Mengajak anak balita ke Trans Studio Bandung, is it worth it? Theme park umumnya berisi wahana untuk remaja dan dewasa yang memacu adrenalin. Bagaimana dengan wahana anak di Trans Studio Bandung?

trans studio bandung balita
Wahana anak di Trans Studio Bandung (dok. TSB)



Tahun lalu saya pergi ke Dufan bareng SID, alhasil banyak jalan kakinya dibanding naik wahana. Untung saja waktu itu rezeki tiket gratis, jadi enggak rugi-rugi amat lah.


Maka, setiap kali ke Bandung, saya tidak terpikir main ke Trans Studio Bandung. Indoor theme park ini terkenal dengan permainan menegangkan untuk dewasa. Sebut saja Yamaha Racing Coaster, Vertigo, dan Giant Swing. Nonton videonya saja membuat ingin berteriak. Ngeri!

Berhubung sekarang masuk musim hujan, saya mencari tempat liburan yang aman dan nyaman hingga terpikirlah untuk main ke Trans Studio Bandung (TSB). Lokasi TSB di dalam ruangan sehingga aman dari panas maupun hujan. Ruang full AC membuat petualangan nyaman tanpa takut keringetan. Eh palingan ya keringat dingin setelah naik roller coaster berkecepatan 120 km.

Peta wahana Trans Studio Bandung (dok. TSB)

Wahana Anak di Trans Studio Bandung

Sebelum liburan ke Bandung, saya cari dulu wahana apa yang cocok untuk anak balita seperti SID. Ternyata banyak juga permainan anak yang cocok di Trans Studio Bandung. Saya sudah buat daftarnya supaya mudah saat liburan ke Trans Studio Bandung nanti.

Secara garis besar, Trans Studio Bandung dibedakan menjadi tiga tema, yaitu Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Di tiap tempat ada wahana anak sebagai berikut:

Studio Central Trans Studio Bandung

1. Dunia Anak

permainan di Dunia Anak Trans Studio Bandung (dok. TSB)
Di sini anak-anak dapat mencoba permainan klasik seperti carousel, boom boom car, mini tea cup yang muter-muter, juga naik kereta api mini. Wah, SID pasti betah berlama-lama di sini mencoba semua wahana.

2. Ocean World Science Center

Mengenal biota laut di Ocean World Trans Studio Bandung (dok. detik)
Bandung jauh dari laut namun di sini, pengunjung serasa masuk ke dalam laut dan mengenal berbagai biota laut. Ada kolam sentuh untuk anak mengenal hiu, karang, dan bintang laut secara langsung. Science Center bertema laut ini juga dilengkapi alat peraga. Asyik nih SID dapat lebih dekat dengan hewan-hewan laut yang biasanya hanya dilihat melalui buku.

3. Si Bolang Adventure

Si Bolang Adventure (dok. Trans Studio Bandung)
Tahu acara di Trans 7 Si Bolang yang suka bertualang? Di sini, anak-anak diajak bertualang mengenal keragaman budaya Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Pas banget untuk belajar geografi sambil jalan-jalan.

4. Trans City Theatre

Di panggung hiburan ini, anak-anak dapat menikmati sajian tarian, nyanyian, dan drama a la Broadway. Mau ikut nge-dance juga boleh. Anak-anak biasanya auto-dance tiap mendengar musik.

Lost City Trans Studio Bandung

1. Sky Pirates

Melihat Trans Studio Bandung dari ketinggian (dok. wisatalova)
Wahana kapal terbang a la bajak laut ini bukan pesawat, lho, tetapi kapal yang terbang di ketinggian. Sebenarnya ada rel di atas yang membuat seakan-akan Sky Pirates terbang membawa pengunjung mengelilingi Trans Studio Bandung.

Magic Corner Trans Studio Bandung

1. Pulau Liliput

Anak dengan tinggi di bawah 100 cm dapat bermain di Pulau Liliput. SID pernah berkata ia suka main di tempat yang banyak bolanya (sebut saja mandi bola). Sepertinya ia akan suka mandi bola di Pulau Liliput.

2. Blackheart Pirate Ship  
Jangan lupa pakai kaos kaki di sini (dok. transstudiobandung)

Arena permainan empuk (soft play area) ini cocok untuk anak dengan tinggi 100-130 cm. Di sini anak-anak dapat melatih motorik kasar dengan naik-turun area setinggi 4 lantai. Wohooo! Sungguh menarik tetapi SID belum sampai segitu tingginya. Ah, coba dulu deh, barangkali aturannya ganti. Hehehe.


Wow, ada banyak pilihan permainan anak balita di Trans Studio Bandung. Enggak ragu lagi merencanakan liburan keluarga ke sana.

Satu tips lagi, nih. Trans Studio Bandung terkenal rame, apalagi saat musim liburan. Mau naik satu wahana bisa antre panjang. Lebih baik beli tiket Trans Studio Bandung di Traveloka. Dengan Traveloka Easy Access, pengunjung dapat masuk melalui gate khusus dengan lebih cepat.

Masih penasaran naik Yamaha Racing Coaster (dok. Trans Studio Bandung)

Pernah ke Trans Studio Bandung? Permainan apa yang kamu suka?

Trans Studio Bandung

Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB