Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit
pic source: vectorstock.com

Menyambung obrolan kemarin tentang manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit, sekarang saya lanjutkan dengan cara memilih sunscreen sesuai jenis kulit. Karena memilih sunscreen ini memang susah-susah gampang, apalagi buat pemilik kulit sensitif dan berjerawat seperti saya, kandungan SPF pada sunscreen kadang bisa membuat breakout alias jerawat tumbuh makin parah dan bikin kapok nggak mau pakai sunscreen lagi. Padahal, sunscreen memegang peran penting dalam menangkal efek negatif sinar matahari dan merawat kesehatan kulit.

Saat kulit terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, sel-sel melanocyte pada lapisan epidermis akan memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberikan warna hitam pada kulit. Produksi pigmen yang berlebih itu akhirnya menghasilkan flek hitam dan kadang timbul benjolan kecil dengan ukuran bervariasi yang bisa berkembang menjadi tumor jinak, bahkan kanker kulit. Hiiy..

Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Sinar ultraviolet juga mampu menembus lapisan kulit dan merusak sel-sel kolagen di dalamnya. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapannya dan menjadi kering serta kasar, kemudian timbul kerutan pada kulit. Kolagen yang rusak membutuhkan waktu berbulan-bulan sampai tahunan untuk bisa kembali ke kondisi semula. Dan sebelum kolagen sempat pulih, kulit kita sudah keburu mengalami penuaan dini. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyebutkan kalau 75-80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan efek dari sinar ultraviolet.


Beberapa orang beranggapan kalau flek hitam dan penuaan dini bisa diatasi dengan serangkaian skincare, itu sebabnya sekarang skincare whitening dan anti aging laris manis diserbu orang bak mamang cilok di pengkolan. Padahal mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati. Iya atau iya? 

Baca juga My Everyday Skincare Routine

Jadi apapun jenis dan masalah kulit kita, baiknya tetap berusaha memakai sunscreen setiap hari. Pilih yang kandungannya paling cocok dengan kondisi kulit kita. Lakukan ujicoba dulu, sekarang kan sudah banyak OS yang menjual sunscreen dalam kemasan share-in, menguntungkan sekali buat kita yang mau mencoba produk baru untuk tahu cocok atau tidaknya. Yang penting selalu pelajari dulu bahan aktif produk sebelum membeli. Kalau saya biasanya akan mencari info di forum Beauty Junkies sebelum membeli  produk kecantikan.

Baca juga 5 Situs Online Perempuan yang Wajib kamu Kunjungi


Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

1. Sunscreen Untuk Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Beberapa jenis sunscreen memang mengandung bahan yang lumayan berat diserap kulit. Pemilik wajah berminyak dan berjerawat sebaiknya memilih sunscreen yang water-based, bertekstur cair dan ringan, memiliki label non-comedogenic dan bersifat oil-free. Perhatikan juga zat aktif lainnya, usahakan memilih sunscreen yang mengandung zinc oxide, titanium dioxide, dan mineral. Hindari semua produk yang mengandung fragrances, dyes (pewarna), alcohol, dimethicone, oxybenzone, dan Para-Aminobenzoic Acid (PABA).

Semakin tinggi angka SPF biasanya akan membuat wajah makin berminyak, karena itu hindari sunscreen dengan kandungan SPF 50. SPF 15-30 sudah cukup tepat untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Wardah Sunscreen Gel SPF 30
Emina Sun Protection SPF 30 PA+++
Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++
Acnes UV Tint SPF 30 PA+++
Innisfree Eco Safety No Sebum Sunblock SPF 35 PA+++
The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream SPF 35 PA++

Sebagian produk sunscreen ini mudah ditemukan di minimarket, supermarket, dan drugstore. kalau mau parktis sih, cari di online shop kecantikan saja.

Baca juga Memilih Harga dan Kualitas Produk Terbaik di 5 Situs Online Ini


2.  Sunscreen Untuk Kulit Wajah Kering

Untuk yang berkulit kering, cari sunscreen yang cream-based dan memiliki fungsi melembabkan.  Kandungan pelembap yang bisa ditemukan di sunscreen jenis ini adalah  aloe extract, honey, glycerin, dan lanolin. Pemilik kulit kering bisa memiliki sunscreen dengan kandungan SPF yang lebih tinggi seperti SPF 50. 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit kering:

Innisfree Perfect UV Protection Cream SPF50 PA+++
COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50/PA+++
The Face Shop Natural Sun Eco No Shine Hydrating Sun Cream SPF 40 PA+++
Holika-Holika Dazzling Sunshine Moisture Sun Gel SPF50 PA+++

Produk-produk ini lebih mudah ditemukan di online shop ketimbang di drugstore. Tapi Innisfree, COSRX, dan The Face Shop juga sudah membuka gerai di beberapa kota besar di Indonesia. Kalau yang tinggal di Jogja, semua brand itu sudah tersedia di Toko Mutiara Kosmetik Jl. Dr. Soetomo.


3. Sunscreen Untuk Kulit Wajah Kombinasi

Pemilik kulit kombinasi biasanya dibuat pusing oleh produksi minyak dan jerawat disekitar T zone sekaligus kering dan kasar di area pipi, jadi butuh sunscreen yang bertekstur ringan, non-comedogenic, tapi juga mampu melembabkan, nah looh bingung :))

Rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi adalah:

Wardah Sunscreen Gel SPF 30
Emina Sun Protection SPF 30 PA+++
Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50
Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect
Acnes UV Tint SPF 30 PA+++
Innisfree Eco Safety No Sebum Sunblock SPF 35 PA+++

Sebagian produk ini juga sudah tersedia di minimarket  dan supermarket besar, sisanya mudah ditemukan di drugstore atau online shop. 


Untuk memilih angka SPF yang tepat sudah pernah saya bahas di Manfaat Sunscreen Untuk Kesehatan Kulit. Besar kecilnya angka SPF adalah penentu seberapa lama kita bisa berada di bawah sinar matahari dan kapan waktu terbaik untuk re-apply sunscreen. Yang jadi masalah, kadang kita kesulitan menemukan cara yang mudah untuk memoles ulang sunscreen tanpa merusak make-up. Nah, di artikel selanjutnya kita bakal ngobrol soal poles-poles ulang si sunscreen ini yaa.. Sekarang saya kumpulin tips dan trik-nya dulu :))