Yasinyasintha.com – Ada masa di mana tangan pegel dan mata berkolaborasi mencipta pegal semalaman begadang demi resize foto manual satu per satu. Bergelas – gelas kopi malah menuntun saya semakin ngantuk, tapi mengingat lagi tanggung jawab lantas saya cuci muka dengan harapan rasa kantuk hilang, dan proses resize ini bisa segera selesai, pekerjaan ini selesai dan rekening bisa segera terisi. Iya dong ujung-ujungnya duit haha. 

Begitulah saya dulu, usia 19-20 tahun sebagai anak kost.

Perkara resize ini jadi perkara penting saat Facebook makin menjamur saat ini, instagram belum se-hits sekarang. Selain untuk dicetak, para klien foto mau nya file yang diberikan lengkap dengan folder berisi foto resize. It’s not big deal kalau foto yang diresize hanya 10-20, tapi bayangkan sekali sessi foto seharian. Foto yang dihasilkan bisa 800-1000, sedih ga tuh bayangin berapa waktu yang dibutuhkan untuk resize nya saja.

Itu prewedding, kalau wedding lebih gila lagi. 3000 foto to go ! Mamam tah ithaaaa.. Hahhaa.

ngantuk akutu

Seni Resize Foto Otomatis

Suatu waktu saya menolak diajak nonton sama papi dengan alasan masih ada ratusan foto yang harus diresize, lalu dengan santainya papi meminta saya bersiap aja dulu untuk pergi. Dengan dumel – dumel manja karena punya deadline pada diri sendiri dan tau itu bakal gagal saya memutuskan untuk pergi, sambil cari angin segara biar ga mumet.

Selagi saya bersiap, saya intip papi asik mengotak ngatik Photoshop. Sedikit senang karena saya pikir doi lagi bantuin resize. Hahaha, ternyata dalam waktu kurang dari sejam 300 foto selesai di resize.

Apa banget lah, saya kaget kok bisa. ” Kan ada caranya kalau cuma resize doang, edit juga bisa sih asal editingnya seluruh foto. Tada selesai, hayu jalan – jalan “ katanya dengan santai. Sedikit menyesali kenapa doi ga ngomong dari kemarin cara itu, setelah 2 malam begadang resize manual 2300 foto.

” Kenapa ga nanya honey “ sergahnya. Sambil pake sepatu saya pura – pura kesel haha, padahal iya juga sih saya nya ga ngomong. Tapi dasar cewe, dia salah juga tetep cowonya yang minta maaf haha. I love you papi. 

Jadilah saya jalan – jalan dengan tenang bahagia dan merasa bebas. Di jalan ketawa-ketawa cerita tentang menghalalkan segala cara biar ga ketiduran pas resize. Lalu papi janji mengajari saya caranya. Sampe saat ini, dari sekian ribu kali buka Photoshop, inilah yang paling sering saya lakukan. Yap, resize ! Editing foto jarang sih ya soalnya fotonya udah bagus sih *songong.

Ada juga sih bagian yang sering saya pake juga. Ituloh filter Nik Software, next ya saya nulis tentang itu.

Resize Foto Banyak Sekaligus dengan Photoshop

Frekuensi resize foto semakin sering sekarang. Untuk media sosial ditambah untuk blog. Besarnya file yang dimilki sebuah foto terkadang mengharuskan kita mengecilkan ukurannya, apalagi untuk blog ya.

Satu file dari DSLR saya rata-rata memiliki dimensi 3456 x 5184 dan berukuran di atas 5 MB perlu resize tentunya. File foto dari mirrorless, lebih besar lagi sebenarnya, dengan dimensi 6000 x 4000. Biar masuk hape masih bisa terbaca dan diupload di sosial media. Ukuran resize yang saya pakai untuk sosial media, memakai sisi terpanjang 3456, sisi dimensi lainnya mengikuti. Biasanya di angka 2304, maka ukuran fotonya menjadi sekitar 400-500 KB, resize setengahnya ya berarti.

Sedangkan untuk blog, saya biasanya menggunakan ukuran sisi terpanjangnya 750 pixel. Sisi satunya mengikuti, tapi setiap blogger beda-beda ya semacam punya pakem ukuran sendiri, pun saya pernah menggunakan ukuran sisi terpanjang 1024 px dan hasilnya di blog memang lebih bagus kualitasnya masih mantep, tapi saya mengkhawatirkan mempengaruhi loading page, jadi saya kembali ke aliran 750px.

Intinya sih, resize berapa kali berapa gimana kita sendiri ya, saya mau ngasih tau caranya aja whehe.

Resize Foto Manual be Lyke

Photoshop – Drag Image dari eksplorer ke Photoshop – Klik Image – Lalu Image Size.

resize foto, tutorial resize foto, fotografi editing
Resize Foto Manual be lyke
resize foto, tutorial resize foto, fotografi editing
Resize untuk ukuran blogging, sisi terpanjang saya isi 750. Sisi satunya mengikuti.

Masukan ukuran foto, Save As lalu buat folder baru jika perlu, Save lalu Close foto. Ulangi sampe foto yang mau diresize selesai.
ps. Shortcut untuk image size bisa dengan tombol CTRL + ALT + I ( lebih cepat daripada klik image lalu image size )

Terbayang ga saya gini – gini manual dengan ribuan foto orang yang sama hihi. But hey, what doesn’t kill you make you stronger yes *apa sih.
Resize foto manual sudah pasti memakan banyak waktu. Jadi ini dia cara cepatnya :

Resize Foto Banyak Sekaligus Secara Otomatis

Buka Photoshop – Klik File – Klik Script – Pilih Image Processor 

resize foto, tutorial resize foto, fotografi editing
Resize foto otomatis

Pilih Folder – Klik Save in Same Folder – Klik Save as JPEG – Klik Resize to Fit 
( Untuk quality saya set 8, dan untuk ukuran silakan masukan ukuran yang kita mau. Untuk blog, saya gunakan 750 dan ditulis di kedua kotaknya )

Lalu klik Run.

Now you are free hahha ! Udah deh tuh selama pc/laptop kita ga mati dia akan memproses sendiri dan berhenti kalau sudah selesai.

Folder yang sudah diresize akan tersimpan di file yang sama dengan folder tersendiri. Enak ya jadinya. Selagi foto memproses dirinya sendiri kita bisa melakukan aktivitas lain, saya sih ditinggal tidur. Pas bangun udah kelar.

Ini bisa lebih memudahkan lagi kalau kita perlu edit dengan resep yang sama, let say semua foto kurang terang. Kita bisa gunakan action, dan voila ! Jadi juga dengan otomatis berkat image processor dari Photoshop, langkahnya hampir sama tapi ditambah dengan action.

Yap segitu dulu deh. Ini tutorial yang lebih banyak curhatnya ya. Gapapa ya, soalnya saya lagi pengen berkicau. Semoga teman – teman terbantu dengan blog saya dan postingan ini ya. Selamat me-resize foto otomatis !