Sekarang ini banyak cafe yang menyediakan konsep breakfast atau lunch dengan mengadopsi menu luar negeri. Salah satu menu telur yang populer adalah Egg Benedict. Banyak yang penasaran apa sich Egg Benedict itu. Ternyata Egg Benedict adalah makanan yang sering disajikan sebagai menu sarapan di Amerika Serikat. Membuatnya mudah sekali, cocok untuk para wanita yang enggak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan. Menu ini bisa menjadi alternatif sarapan yang lezat dan bisa mengganjal perut sebelum kamu memulai rutinitas kamu sehari hari. Yuks ikuti langkah langkah berikut ini ya.
Egg Benedict (4 porsi)
Bahan utama:
4 buah Muffin ( bisa diganti roti burger atau roti hotdog) tersedia di supermarket
4 butir telur ayam
4 beef bacon (tersedia di supermarket)
1 sdm garam
 
Saus Hollandaise
2 kuning telur
100 gram unsalted butter / mentega tawar (tersedia di supermarket)
1 sdm air perasan lemon
1/3 sdt garam
1/3 sdt merica
2 sdm air
Bubuk cabai rawit (optional buat yang suka pedas)

Langkah pertama kita harus membuat saus Hollandaise terlebih dahulu. Siapkan air dan rebus hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih kita kocok kuning telur dalam wadah, kemudian kocok di atas air yang mendidih (hampir sama dengan cara tim) tambahkan mentega sedikit demi sedikit, angkat wadah. Aduk terus hingga mengental kemudian campurkan perasan air lemon, garam, merica, dan air. Aduk lagi hingga merata.
Egg Benedict
Kita membuat telur rebus setengah mtang tanpa kulit terlebih dahulu. Didihkan air garam dan merica aduk aduk kemudian pecahkan telur dan masukkan telur kedalam air yang sudah mendidih. Angkat dan tiriskan.
Masak bacon hingga matang, kemudian belah muffin / roti burger/ roti hotdog dan panggang hingga garing dan renyah.
Langkah terakhir susun muffin atau roti burger, kemudian daging bacon dan telur rebus setengah matang secara bertingkat. Kemudian tuang saus Holandaise di atasnya. Dan Egg Benedictmu siap untuk disajikan.
Mudah kan? selamat mencoba.