Pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan tanamu oil yang begitu dicari oleh para pecinta skin care karena digadang-gadang sangat ampuh membasmi jerawat dan menyamarkan acne scar. Sebenarnya apa itu tamanu oil dan darimana asalnya?

Minyak tamanu merupakan minyak yang diperoleh dari tanaman tamanu (Calophyllum inophyllum Linn.) atau di Indonesia lebih dikenal sebagai tanaman nyamplung. tanaman ini tersebar cukup luas di beberapa negara iklim tropis salah satunya yaitu Madagaskar, Vietnam, dan Indonesia. Tanaman ini banyak dimanfaatkan mulai dari batang, buah, hingga bijinya. Minyak tamanu yang kita kenal diperoleh dari biji tamanu yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional karena kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eczema, psoriasis, stretch marks, dark spot, hingga dermatitis.

Minyak tamanu memiliki tekstur seperti minyak berwarna kuning-hijau dengan konsistensi cukup kental serta bau yang cukup menyengat. Meskipun bau menyengat dari minyak tamanu ini cukup mengganggu, tetapi tidak menyurutkan peminatnya karena manfaatnya yang begitu banyak dan diakui bukan banyak sekedar omong kosong belaka. Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa minyak tamanu ini kaya akan antioksidan dan memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu antiinflamasi, antibakteri, antijamur, wound healing, hingga anti-aging sekalipun. Oleh karena itu hingga sekarang tamanu oil banyak digunakan oleh para pecinta skin care baik untuk mengatasi berbagai permasalah pada kulit.

Menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat

Banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa tamanu oil memiliki aktivitas biologi sebagai antibakteri dan antijamur. Oleh karena itu tamanu oil sangat bagus digunakan untuk para pemilik acne prone skin karena dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu aktivitas antiinflamasi dari minyak ini juga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat yang membengkak.

Melembabkan kulit

Tamanu oil memiliki kandungan fatty acid seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, dan asam stearat yang dapat menjaga kelembaban kulit dan mengontrol minyak pada kulit. Hanya dengan beberapa tetes tamanu oil akan menjaga kulit wajah agar terhindar dari kekeringan.

Menyamarkan bekas jerawat

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tamanu oil mengandung berbagai fatty acid yang tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan kulit, tetapi juga bersifat antiinflamasi, regeneratif, dan wound healing sehingga luka bekas jerawat pada kulit dapat tersamarkan serta hyperpigmentation yang terjadi lama kelamaan dapat hilang jika dipakai secara rutin tentunya dengan kesabaran.

Antiaging

Tamanu oil juga dipercaya dapat menyamarkan garis-garis halus dan menjaga elastisitas kulit karena kaya akan kandungan fatty acid-nya. Tamanu oil juga kaya akan antioksidan yang akan melawan radikal bebas pada kulit yang dapat menyebabkan garis halus dan kerutan.

Selain beberapa manfaat yang telah dipaparkan, tamanu oil juga masih memiliki berbagai manfaat untuk kulit, rambut, hingga kuku. Akan tetapi pemakaian tamanu oil ini perlu disertai dengan kesabaran dan ketekunan agar manfaat yang didapatkan menjadi maksimal!

Sumber: P. Raharivelomanana et al., Published by EDP Sciences, 2018