[Cara mengatasi rambut rontok wanita berjilbab]

Rambut belum kering, buru-buru pakai jilbab. Setelah tertutup jilbab hampir seharian, eh sampai rumah masih juga dikuncir. Alhasil, rambut saya banyak yang rontok tiap hari. Rupanya hal ini dialami juga beberapa teman yang berhijab. Bagaimana caranya mengatasi rambut rontok wanita berjilbab?

Rambut Rontok Itu Wajar Asalkan …

10 years challenge, topik yang ramai di awal tahun 2019 ini menghebohkan jagat maya. Netizen menayangkan foto dirinya tahun 2009 dibandingkan dirinya sekarang. Ada yang dulu tampil dengan rambut apik tertata, sekarang alhamdulillah sudah berjilbab sambil ngaku jarang sisiran. Hi hi …. Ada yang dulu rambutnya masih lebat, sekarang bagian depan mulai berkurang. Kebayang enggak sepuluh tahun lagi bagaimana perubahanmu?

Saya berandai-andai, kalau 2029 ada lagi #10yearschallenge, bisa-bisa makin nampak jelas rambut menipis. Ya gimana, rambut rontok tiap hari. Tiap menyisir rambut dan keramas, rambut rontok parah. Sedih melihat helai demi helai rambut tercecer di lantai sampai saya enggak suka menyapu rumah. Enggak tega melihat rambut yang menempel di sapu. Hu hu ….

Saya pernah baca, sebenarnya rambut rontok tiap hari itu enggak masalah asal dalam batas wajar sekitar 40-120 helai per hari. Bakal menjadi masalah bila rambut rontok lebih dari itu atau rambut yang tumbuh tidak sebanyak yang rontok.

Tiga Jenis Masalah Kerontokan Rambut

Hair loss atau rambut rontok dipicu berbagai faktor, antara lain faktor genetik, usia, pemakaian obat-obatan, penggunaan alat penata rambut, juga stress.

Ada tiga jenis masalah kerontokan rambut yang sering ditemui, yaitu:
1. Alopecia androgenic: disebabkan faktor genetik (hormon androgen) yang mengakibatkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut.
2. Telogen effluvium (TE): disebabkan oleh kelainan siklus rambut selama fase telogen sehingga rambut mengalami kerontokan lebih banyak saat menyisir atau mencuci rambut.
3. Alopecia areata: sistem imun tubuh menyerang folikel rambut karena salah mengidentifikasi folikel sebagai benda asing dalam tubuh. Efeknya muncul “pitak”.

Hmm, sepertinya saya yang kedua tapi untuk make sure perlu konsultasi ke ahlinya.

Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab

Meski rambut tertutup jilbab, bukan berarti saya cuek begitu saja. Saya pun ingin memiliki rambut sehat, buat membahagiakan suami juga. Ehm …. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memelihara rambut, hendaklah dia memuliakannya.” HR. Abu Dawud. So, penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Supaya tidak semakin parah rontoknya, inilah tips mengatasi rambut rontok berjilbab:

1. Rutin keramas menggunakan sampo yang membantu mengurangi kerontokan rambut.

2. Biarkan rambut kering sebelum dikuncir atau ditutup jilbab.

3. Sisir rambut sebelum dan sesudah menggunakan jilbab supaya peredaran darah lancar. Gunakan sisir bergigi jarang.

4. Tidak menguncir rambut terlalu kencang.

5. Setelah menggunakan jilbab, istirahatkan rambut dengan tidak menguncir.

6. Oleskan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kemiri pada rambut. Cara ini dapat dilakukan seminggu sekali.

6. Makan makanan yang mengandung tinggi protein dan rendah lemak (daging ikan, putih telur), asam lemak, omega 3, vitamin B12, biotin, dan zat besi. Gizi pada makanan berperan penting menjaga kesehatan rambut juga, lho.

Erha Hair Growth Series bonus pouch cantik

Review Erha Hair Growth Series

Selain menjalankan berbagai tips di atas, saya menggunakan produk perawatan rambut dari Erha Skin, Hair & Laser Expert. Produk Erha bukan hanya skin care untuk wajah tetapi juga solusi untuk rambut rontok seperti yang saya alami.

Untuk mengatasi rambut rontok, ada produk Hair Growth Series yang bisa dibeli tanpa resep di Erha Apothecary di seluruh Indonesia.

Hair Growth Series pertama yaitu Erhair HairGrow Shampoo. Sampo ini mengandung Ekstrak Panax Ginseng dan Ekstrak Pumpkin Seed. Kandungan dalam Erhair HairGrow Shampoo diklaim membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral sehingga merangsang pertumbuhan rambut baru dan menghambat hormon penyebab kerontokan.

Erhair HairGrow Shampoo tersedia dalam kemasan botol 100ml dan 250ml. Isinya bening dan wanginya lembut, enak deh setelah dipakai keramas. Rambut bersih dan mudah diatur.





Setelah keramas, saya biarkan rambut kering secara alami. Kemudian saya gunakan Erhair HairGrow Serum yang bekerja simultan dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk bantu mengurangi rambut rontok pada Androgenetic Alopecia sekaligus merangsang regenerasi rambut. Serum ini diklaim mengandung Vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru / regenerasi rambut.

Hasil penelitian menunjukkan Erhair HairGrow Serum bekerja sinergis dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk:
1. Efektif membantu mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu*
2. Efektif membantu meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut dalam 4 minggu*

*pengujian terhadap pasien AGA (Androgenetic Alopecia) dalam perbandingan dengan placebo dan produk pembanding.

Baca kemasannya membuat saya makin tertarik menggunakan serum rambut Erha ini.



Erhair HairGrow Serum tersedia dalam satu box untuk pemakaian selama 7 hari. Isinya terdapat 7 botol mungil, masing-masing 8ml yang pas digunakan satu botol sehari.

Caranya mudah, buka tutup botol serum lalu pasangkan tutup berbentuk corong pada botol. Aplikasikan pada kulit kepala secara merata. Pastikan rambut dalam keadaan kering atau setengah basah setelah keramas. Bagian ini kudu sabar, ya, satu persatu. Sambil dipijat lembut dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar juga boleh supaya serum makin terserap dengan baik. Serum ini tidak perlu dibilas.

Setelah rutin menggunakan Erha Hair Growth Series selama beberapa hari ini, saya menyadari ada yang berbeda tiap menyisir rambut. Helaian rambut yang rontok semakin jarang terlihat. Mau menyisir pakai sisir ataupun jari tangan, alhamdulillah rambut rontok makin berkurang. Impian memiliki rambut sehat dan lebat semakin dekat.

Erha Apothecary dan Erha Clinic (dok. Erha)


Erha Hair Follicle Activation Therapy

Kalau masalah rambut dan kulit kepala belum juga selesai dengan produk OTC (over-the-counter) di atas, sebaiknya berkonsultasi ke Erha Clinic. Awalnya saya baca promo diskon 10% treatment rambut rontok “Erha Hair Follicle Activation Therapy” di Instagram @erha.dermatology. Kemudian saya DM IG-nya untuk bertanya lebih lanjut tentang terapi ini. Admin IG-nya Erha responsif, lho. Sabar banget menjawab pertanyaan saya dengan jelas.

FYI, Hair Follicle Activation Therapy merupakan terapi untuk merangsang pertumbuhan rambut khususnya pada orang dengan AGA (androgenetic alopecia). Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Hair Follicle Activation Therapy telah diuji klinis memberikan hasil yang efektif pada 100% responden Male-AGA type III-Vertex dan IV-Vertexserta meningkatkan jumlah rambut terminal hingga 75%.

Saran dari admin IG-nya Erha, sebelum memutuskan perawatan rambut ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli di Erha Clinic terdekat. Saya juga sempat bertanya bagaimana kalau mau konsultasi soal rambut padahal saya berhijab. Syukurlah dokter di Erha Clinic dekat tempat tinggal saya semuanya perempuan, konsultasi pun lebih nyaman.

Kalau penasaran dengan produk perawatan rambut dari Erha Skin, Hair & Laser Expert, silakan baca infonya lebih lanjut di:
• Website: https://www.erha.co.id/
• IG: @erha.dermatology

Promo Erha Hair Follicle Activation Therapy
Ditutup bukan berarti dicuekin, semoga tips merawat rambut berjilbab di atas bermanfaat, ya. Bagaimana caramu mengatasi kerontokan rambut?