Karena wajah aku sendiri jarang jerawatan (paling cuma satu dua), sepertinya produk ini juga sepertinya lebih cocok untuk yang wajahnya acne prone, karena beberapa teman aku yang lain yang kulitnya acne prone memberikan review positif untuk produk ini.
Untuk kulit normal to dry seperti aku, dia tidak terlalu banyak memberikan perubahan yang kasat mata, tapi aku merasa kulit lebih sehat dan nggak rewel selama pemakaian produk ini. Good job Avoskin! Ditunggu inovasi produk lainnya :)

Get to know more about Avoskin

Score: 8/10
Where to Buy: Avostore
Price: IDR169.000




This is a sponsored post. Avoskin sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience