Jika ke Gunung Kidul, Puncak Kosakora bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang pas untuk liburan bersama orang-orang terkasih. Terlebih lagi di sini Temans juga bisa mendirikan tenda sambil menikmati suasana alam. Menariknya lagi, bukan suasana pegunungan dengan hawa sejuk yang bisa kita dapatkan di sini tapi panorama pantai yang mampu membuat suasana hati tenang.



Mumpung sedang di Gunung Kidul, Temans juga bisa mengeksplorasi beberapa area camping lain di sekitarnya. Tentu saja pemandangan yang ditawarkan adalah suasana pantai yang menyenangkan. Untuk memudahkan pilihan, berikut ini beberapa rekomendasi area camping di sekitar pantai di Gunung Kidul yang bisa dikunjungi. Yuk langsung simak aja ya ulasannya! 😎

1. Pantai Wohkudu


source pic: liburmulu.com
Pantai Wohkudu bisa dibilang surganya bagi pecinta ketenangan. Pasalnya lokasi wisata ini terbilang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini bukan karena panorama wisata pantai ini kurang menarik. Tapi mungkin karena untuk mencapainya butuh perjuangan. Jarak antara Pantai Wohkudu dengan Gunung Kidul sendiri kurang lebih sekitar 36,6 kilometer dengan estimasi perjalanan selama 1 jam berkendara.

Dari arah Kecamatan Panggang, Temans akan menemui jalan berliku dan medan yang cukup berat. Bahkan hanya ada pohon di sisi kanan maupun kiri. Semakin lama, jalan akan menyempit sehingga membuatmu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Sepanjang perjalanan, kita akan melewati jalan setapak dan melewati ladang pertanian warga. Bahkan ada pula semak belukar yang akan menghadang. Meski medan yang kita lalui terbilang sulit, tapi semua itu akan terbayar lunas saat sudah sampai di area pantai. Terlebih lagi kita juga bisa camping dan hunting foto di daerah tersebut.

Bayangkan saja, di sini Temans bisa melihat perpaduan keindahan laut, pasir putih serta tebing-tebing menjulang tinggi. Jadi ingin cepat-cepat liburan ke wisata pantai yang indah di Jogja ini kan ya?

Alamat: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Gratis, tapi sediakan budget untuk parkir kendaraan senilai Rp 3.000,- (motor) dan Rp 5.000,- (mobil)

2. Pantai Greweng


source pic: sportourism.id
Camping di Pantai Greweng bisa dibilang adalah pilihan yang tepat. Selain masih cukup sepi pengunjung, kawasan ini juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan yang benar-benar memanjakan mata. Begitu acara berkemah dilakukan, Temans pun bisa menyksikan kecantikan matahari terbit maupun tenggelam di pantai satu ini. Dijamin gak akan menyesal begitu menyaksikannya.

Camping identik dengan api unggun. Ingin membuat api unggun? Tentu saja bisa. Bahkan kita juga dapat membeli kayu bakar pada warga sekitar dengan harga sekitar Rp 10.000,-. Jarak Pantai Greweng dari Kabupaten Gunung Kidul sendiri adalah sekitar 31,8 kilometer dengan lama perjalanan kurang lebih selama 56 menit berkendara. Sayangnya area parkir untuk kendaraan di sini belum ada. Tapi kita bisa memarkir kendaraan pribadi kita di lokasi yang disediakan di Pantai Wediombo.

Dari area parkir, Temans masih perlu jalan kaki untuk mencapai lokasi pantai dengan melewati medan setapak dan ladang para penduduk. Estimasi perjalanan kurang lebih selama 1 jam. Meski kita  memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai wisata satu ini, tapi pasti gak akan ada kata menyesal begitu menyaksikan panorama pantai serta pemandangan di sekitarnya yang menakjubkan.

Alamat: Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk:Rp 5.000,- 

3. Pantai Ngrumput


sumber: eksotisjogja.com
Pantai Ngrumput bukan area wisata yang dipenuhi dengan hamparan rerumputan. Tapi di sini Temans justru akan menyaksikan hamparan pasir putih, barisan tebing tinggi, lorong gua hingga karang bolong. Tentu saja hal yang dapat kita lakukan di wisata pantai Gunung Kidul ini adalah mendirikan tenda. Hmm, bisa dibayangkan betapa asyiknya kan camping sambil disuguhi pemandangan alam selain gunung?

Baca juga: Ingin ke Magelang, Menikmati 5 Destinasi Berikut!

Tepat di lokasi pantai juga ada beberapa penjual makanan dan minuman. Toilet dan ruang ganti baju pun ada, sehingga Temans gak perlu khawatir kalau memang berniat untuk basah-basahan di sini. Letaknya pun bersebelahan dengan Pantai Drini, sehingga akan memudahkan kita dalam pencarian lokasi. Jarak kedua destinasi liburan ini sendiri pun hanya sekitar 800 meter saja. Dari area parkir Pantai Drini, Temans bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Kita pun bisa melewati tepi pesisir dengan estimasi waktu kurang lebih 15-20 menitan. Alternatif lain yang bisa kita gunakan adalah melalui kawasan perbukitan yang sedikit memutar dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Saat berkunjung ke wisata pantai satu ini, lebih baik gunakan sepatu atau alas kaki yang nggak licin. Hal ini mengingat medan yang akan Temans lalui adalah area berbatu dan jika hujan sangat berisiko.

Alamat: Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000,- 

4. Puncak Kosakora


sumber: ngetripyuk.id
Namanya memang puncak. Tapi bukan berarti lokasinya berada di area pegunungan. Sebab Puncak Kosakora sendiri terletak di dekat Pantai Drini dan bersebelahan dengan Pantai Ngrumput. Di sini, tentu Temans bisa mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan deretan pantai dari atas bukit. Hamparan padang rumput juga bisa kita saksikan dari atas puncaknya. Menariknya lagi, ada penduduk di sekitar yang menyewakan peralatan untuk berkemah hingga charger handphone. Tentu saja hal ini akan semakin memudahkan para pengunjung.

Untuk bisa sampai di lokasi puncak ini, rute yang bisa menuju ke Pantai Drini. Jaraknya dari Kabupaten Gunung Kidul pun sekitar 24,7 kilometer. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur melalui Pantai Ngrumput. Nggak lama setelahnya, Temans pun akan tiba di Puncak Kosakora.

Meski medan terbilang cukup sulit karena harus trekking dengan keadaan jalan menanjak dan sempit, tapi kamu nggak akan menyesal begitu tiba di wisata bukit satu ini.

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 2.000,-

5. Pantai Sedahan


source: jejakpiknik.com
Wisata pantai di Gunung Kidul satu ini bisa dibilang cocok untuk tempat camping dengan suasana masih alami. Garis pantainya pun cukup panjang sehingga cocok untuk arena bermain. Menariknya lagi, ada jalan setapak untuk menaiki tebing dan menyaksikan keindahan pemandangan indah di pantai sembari menunggu matahari terbenam.

Deburan ombak pantai selatan yang khas bisa kita temukan di sini. Hamparan pasir putih nan halus pun ada di salah satu destinasi camping favorit di Jogja ini. Jika ingin berenang, kita memang bisa berenang di area pantai ini. Tapi kewaspadaan tetap perlu dijaga mengingat lokasi ini termasuk memiliki ombak yang kuat, khas pantai selatan.

Dari Kabupaten Gunung Kidul, wisata pantai satu ini jaraknya sekitar 31,8 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan selama kurang lebih 56 menit berkendara menuju selatan. Untuk Temans yang membawa kendaraan pribadi, Temans bisa meletakkannya di area parkir untuk tiga pantai sekaligus, yakni:
  • Pantai Greweng
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Sedahan
Begitu sampai di parkiran, kita pun masih perlu berjalan kaki menuju lokasi Pantai Sedahan. Hamparan sawah, pegunungan, pepohonan hijau hingga aktivitas petani dapat kita saksikan selama perjalanan. Meski terbilang cukup melelahkan karena harus jalan kaki, tapi dijamin Temans gak akan menyesal begitu tiba di lokasi tujuan.

Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 5.000,-

Ternyata selain Puncak Kosakora masih ada beberapa area camping asyik di kawasan Gunung Kidul, Jogja lho. Apalagi bagi Temans yang berjiwa petualang. Panorama pantainya juga gak kalah cantik lho, Temans. Bahkan tiket masuknya juga terjangkau dan ada pula yang gratis. 

Jadi, sudah tentukan akan mendirikan tenda dimana nih saat liburan nanti? Selamat menanti weekend yaah.

Sumber: Qupas