Memilih nama bayi adalah momen favorit untuk calon orangtua. Bisa jadi sebagian pasangan sudah mempersiapkan pemberian nama pada buah hati mereka dari jauh-jauh hari. Bahkan sebagian orang mungkin sudah merencanakan pemberian nama khusus sebelum mereka hamil.

Apapun namanya, yang terpenting yang perlu di perhatikan adalah berikan nama yang terbaik dan terindah. Sebab nama adalah sebuah identitas yang akan melekat pada diri seseorang sepanjang hidupnya.

Jangan sampai berikan nama yang jelek atau nama yang asal. Karena dikhawatirkan pemberian nama tersebut akan menjadi guyonan teman-teman si kecil di masa depan kelak.

Nah, agar pemberian nama bayi laki-laki dan nama bayi perempuan anda tetap indah namun menarik. Di bawah ini mari kita simak tips memberikan nama bayi yang kreatif dengan mempertimbangkan banyak hal penting.

Buatlah Daftar Nama yang Anda Sukai

Dalam merencanakan pemberian nama bayi laki-laki atau nama bayi perempuan ada banyak hal yang perlu anda perhatikan dengan baik. Guna memudahkan pemberian nama ini sebaiknya terlebih dahulu kumpulkan ide-ide atau potongan nama yang anda sukai. Namun sebaiknya, pilihlah potongan nama dengan arti atau makna yang baik.

Jadi diharapkan ketika di berikan kepada si buah hati rangkaian nama yang indah tersebut dapat menjadi doa-doa indah untuk dirinya kelak. Bila perlu masukkan dalam jurnal anda dan rangkum dengan seksama. Bila masih ada waktu yang panjang maka lanjutkan mengumpulkan nama dan cantumkan pula maknanya dengan jelas.

Nantinya anda akan tentu lebih mudah dalam merangkai nama si kecil. Dengan begini persiapan yang matang akan tentu memudahkan anda memilih nama-nama bayi dari beberapa rangkaian yang sudah anda kumpulkan.

Ucapkan Nama Tersebut Satu Per Satu

Langkah selanjutnya dalam memberikan nama bayi laki-laki adalah dengan mengucapkan nama tersebut dengan keras. Pelafalan nama dengan nada yang keras akan sekaligus dapat memberikan ibu gambaran seperti apa bayi anda ketika di panggil dengan nama yang bersangkutan.

Bila perlu buat pula nama panggilan yang lucu untuk si kecil sehingga anda bisa lebih dekat dan lebih akrab bersama dengannya. Pemberian nama panggilan tentunya harus sesuatu yang menarik atau berkaitan dengan nama lengkapnya agar tak membuat orang lain kebingungan.

Pertimbangkan Memberikan Nama Keluarga

Di Indonesia tidak semua orang mewarisi nama keluarga mereka. Namun, bagi anda calon orangtua yang ingin memberikan nama yang unik untuk calon buah hatinya. Maka tidak ada salahnya mempertimbangkan memberikan nama keluarga untuknya.

Pemberian nama keluarga perlu menjadi hal yang di banggakan keturunan kita. Maka demikian, tidak ada salahnya memberikan nama keluarga pada buah hati anda. Biasanya pemberian nama keluarga di sematkan di akhir. Contohnya Adreena Risa Prawira, Bella Julianti Prawira dan masih banyak lagi.

Pilih Nama yang Punya Makna Mendalam

Dalam memberikan nama untuk si buah hati sebaiknya jangan sembarang atau asal. Pemberian nama adalah sebuah doa maka mempersiapkan nama yang indah dan terbaik untuk mereka adalah kewajiban setiap orangtua. Pilihlah nama-nama dengan makna yang indah dan mendalam.

Hindari pula memberikan nama yang unik namun asal seperti Suparman, Ice dan lain sebagainya. Meski terdengar keren namun nama-nama tersebut sebenarnya adalah serapan dari tokoh dan nama-nama benda yang sebenarnya lucu. Jangan sampai anak kita diberi nama yang membuat mereka menanggung malu seumur hidupnya.