Ini pengalaman beberapa hari yang lalu, yang saya rasa perlu di-share karena nggak populer, semoga berguna ya.



Jadi, saya kan belakangan ya gitu suka mencoba berbagai macam masakan. Karena waktu belanja yang terbatas, kebanyakan bahan-bahan masakan saya beli online. Suatu hari, bersamaan dengan belanja daging-daging online, saya membeli ikan gindara (sudah dalam keadaan beku, tinggal masak).

Oke, singkat cerita saya masak ikan gindara tersebut jadi sup ikan, dan saya memakannya cukup banyak.

Nah, cerita selanjutnya yang menjadi poin paling penting, yaitu efek samping memakan ikan gindara, yang saya simpulkan setelah browsing sana-sini. Jadi beberapa hari setelah mengkonsumsi ikan ini, saya mengalami kondisi (maaf) "greasy poop", and fart with greasy result on my pants. Ini bener-bener annoying, disgusting, dan tampak sangat tidak berwibawa. Saya tidak bisa mendeskripsikannya dengan detail apalagi foto, tapi ya itu harusnya normal, tapi keluar dengan kondisi berminyak warna orange.

Saya browsing, dan menemukan bahwa kondisi ini bisa jadi salah satu gejala penyakit mematikan seperti kanker pankreas, batu empedu dll which is bikin saya makin stress. Mana investasi saham belum sempat mulai, boro-boro..... 

Ya, terus setelah google lebih banyak, ternyata penyebab orange oil ini adalah konsumsi ikan gindara / butterfish / black cod / escolar, apa pun namanya itu. Dan, yang paling penting, ini bukan sesuatu yang mematikan.

Terus saya ingat-ingat memang pas saya cebokkin anak-anak juga sempat merasa kok pantatnya berminyak, ya mungkin efek setelah mengkonsumsi gindara ini tadi. Bahkan saya google di wiki namanya malahan oilfish. 

Ya udah, saya jadinya...lega aja. Nggak jadi merasa mau mati.

Ada yang punya pengalaman yang sama kah?

Update: Sembuhnya tergantung frekuensi BAB, setelah oil-nya habis maka sudah selesai-lah efek sampingnya. Yang annoying, nodanya susah dibersihkan jadi saya terpaksa membuang pakaian yang terkena noda.



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too