Yasinyasintha.com – Kamu suka memotret? Apa saja objek yang sering kamu jepret ?

Sejak kamera DSLR populer di kalangan anak muda, dunia per-kameraan ini menjadi salah satu ladang bisnis yang diminati hingga saat ini. Hal ini membuat semakin banyak orang tertarik mempelajari fotografi.

Meskipun belum begitu ahli, tidak sedikit juga orang yang berani menawarkan jasa fotografinya. Padahal kualitas hasil potretannya masih jauh dari kata profesional. Hal ini tentu tidak begitu bagus dampaknya bagi fotografer handal, karena bagi masyarakat awam semua fotografer itu akan terlihat sama, terlebih lagi para fotografer pemula itu menawarkan harga yang jauh lebih murah.

Namun, tidak perlu kuatir, karena rezeki tidak akan pernah tertukar. Faktanya bisnis fotografi ini memiliki pasar yang sangat luas dengan segmentasi beragam.

Nah, bagi kamu pencinta fotografi, berikut ada 5 peluang bisnis yang pastinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

  1. Wedding Photography
wedding photography, wedding bandung, foto wedding bandung, blogger fotografi
Foto by : @foto_wedding_bandung

Peluang bisnis yang satu ini akan selalu menjadi peluang bisnis dengan nominal yang sangat menggiurkan. Bukan hanya karena sedang trend, namun bisnis ini memang akan selalu ramai peminat karena setiap pasangan pasti ingin mengabadikan momen sakral dalam kehidupannya. Maka dari itu, bisnis wedding photography ini pastinya juga bisa diselaraskan dengan pre-wedding photography. Nah, mulailah mengumpulkan ide-ide untuk konsep pre-wedding yang suatu saat bisa Anda tawarkan kepada calon pengguna jasa kamu.

2. Commercial Photography

foto komersial, fotografer, fotografer bandung
Commercial Photography. Credit : Parmadi

Zaman digital ini yang menggunakan jasa fotografer untuk memotret produk bukan hanya perusahaan besar, bahkan usaha kecil sekelas usaha rumahan dan warung pinggir jalan pun ingin memasarkan produk mereka agar dikenal banyak orang. Nah, manfaatkanlah peluang ini dengan menawarkan jasa kamu untuk memotret produk mereka. Tidak perlu memasang tarif tinggi. Tetapi kamu bisa tawarkan paket jasa endorse dengan menggunakan akun media sosial kamu. Jadi kamu akan memotret mereka, kemudian bantu pasarkan di akun media sosial. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan bayaran yang lebih besar.

3. Photobooth

photobooth bandung, photobooth wisuda, photobooth
Photobooth Wisuda ( credit : photobooth Indonesia )

Suka memotret dan hobi mengoleksi properti? Mengapa tidak sekalian buat studio mini untuk photobooth? Studio mini photobooth ini tidak selalu harus stay disatu tempat, lho. Jika kamu mau, bisa buat photobooth on the street. Manfaatkanlah momen-momen hari besar seperti Idul Fitri, Natal, tahun baru, dan lain-lain. Dirikan studio mini photobooth kamu di tempat-tempat keramaian, dan lihatlah hasilnya. Orang-orang akan berdatangan untuk berfoto dengan background yang kamu sediakan.

Dengan modal kamera, properti foto, dan printer, kamu pun bisa menghasilkan uang.

Untuk hasil yang maksimal, memang seharusnya menggunakan kamera dan printer yang bagus, yang pastinya harganya juga tidak murah. Tetapi apa yang harus dipusingkan? Zaman sekarang adalah zamannya digital, untuk mendapatkan tambahan modal juga bisa dilakukan secara digital. Untuk membuktikannya kamu bisa mencoba sendiri di Monily.

4. Jual foto online

foto produk indonesia, foto makanan
jual foto online ( doc. pribadi )

Saat ini banyak orang yang membutuhkan foto-foto berkualitas tinggi untuk keperluan perkerjaan mereka seperti blogger dan portal online. Nah, kamu bisa tawarkan foto hasil bidikan kamu kepada mereka. Dalam hal ini tentu saja satu paket dengan lisensi foto kamu karena bisa jadi foto kamu mereka beli untuk digunakan kembali. Dengan begitu  mereka pun bebas menggunakan foto kamu untuk ditempatkan di blog ataupun situs mereka.

5. Buat tutorial fotografi

foto produk indonesia, foto makanan
Tutorial fotografi ( doc. pribadi )

Seiring dengan bertambahnya minat orang terhadap dunia fotografi, maka keinginan orang untuk mempelajari fotografi pun semakin besar. Namun sayang, sekolah khusus fotografi pun tidaklah murah. Maka jalan pintas yang dicari orang biasanya mencari tutorialnya di internet. Nah, manfaatkanlah momen ini dengan membuat tutorial fotografi versi kamu sendiri. Bisa berupa ebook, atau video.

Demikian 5 peluang bisnis buat Anda yang suka memotret. Jadi yang hobi fotografi, ayo manfaatkan peluang di sekitar Anda untuk merubah hobi menjadi sumber penghasilan. Semoga bermanfaat.