"Tempat makan yang rekomended di sini di mana, ya?" 

"Tempat makan apa nih maunya? Yang khas daerah atau yang populer?" 

"Yang khas sini dong. Mumpung lagi jalan-jalan masa nggak nyobain makanan khasnya."

"Hmm.. ada beberapa sih. Besok deh kuajak jalan, ya."

Bagi sebagian orang, percakapan seperti ini pastinya tak asing kita temui saat bertemu dengan kenalan atau teman yang datang dari luar daerah kita. Memang selain tempat wisata dan oleh-oleh, tempat makan biasanya menjadi tujuan bagi mereka yang berkunjung ke tempat baru. Pastinya ada kepuasan tersendiri jika kita bisa menikmati langsung sebuah makanan khas di daerahnya.


Banjarmasin sendiri sebagai salah satu kota di Kalimantan Selatan tentunya juga memiliki beberapa menu khas Banjar yang kerap dijadikan rekomendasi bagi para pengunjung kota ini. Menunya ya nggak jauh-jauh lah dari soto, nasi kuning, lontong dan ikan bakar  yang memang sudah menjadi makanan khas Banjar. Tempat-tempat makan yang menyediakan menu-menu ini juga bertebaran di berbagai sudut kota. Lalu tempat makan apa saja yang menjadi rekomendasi jika kita sedang berada di Banjarmasin? Yuk baca postingan ini sampai selesai.

Baca juga : Wonderful Indonesia : Siring Tendean, Pasar Terapung di Tepian Sungai Martapura

Soto Banjar Bang Amat

Jika kita bicara tentang makanan khas Banjar, maka mungkin jawaban yang paling sering keluar adalah Soto Banjar. Ya, masakan berkuah yang satu ini memang bisa dibilang primadonanya masakan khas Kalimantan Selatan. Rasa gurih perpaduan dari bumbu dan rempah-rempah membuat Soto Banjar sangat kaya rasa. Dan berbeda dengan soto-soto daerah lain, Soto Banjar disajikan dengan ketupat.

Di Banjarmasin sendiri pastinya cukup banyak restoran atau warung makan yang menyediakan menu Soto Banjar. Namun jika ingin menikmati sensasi makan soto di pinggir sungai dan diiringi alunan musik tradisional, makan teman-teman bisa mengunjungi Soto Banjar Bang Amat yang berlokasi di Jalan Banua Anyar No. 6. Soto Banjar yang satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Selain menyediakan soto sebagai menu utamanya, ada juga sate ayam yang kerap dijadikan menu pendamping saat makan soto. Satu porsi Soto Banjar di tempat makan ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 22.000,00.

Lontong Orari

Sumber : https://travel.kompas.com
Tempat makan kedua yang kerap menjadi rekomendasi kuliner di kota Banjarmasin adalah Lontong Orari yang berlokasi di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Meski sebenarnya lontong di Banjarmasin termasuk dalam menu sarapan, namun untuk Lontong Orari malah lebih asyik dinikmati malam hari. Mungkin ini karena Lontong Orari ini dulunya merupakan tempat kumpul-kumpulnya anak muda komunitas Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI). Hmm, tahun berapa ya itu kira-kira?

Lontong Orari ini sendiri seporsinya terdiri atas lontong yang berbentuk segitiga, kuah lontong yang gurih dan lauk pauk berupa telur, ayam atau ikan haruan (gabus) plus sambal masak habang. Nah, untuk satu porsinya, Lontong Orari bisa dinikmati dengan harga kurang lebih Rp. 30.000,00.

Baca juga : [Review] Menyantap Menu Western Day Avenue Cafe Banjarmasin


Nasi Kuning Cempaka

Menu lain yang menjadi hidangan khas Banjar adalah nasi kuning. Menu ini umumnya disajikan saat sarapan dengan lauk yang beraneka ragam. Nah, salah satu warung makan nasi kuning yang cukup kondang dan legendaris di Banjarmasin adalah Nasi Kuning Cempaka. Nasi Kuning Cempaka ini memiliki berlokasi di Jalan Pasar Baru.
Dalam penyajiannya, Nasi Kuning Cempaka dibungkus dengan daun pisang. Lauknya sendiri bisa berupa telur, ayam, ikan haruan dan dendeng sapi dengan bumbu masak habang. Satu porsi Nasi Kuning Cempaka bisa kita nikmati dengan harga mulai dari Rp. 10.000,00.


Rumah Makan Fauzan


Dalam kesehariannya, rata-rata orang Banjar sangat menyukai menu ikan bakar untuk makan siang mereka. Karena itu tentunya juga tak afdol rasanya jika ke Banjarmasin tanpa mencicipi menu ikan bakar yang disajikan di warung-warung yang menyediakannya. Bagi teman-teman yang ingin mencicipi menu ikan bakar khas Banjarmasin bisa datang ke Rumah Makan Fauzan. Rumah Makan Fauzan ini memiliki 3 cabang yakni di Jl. Gatot Subroto No. 38, Jl. Sultan Adam dan di Jl. A. Yani km 11 yang kebetulan tak jauh dari tempat tinggal saya sekarang. Biasanya sih saat jam makan siang rumah makan ini akan ramai didatangi pengunjung yang rata-rata pegawai kantoran.

Di Rumah Makan Fauzan ini kita bisa menikmati aneka ikan bakar seperti Nila, Patin, Haruan, bahkan Udang Galah. Selain itu di rumah makan ini juga menyediakan aneka sayuran dan tentunya sambal untuk melengkapi makan kita. Pengunjung tinggal menyebutkan ingin memesan menu apa dan nantinya menu tersebut akan diantarkan ke meja kita. Nah, untuk menikmati makan siang di Rumah Makan Fauzan ini kita harus siap merogoh kocek minimal Rp. 50.000,00 yang pastinya sebanding dengan kelezatan makanan yang dihidangkan.


Mie Bancir Agus Sasirangan

Nama Mie Bancir mungkin masih terdengar asing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Mie ini merupakan salah satu sajian khas Banjarmasin yang berupa mie kuning/mie merah dengan sedikit kuah sop ala Banjar dan diberi toping telur di atasnya. Disebut Mie Bancir karena kuah dari Mie ini tidak sebanyak sop biasanya.

Mie Bancir sendiri sekarang semakin populer sejak Agus Sasirangan yang merupakan runner up Master Chef Season 1 membuka warung Mie Bancir olahannya di Jl. Hasan Basri tahun 2014 yang lalu. Dengan kepopulerannya sebagai finalis Master Chef, pastinya sangat menarik perhatian pengunjung. Nah, untuk saat ini Agus sudah membuka beberapa cabang dari Mie Bancirnya ini termasuk di Duta Mal Banjarmasin.

Untuk varian menunya sendiri ada beberapa macam di antaramya Mie Bancir Original, Mie Bancir Ayam Bapukah, Mie Bancir Sosis, Mie Bancir Padas dan Mie Bancir Ceker Ayam. Satu porsi Mie Bancir ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 23.000,00.



Nah, bagi teman-teman yang berencana ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat ini ya. Pesan tiketnya bisa melalui pegi-pegi yang menyediakan jasa pembelian tiket pesawat murah, kereta api hingga pemesanan hotel. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan aplikasi Pegipegi ini, antara lain
  • Sistem pembayaran yang mudah, bisa lewat transfer, kartu kredit, pembayaran di swalayan, internet banking hingga cicilan
  • Banyak diskon dan promo. Wah kalau sudah bicara diskon dan promo, siapapun pastinya bakalan tertarik dong, ya
  • Adanya sistem pengumpulan poin yang disebut PepePoin yang bisa digunakan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya
  • Jaminan harga terbaik. Nah, Pegipegi juga menjamin kita akan mendapatkan harga terbaik saat melakukan perjalanan



Untuk pemesanan hotel sendiri, menawarkan banyak pilihan hotel yang bisa dipesan secara online. Tak hanya itu, Pegipegi juga bekerja sama dengan berbagai grup hotel terkemuka. Mulai dari Amaris Hotel, POP! Hotel, HARRIS Hotel, Swiss-Belhotel, Whiz Hotel, Red Planet Hotel, favehotel, Aston Hotel, Santika Hotel, Jayakarta Hotel, Sahid Hotel, Horison Hotel, Kagum Hotel, Best Western Hotel, Grand Tjokro Hotel, Airy, ZEN Rooms, RedDoorz Hotel, dan banyak lagi lainnya.

Nah, tunggu apalagi, nih. Yuk berkunjung ke Banjarmasin dan pesan tiket lewat Pegipegi. Apa? Harga tiket pesawat domestik mahal? Yah, mari kita semua berdoa semoga ada kebijakan baru sehingga harga tiket pesawat bisa kembali murah. Kalau mahal terus kan nanti malah banyak yang nggak bisa travelling dan akhirnya sektor wisata kita jadi sepi. Heu..