Hai Gaes. Awal tahun masih saja sendiri? Masih betah nyandang predikat jomblo? Jatuh cinta tapi gagal terus? Nyesek rasanya satu-satu teman berguguran dari predikat jomblonya.

Yuk, jangan tenggelam dalam kegalauan. Mending lakukan beberapa hal berikut. Kata siapa jomblo gak berhak bahagia. Bahagia itu milik siapa saja. 

1. Olahraga



Olahraga bisa bikin kamu bahagia, Gaes. Ini bukan mitos. Diilansir dari hellosehat.com ketika kamu berolahraga, akan terjadi peningkatan hormon endorfin. Hormon ini berfungsi sebagai neurotransmitter (pembawa sinyal-sinyal pada sistem saraf manusia), hormon ini menyerupai morfin sehingga endorfin memiliki kemampuan mengurangi rasa sakit. 

Selain hormon endorfin, olahraga juga mampu meningkatkan hormon dopamin dan seretonin. Dopamin sering disebut hormon kebahagiaan. Seretonin berfungsi mengatur emosi, daya ingat dan menurunkan kadar stres pada tubuh. Cobalah mulai sekarang luangkan waktu untuk berolahraga.

2. Travelling



Mumpung masih single. Kamu bebas melakukan travelling kemana kamu suka. Selain irit biaya karena masih sendiri. Kamu gak mesti ribet dengan urusan ini itu. Gak kebayangkan, travelling mesti bawa bayi mungil dengan segala perintilannya. Jadi, nikmati masa-masa sendirimu, Gaes. 


3. Wisata Kuliner



Makanan bisa bikin hati jomblo lebih bahagia loh, Gaes. Jika mood berantakan akibat kelamaan menjomblo. Cobalah melakukan wisata kuliner. Pilih makanan yang bisa mendongkrak mood. Seperti cokelat, telur, kacang-kacangan, kelapa, ikan, oatmeal, daging merah.
 
4. Nongkrong Bersama Teman dan Keluarga



Jomblo pastinya banyak waktu luang untuk melakukan kebersamaan dengan teman dan keluarga. Setelah menikah dan berkeluarga, mau nongkrong sama teman pasti mikirnya seribu kali. Masa iya, nongkrong saat hamil atau bawa bayi mungil. Gak kan? Udah gitu mesti izin pasangan dulu. Iya kalau diizinkan. Kalau enggak? Jangan gigit jari. Gigit aja cokelat, Gaes. 

5. Melanjutkan Study



Bagi yang masih semangat melanjutkan study, baiknya pilihan melanjutkan study di saat masih jomblo menjadi pilihan yang tepat. Jomblo itu masalahnya cuma gak punya pasangan doang. Sedangkan masalah orang yang sudah berkeluarga lebih kompleks dan rumit. Dijamin pikiran bisa lebih fokus ambil study lagi saat masih jomblo dibandingkan dengan nanti ketika sudah punya pasangan apalagi punya anak. Mau ninggalin anak, mikir. Lagi bikin tesis, gak fokus karena anak rewel atau sakit, misalnya. Pikiran udah nyabang kemana-mana, bikin susah konsentrasi. 

6. Lakukan Hobby



Hobby bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Siapa tahu karena hobby, rezeki ngalir dari sebuah hobby. Misal hobby memasak. Selain menyenangkan bisa menghasilkan uang dari memasak. Masih banyak hal lain yang bisa dijadikan hobby agar hidupmu tidak monoton dan lebih bergairah.

Bagaimana, yuk lakukan salah satu atau semuanya agar hidupmu menjadi lebih bahagia. (*)