Setiap calon ibu pasti mendambakan buah hati yang mereka kandung dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itulah, mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan seringkali menjadi informasi yang paling di nanti para ibu hamil.

Terutama para calon ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Tentunya mereka penasaran dan ada banyak pertanyaan yang seringkali membendungi benak mereka tentang perkembangan janin dalam kandungannya.

Nah, untuk menghilangkan rasa khawatir yang berlebih maka di bawah ini kita simak tanda perkembangan janin yang sehat.

Pergerakan Janin yang Aktif

Salah satu tanda perkembangan janin dalam kandungan yang sehat adalah pergerakan mereka yang cukup aktif, Memang, aktifnya janin akan mulai terasa seiring dengan berkembangnya usia kandungan. Jadi demikian, untuk tanda yang satu ini mungkin anda akan mulai merasakan dari usia kandungan 4 bulan lebih.

Semakin bertambahnya usia kandungan maka bayi sudah mulai mengembangkan kemampuan untuk merespon suara dari luar rahim. Bahkan tendangan halus pun akan mulai dipelajari oleh bayi. Bila ibu merasakan gerakan yang aktif maka ini adalah indikasi bayi anda sehat.

Pertumbuhan Janin dapat Diukur

Tanda lain yang mengindikasikan perkembangan janin yang sehat adalah ukuran janin yang terus bertumbuh dari hari ke hari dan pertumbuhannya ini dapat diukur dengan baik.

Pada janin yang sudah memasuki usia 5 bulan, biasanya ukuran tubuhnya sudah mencapai 25 cm dan tentu saja pertumbuhan ini akan terus berlanjut seiring dengan bertambahnya usia. Untuknya, guna mengetahui perkembangan bayi dengan baik dan normal maka pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan atau bidan menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Perhatikan Detak Jantung Janin

Pemeriksaan lain guna mengetahui perkembangan janin yang sehat adalah dengan memeriksa detak jantungnya. Janin dengan detak jantung yang kendang adalah indikasi bahwa ia adalah janin yang sehat.

Perlu di ketahui bahwa jantung janin mulai berdetak pada usia kehamilan di minggu ke 5. Oleh karenanya, sebagai acuan perubahan usia pada janin ini perlu untuk diperhatikan dengan baik. Tujuannya adalah untuk memantau pertumbuhan mereka secara rutin.

Pada umumnya, janin yang sudah berusia 9 bulan wajarnya memiliki detak jantung sekitar 110 sampai dengan 160 denyut per menit. Adapun pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh tenaga medis baik dengan menggunakan alat USG atau dengan menggunakan dopler guna mengetahui perhitungan denyut jantung janin di dalam kandungan.

Perubahan Posisi Janin

Janin yang sehat selain aktif bergerak mereka pun akan cenderung merubah posisi mereka dengan bertahap sesuai dengan perubahan usianya. Sebaliknya, janin yang tumbuh dengan posisi yang itu-itu saja perlu diwaspadai dengan baik karena bisa jadi sesuatu yang salah terjadi dengan buah hati anda.

Bayi akan mulai sering merubah posisi mereka terutama beberapa saat menjelang persalinan. Dimana bagian kepala mereka akan berada di bawah dan mempersiapkan persalinan. Untuk itu, dari posisi awalnya dengan sendirinya bayi akan memutar posisi mereka dan berakhir di posisi jalur lahir.

Morning Sickness

Perasaan mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil adalah sesuatu yang wajar dan hampir semua orang mengalami kondisi yang sama. Timbulnya kondisi mual ini diperkirakan akibat adanya perubahan hormon pada tiga bulan pertama kehamilan.

Meskipun berdampak tidak nyaman, namun anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini sebab ini adalah tanda yang sehat dari sebuah kehamilan. Sebaliknya, tidak adanya keluhan morning sickness pada kehamilan patutlah diwaspadai.