Hay Lad ... Seberapa aware kah kita menjaga kesehatan ? Bukan melulu tentang fisik yang sakit, tapi sadarkah ada yang lebih berat dibanding fisik yang terlihat lemah karena penyakit ? Jawabannya ada, sakit yang tanpa merasa sakit tapi perlahan-lahan menggerogoti salah satu bagian didalam tubuhmu. 

Sebenarnya sudah ada tanda-tandanya tapi nahas dari kita jarang untuk peka terhadap hal-hal yang demikian. Kali ini aku mau sedikit berbagi cerita atau bisa disebut pengalaman tentang apa yang pernah aku alami dulu.

Apasih Kista Ovarium ? Kista itu semacam tumor jinak yang tumbuh di ovarium (indung telur) kita yang lama-lama jika didiami akan membesar dan bisa aja berubah menjadi ganas dan harus segera di operasi jika tidak memungkinkan lagi. Sialnya kalau kista yang terlalu besar biasanya menempel di dinding ovarium dan jika dioperasi mau tidak mau salah satu ovarium kita harus diangkat. Fungsi indung telur sendiri untuk apa sih ? Indung telur pastinya berfungsi untuk memproduksi telur-telur yang kalau tidak dibuahi akan keluar dalam bentuk darah haid. Jika kita kehilangan semua indung telur kita, bisa dipastikan kesempatan kita sebagai wanita untuk bisa mempunyai anak tentu akan hilang begitu saja. Wah serem banget yaaa ladies ? Makanya kita harus mulai aware tanda-tandanya. 

Apa sih tanda-tanda kalau bisa aja ada yang salah dengan rahim, atau reproduksi kita ? Salah satunya kamu harus memperhatikan betul jadwal menstruasi kamu yaa, wanita yang mempunyai kista biasanya ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur dalam jangka panjang. Kalau kata dokter normally menstruasi itu keterlambatannya satu minggu dari bulan sebelumnya, bisa maju atau mundur ya ladies. 

Yang kedua terlalu sering buang air kecil, dan pinggang terasa sakit.
Jika semua itu tidak ada tanda-tanda dikamu, kista masih tetap bisa mengenai kamu dikarenakan hormon kamu yang tidak seimbang. Yups, ketidakseimbangan hormon juga bisa mempengaruhi adanya kista ovarium. Kenapa hormon kita tidak seimbang? itu bisa dikarenakan dari asupan makanan yang kita makan ladies.
Seberapa sering kamu mengonsumsi makanan sehat ? Dimulai dari bumbu, yups menahan bumbu penyedap memang sulit bukan ? Juga makanan-makanan instan yang menjadi favorit ladies sehari-hari as like mie instan, makanan siap saji, junkfood dsb.

Ternyata makanan tersebut buruk sekali loh pengaruhnya bagi kamu kaum hawa.
Sadar atau enggak dari makanan tersebut bisa menimbulkan tumor jinak di bagian ovarium kamu loh!! Ini serius, mulai sekarang stop kalo bisa hindari makanan yang demikian. Cari makanan yang sehat dan bergizi.
Now, kita bahas satu-satu ya. Kenapa penyedap sangat bisa banget bikin munculnya kista di badan kamu terutamanya di ovarium. Karena penyedap mengandung bahan pengawet yang sangat tinggi dan sulit untuk di cerna oleh tubuh kita. Nah mulai sekarang kita harus bisa bilang NO MSG yaa ladies.
Kemudian mie instan dan makanan siap saji. Siapa sih disini yang gamau ribet ? Pasti ga ada kan yah.. Tapi kalian harus tau ladies mengkonsumsi mie instan terlalu sering dan makanan siap saji juga ga bagus buat tubuh kita, lagi-lagi bisa memancing timbulnya kista dalam ovarium kamu. Ada baiknya kalau kita makan makanan yang fresh, original, dan baru atau bisa disebutnya jaman sekarang "homemade".


Dan terakhir Junkfood yaa, kalian pernah makan kan pastinya ayam-ayam kentucky di store terkenal itu ? ketahuilah ladies ayam yang mereka gunakan sebagian besar adalah ayam broiler. Kalian tahu ga kenapa ayam broiler itu besar-besar banget ? Itu karena disuntikan hormon. Nah, terlalu banyak makan ayam broiler itu bisa aja menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang nantinya juga bisa menimbulkan kista ladies. 

***

Nah mungkin sekian sharing pengetahuan yang aku punya, sedikit kurang kalau memang ada yang lebih paham dengan ini silahkan dan tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain dari yang aku sebutkan. Ini sebatas riset dan pengalaman aku dulu yang pernah menderita kista dan harus dioperasi dan kehilangan salah satu indung telur yang aku punya.
Semoga senantiasa kita semuanya selalu diberikan kesehatan ya ladies .
Ini baru cerita pertama dari Carmelo .
See yaa untuk cerita selanjutnya .

Follow Me on 
IG : @ingekarma_