Tanggal 17 Desember 2018 lalu,  saya menghadiri acara ASUS Blogger Gathering yang diadakan di Hotel Grand Zuri Jogja. Di acara tersebut,  Asus memperkenalkan 2 produk Smartphone gaming terbarunya,  salah satunya adalah ASUS ZenFone Max M2.

Penampakan Asus ZenFone Max M2
(sumber : channel.asus. com)
Meskipun saya bukan gamer sejati, informasi ini sangat penting karena kebetulan saya tengah mencari smart phone gaming untuk kado ulang tahun pak suami. Belakangan ini beliau sering mengeluh hpnya sering error, panas,  dan lemot saat digunakan untuk ngegame. Maklum,  HP udah uzur masih dipaksa kerja keras juga 🙆

Suami memang suka ngegame,  hobi yang sudah lama ditekuni bahkan sebelum kami menjadi pasutri. Dan sejauh ini hobinya itu tidak mengganggu,  karena beliau masih ingat waktu. Jadi semacam media refreshing saja,  biar tidak jenuh dengan rutinitas harian dan jadwal kerja.

Oleh karena itu bagi saya bisa mengikuti acara Asus Blogger Gathering ini merupakan sebuah keberuntungan. Karena di sini saya akan memperoleh informasi langsung dari sumbernya. Yap, salah satu previllage menjadi narablog. Memperoleh kesempatan mendapatkan informasi dari narasumber yang bisa dipertanggungjawabkan lewat mata kepala sendiri. No hoax dan no tipu-tipu .. !!!

Saya bersama teman-teman blogger yang hadir
Di acara Asus Blogger Gathering (doc. Manda)

Tentang Asus ZenFone Max M2
Acara Blogger Gathering bersama ASUS ini dihadiri sekitar 30 blogger Jogja.  Rata-rata mereka adalah blogger tekno,  meskipun  ada juga beberapa blogger gado-gado life style seperti saya. Setelah beramah-tamah dan menikmati coffee break, acarapun segera dimulai.

Dalam acara tersebut, Frandy Aprianto selaku Smartphone Product Marketing ASUS Indonesia mengungkapkan, ASUS memiliki strategi untuk fokus di industri mobile gaming. Karena saat ini industri gaming memang cukup menarik. Bahkan berdasar riset yang dilakukan oleh ASUS, diperoleh data yang cukup unik,  yakni :

  • 4 dari 10 aplikasi tidak berbayar terpopuler adalah aplikasi games.
  • Dari 10 aplikasi berbayar,  7 terpopuler semuanya berkaitan dengan games. 
  • Dari 10 besar aplikasi pemberi revenue ke developer, 9 aplikasi adalah aplikasi games. 
  • Dan sebagian besar gamer terutama di Indonesia menggunakan smart phone untuk ngegame. 

Nah, data-data yang diperoleh tersebut digunakan ASUS untuk menentukan strategi bisnisnya.

Saya sendiri bukan pecandu game.  Saya ngegame hanya kadang-kadang. Itu juga paling game sederhana semacam tetris saja. Sebagai pembunuh waktu ketika harus menunggu.

Namun berhubung saya ingin memberi kado gawai baru untuk suami sayapun jadi kepo maksimal dengan smartphone keluaran ASUS ini. Yang konon kabarnya gahar dan tangguh, dambaan para penikmat games. Dan di acara ini kami dikasih bocoran lengkapnya. Mulai dari spesifikasi fisik,  sampai keunggulan-keunggulan lain yang dimilikinya.

Dari penjelasan yang diberikan,  pilihan saya mengerucut ke ASUS ZenFone Max M2. Karena disamping sesuai dengan anggaran dana,  smartphone ini memenuhi semua kriteria yang saya cari. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya...

"ASUS ZenFone Max M2, Smartphone Pertama dengan Snapdragon 632 dan Baterai Besar 4.000 mAh. Tampil lebih powerful dan premium, serta tetap hadir dengan harga terjangkau"

Demikian kalimat pembuka dalam release yang disampaikan pihak ASUS kepada kami yang hadir di acara ASUS Blogger Gathering. Bagaimana ZenFone Max M2 bisa diklaim seperti itu?  Berikut faktanya...

1. Tampilan Premium 
ZenFone Max M2 merupakan generasi penerus ZenFone Max M1. Smart phone ini  hadir dengan desain bodi baru yang lebih ramping dan ringkas, dengan premium metal finish dan tiga pilihan warna yang menarik yaitu Midnight Black, Space Blue dan Meteor Silver. Selain itu gawai ini juga mengusung layar yang lebih lebar,  yakni 6,3 inci.

2. Performa yang Maksimal
Di dalam ZenFone Max M2 terdapat SoC terkini Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful yang dibangun dengan arsitektur ARM 14nm dan ditemani oleh RAM hingga 4GB.

Penggunaan SoC terbaru tersebut membuat ZenFone Max M2 tampil dengan performa CPU 40% lebih tinggi dan performa grafis 10% lebih baik dari perangkat yang menggunakan Snapdragon 626.

ZenFone Max M2 juga sangat efisien dalam hal konsumsi daya sehingga bisa menemani penggunanya seharian dan dapat menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar.

3. Kapasitas Baterai yang Besar
ZenFone Max M2 kali ini menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas besar yakni 4.000 mAh. Baterai yang diproduksi secara khusus tersebut mampu membuat ZenFone Max M2 memiliki waktu standby di jaringan 4G selama 33 hari. Selain itu, smartphone ini juga bisa menemani penggunanya menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop. Dan performa baterai merupakan salah satu fokus utama di seri ZenFone Max.

4. Tampilan layar yang maksimal
ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama di seri ZenFone Max yang menggunakan layar 6,3 inci all-screen 19:9 HD+ (1520 x 720). Layar tersebut hadir dengan screen-to-body ratio hingga 88% sehingga dapat memperkaya pengalaman penggunaan. Baik untuk berselancar di internet, menonton video ataupun bermain game, layar ZenFone Max M2 sudah bisa mengakomodasi semuanya.

Sumber : ig @asusid
Layar pada ZenFone Max M2 juga membuat smartphone ini tetap ramping dengan ketebalan hanya 7,7mm, lebih tipis dari pendahlunya yang memiliki ketebalan bodi hingga 8,7mm.

5. Hasil Gambar yang Keren
Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar dengan detail di situasi apapun. Kamera tersebut sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto.

Agar hasil pengambilan gambar tetap stabil dan tidak blur, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS).

Sumber : ig @asus.id
Kamera kedua di ZenFone Max M2 merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh di foto potrait. Kamera ini mampu menghasilkan efek blur pada background yang sangat natural layaknya diambil menggunakan kamera profesional.

6. Sistem Audio yang Lebih Baik
ZenFone Max M2 hadir dengan lima magnet speaker dengan metal voice coil. Lima speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier agar menghasilkan suara yang jernih dan keras,  sehingga pengalaman multimedia dari user semakin maksimal.

Sistem audio yang telah ditingkatkan ini membuat Zenfone max M2 menyandang gelar sebagai  pusat multimedia mobile terbaik di kelasnya.

Sehingga tidak berlebihan jika Jimmy Lin, Regional Director South East Asia Asus, menyatakan : 
"ZenFone Max M2 ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Smartphone ini masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar."

7. Harga Terjangkau
Dengan kualitas yang dimiliki tersebut,  Asus ZenFone Max M2 yang hadir dalam dua konfigurasi memori yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.  Yakni Rp. 2.299.000,- untuk Asus Zenfone Max M2 3/32, sedangkan Asus Zenfone Max M2 4/64 ditawarkan dengan harga Rp. 2.699.000,-

Adapun spesifikasi rinci dari gawai ini adalah sebagai berikut :



Nah,  dengan spesifikasi yang dimiliki tersebut saya mantap untuk memilih Asus ZenFone Max M2 sebagai gawai yang menemani aktivitas keseharian suami dalam bekerja,  termasuk aktivitas nge-game ria.  Bagaimana dengan teman-teman, apa smartphone gaming pilihan anda?  Sharing yuk...

Sumber :
1. Pers realese ASUS
2. Seluler.id : Edar di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Max (M2)