Hai kamu wanita ? Usia produktif ? Tolong dibaca yaa . Gue nulis disini cuma pengen berbagi pengalaman aja. Bahan makanan dewasa ini ternyata ga cukup aman buat dikonsumsi. Harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat. Terutama buat kalian yang hidup diperantuan jangan sampai asal makan yang penting perut kenyang.

Gue wanita usia 21th, diusia kepala dua ini gue divonis terkena kista ovarium atau kista indung telur dengan diameter 20 cm (Buat gue yang biasa ngukur diameter pohon udah kebayang banget gimana gedenya itu kista diameter 20cm). Akhirnya gue pun harus menjalani operasi laparotomi alias pembedahan perut (mirip ibu melahirkan dengan operasi sesar) dengan panjang pembedahan sekitar 15-20cm. Alhasil ternyata kista gue berasal dari indung telur sebelah kanan. Gue udah sujud syukur sesyukur-syukurnya cuma sebelah kanan. Gue ga ngebayangin gimana kalau seandainya kistanya ada di dua indung telur (inalillahi deh pokonya) yang pasti kodrat lu sebagai wanita bakalan ancur dan cukup sampai disitu. Karena kista gue udah cukup besar, dokter takut kalo itu berpotensi ganas, akhirnya gue harus menjalani PA atau Patologi Anatomi untuk priksa keganasan sel atau jaringan dari kista gue itu. Dan alhamdulillah lagi ternyata kistanya ga ganas dan jenis kista gue yaitu kista adonema. 

Walaupun sekarang gue udah di operasi dan kista gue udah diangkat bersama indung telurnya, bukan berarti ga ada kemungkinan akan numbuh lagi kalo gue ga menjaga makanan yang gue konsumsi. Buat kalian yang suka banget makan Mie Instan, Makanan siap saji (Sarden, sosis, nugget, dll) apapun deh pokonya yang siap saji yang cuma tinggal goreng, ataupun diangetin udah bisa dimakan, Junkfood ayam ayam yang ada di KFC, McD, dan sebagainya because ayam ayam mereka ternyata disuntikan hormon yang membuat ayam semakin besar dan hormon tersebut memicu tumbuhnya kista, terus makan yang banyak bahan pengawet kaya tahu berformalin, ikan asin, minuman botol kalengan, apapun itu yang ada bahan pengawetnya, penyedap MSG (vetcin), saos, dan makanan makanan yang menghasilkan gas gas karsinogenik yaitu makanan dari hasil pembakaran atau paparan langsung sinar matahari yang cukup lama. Mulai sekarang kurangi atau bahkan jangan sesering mungkin, dan kalau bisa di stop.

Bukan ga mungkin kalian juga bisa kena kista (Bukannya nakut-nakutin). Efek bahan pengawet itu emang ga langsung, NANTI setelah beberapa tahun kemudian. Yang gue alami sekarang ini, mungkin juga karena konsumsi dari dulu-dulu bisa aja karena dari SD, SMP, atau SMA dan sekarang baru berasa. Terus juga buat kalian yang datang bulannya ga teratur dan nyeri setiap datang bulan segera priksa ke dokter kandungan, karena kista diawali dari haid yang tidak teratur, bisa saja berlebih ataupun berkurang. Waspada juga kalo perut menjadi keras dan membesar, itu udah pasti ada seuatu didalamnya, Rajin makan buah dan sayur terutama daun kemangi, ternyata kemangi bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon yang memicu tumbuhnya kista, perbanyak makan buah terutama buah buah yang mengandung antioksidan, dan tentunya olahraga yang rutin.

Semoga bermanfaat