Di zaman yang serba instan seperti saat ini, hampir semua orang mendambakan segala sesuatu yang cepat. Termasuk dengan sajian makanan yang biasa mereka konsumsi sehari-hari.

Tak heran, bila bisnis makanan instan dan siap saji selalu ramai dan sukses dijalani. Padahal, konsumsi terhadap makanan seperti ini akan dapat menyebabkan masalah untuk tubuh kita, terutama bagian sistem pencernaan manusia.

Kurangnya asupan makanan sehat akan mungkin menimbulkan gangguan pada system pencernaan. Beberapa keluhan kesehatan seperti sembelit, perut begah, kembung dan lain sebagainya akan mungkin muncul.

Nah, oleh karenanya meski segala hal yang instan memang mudah di dapatkan. Akan tetapi, demi menjaga hidup tetap sehat dan pencernaan tetap lancar maka masalah kesehatan tetap yang utama. Nah, di bawah ini mari kita simak tips cerdas jaga sistem pencernaan tetap sehat.

Konsumsi Banyak Serat

Serat adalah sahabat baik untuk sistem pencernaan manusia. Oleh karenanya, menu makanan ini adalah menu yang wajib untuk senantiasa anda konsumsi setiap hari. Memenuhi kebutuhan serat setiap hari dengan takaran 25 gram dapat membuat kinerja bagian sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Dengan begini maka keluhan seperti sembelit, wasir dan sindrom iritasi usus akan dapat anda hindari dari kehidupan anda. Selain itu, konsumsi banyak serat pun akan dapat membantu mempertahankan berat badan.

Sehingga demikian menu serat yang sehat akan juga cocok untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Konsumsi makanan serat tidak sama dengan makanan dengan kandungan lemak yang akan berbahaya bila di konsumsi banyak. Serat bisa anda nikmati kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir berat badan naik.

Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah sejenis bakteri yang mirip dengan bakteri yang di temukan di dalam usus manusia. Di dalam tubuh, bakteri jenis ini akan bekerja memerangi bakteri jahat dan mempermudah penyerapan terhadap nutrisi. Selain itu, manfaat dari bahan ini pun akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan lebih baik.

Sehingga demikian, konsumsi terhadap probiotik akan pula baik untuk meningkatkan kesehatan bagi system pencernaan. Probiotik akan dapat anda jumpai pada makanan atau minuman yang di fermentasi. Seperti halnya, tempe, yogurt, oncom dan masih banyak lagi.

Jadi mulai saat ini, tidak ada salahnya memasukkan beberapa menu makanan sehat tersebut ke dalam konsumsi makanan harian anda untuk menjaga kesehatan anda dengan lebih baik. Selain itu, saat ini adapula minuman probiotik yang dijual di pasaran.

Batasi Konsumsi Lemak

Lemak merupakan bentuk nutrisi yang paling sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga ketika lemak masuk ke dalam tubuh maka ia akan bertahan lebih lama  di bagian sistem pencernaan manusia. Anda mungkin merasa sangat kenyang ketika mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang banyak. Namun demikian, rasa kenyang tersebut tidak serta merta membuat anda merasa nyaman.

Untuknya, hindari atau batasi konsumsi lemak harian anda agar tidak terlalu berlebihan. Karena hal ini pun akan tentu berdampak kurang nyaman untuk tubuh anda. Daripada mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak cobalah beralih pada jenis makanan dengan pengolahan yang lebih sehat.

Salah satunya adalah makanan yang di rebus, di kukus dan dipanggang. Jenis makanan semacam ini tidak membuat kandungan lemak bersarang pada makanan yang anda konsumsi. Sehingga tentu bahan ini akan jauh lebih aman untuk dinikmati.