Hallo beautynesian! Kali ini aku akan membagikan tips mudah untuk mengetahui jenis kulit wajah kamu. Di zaman yang sudah modern ini, tentunya jenis skincare juga sudah mulai banyak jenis nya ya girls. Jenis skincare ini juga seringkali dikelompokan menjadi beberapa jenis sesuai dengan tipe kulit wajah penggunanya.
Dikutip dari Alodokter.com

Tipe-tipe kulit ini diantaranya adalah
1. Normal skin
   Jenis kulit ini cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan kandungan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak. Jenis kulit wajah seperti ini biasanya jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, pori-pori pun hampir tak terlihat, serta terlihat bercahaya.
2. Dry skin
  Jenis kulit wajah kering kurang memiliki kelembapan di lapisan kulit terluar. Hal ini mengakibatkan retakan pada permukaan kulit, serta akan terasa kering ketika disentuh. Pemilik jenis kulit wajah kering biasanya memiliki pori-pori yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis. Kulit jenis ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.
3. Oily skin
  Jenis kulit wajah berminyak biasanya karena produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak. Sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat di bawah permukaan kulit. Kendati sebum berfungsi membantu melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.
4. Combination skin
  Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Seseorang dengan jenis kulit kombinasi biasanya memiliki kulit berminyak yang terkonsentrasi di zona-T (dagu, hidung, dan dahi), sementara pipinya tetap kering. Jenis kulit wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan masa puber, yakni ketika kelenjar minyak meningkatkan produksi sebum.

Setelah mengetahui beberapa tipe kulit, sebaiknya kamu harus menggunakan skincare sesuai dengan jenis kulit kamu ya girls. Kalau kamu belum tahu bagaimana cara untuk mengetahui jenis kulitmu, nih aku kasih tips mudah untuk mengetahui jenis kulit kamu hanya dengan menggunakan tissue loh girls.

Tips Mudah Mengetahui Jenis Kulit
1. Cuci terlebih dahulu wajah kalian ya girls
2. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk
3. Ambil satu lembar tissue kemudian bagi menjadi 4 bagian
4. Tempelkan 4 tissue itu di bagian pipi , dagu , hidung dan dahi seperti ini 
                     
5. Kalau sudah, tipe kulitmu bisa ditentukan dengan cara ini
    a. Normal Skin
        Jika Keempat tissue itu akan menempel sejenak di wajah lalu lepas semuanya
    b. Dry Skin
        Jika Keempat tissue itu akan langsung jatuh
    c. Combination Skin
        Jika Tissue di hidung dan dagu kamu akan tetap menempel di wajah
    d. Oily Skin
        Jika Keempat tissue tetap menempel di wajah
Nah, mudah sekali bukan? Sekarang kamu bisa dengan mudah menentukan tipe kulit wajahmu. Selamat mencoba ya girls!