Konsistensi dalam penggunaan skin care berperan penting untuk menentukan kondisi kulit seseorang. Jika masih pemula, 1-2 produk saja sudah dirasa cukup untuk menutrisi kulit. Namun sebenarnya, penggunaan skin care dapat dilakukan berlapis-lapis hingga 10 produk atau lebih, lho. Penggunaan skin care hingga berlapis-lapis pertama kali diperkenalkan oleh Korea Selatan. Bagi para Skin Care Junkie, penggunaan skin care dalam tumpukan layer adalah hal yang menyenangkan karena merasa kulit semakin aman dan terlindungi. Walaupun demikian, dalam beberapa kasus terdapat skin care yang tidak bekerja sama sekali di kulit padahal harganya cukup membuat dompet menangis. Banyak faktor yang mendasarinya, seperti produk yang tidak cocok, cara penggunaan yang salah, serta produk tidak terserap dengan baik.
Kamu harus paham betul faktor apa yang membuat skin care mu tidak bekerja. Jika alasannya karena produk tidak terserap dengan baik, kamu perlu menggunakan bantuan alat untuk memaksimalkan kinerja skin care. Berikut adalah alat-alat yang dapat memaksimalkan hasil skin care

1. Foreo Luna
Produk ini sedang naik daun di kalangan para Beauty Enthusiast dan mendapat sambutan yang luar biasa dari penggunanya. Foreo Luna adalah alat yang berfungsi untuk membantu memaksimalkan kerja facial wash saat melakukan tahap double cleansing. Tidak tanggung-tanggung, produk ini memiliki claim 99.5% mengangkat sisa kotoran, debu, dan residu makeup. Cara pakainya cukup gunakan malam hari saat cuci muka, tekan tombol untuk menyalakan alatnya. Alat ini dilapisi silikon sehingga tahan dari jamur atau bakteri walau selalu terpapar air. Produk ini juga tahan air, lho, tidak perlu takut korsleting saat terkena air. Foreo Luna bekerja maksimal satu menit dengan getaran yang sudah disesuaikan per bagian wajah. Hanya dalam 1 menit, wajah akan terasa lembut, super bersih, dan tentunya siap menyambut rangkaian skin care selanjutnya. Daya tenaganya cukup awet, kamu hanya perlu men-charge selama sekitar 5 bulan sekali. Kamu dapat menemui Foreo Luna di Sephora, baik online ataupun offline. Harganya memang jauh dari kata murah, namun memiliki garansi hingga 10 tahun yang artinya kualitas sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

                                 
                                                 Sumber: https://www.foreo.com/luna-2

2. Clarisonic Mia 2
Clarisonic Mia 2 (selanjutnya disebut Mia 2) merupakan alat yang fungsinya sama seperti Foreo Luna. Bedanya, Mia 2 berbentuk seperti gagang sehingga lebih mudah digunakan. Bukan silikon, produk ini menggunakan brush halus untuk membantu kinerja facial wash. Memang, claim dari Mia 2 sedikit lebih rendah dibanding Foreo Luna untuk soal membersihkan, yakni 96%. Namun memiliki claim 6x lebih bersih dibanding hanya dengan penggunaan tangan. Oke banget, kan? Karena brush memiliki potensi dihinggapi bakteri yang lebih besar dibanding silikon, brush nya perlu diganti sekitar 3 bulan sekali. Cara kerjanya mirip dengan Foreo Luna yang bergetar sekitar 1 menit untuk seluruh bagian wajah, seperti 20 detik di bagian hidung, 10 detik di bagian pipi kanan, 10 detik di bagian pipi kiri, dan 20 detik di bagian dahi. Mia 2 perlu di charge sekitar seminggu sekali tergantung pemakaian. Harganya memang tidak semahal Foreo Luna, namun beberapa orang tetap perlu menabung ekstra untuk membelinya. Tenang, itu semua akan worth it ketimbang kamu membeli skin care mahal namun tidak ada hasilnya karena wajahmu masih tertimbun residu dan kotoran.                                
                                 
          Sumber: https://www.clarisonic.com/face-brushes/mia-2-facial-cleansing-brush/CL367.html

3. Jade Roller
Jade Roller bukanlah barang baru dalam dunia kecantikan, namun eksistensinya sedang naik sekarang ini dan banyak diproduksi oleh berbagai brand. Jade Roller adalah Roller dari batuan khusus untuk dipijatkan pada wajah saat penggunaan skin care, umumnya serum atau toner. Tujuannya, agar skin care bekerja maksimal saat sirkulasi darah dalam keadaan terbaik. Jade Roller sudah sejak abad ke-17 digunakan di China untuk melancarkan peredaran darah pada wajah. Banyak claim yang mengatakan bahwa produk ini dapat mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, dsb. Namun, sebaiknya tidak perlu berharap bahwa hanya dengan menempelkan batuan di wajah dapat menghilangkan jerawat karena nyatanya produk ini memiliki fungsi utama untuk melancarkan peredaran darah selagi skin care digunakan. Harganya jauh lebih affordable dibanding kedua produk sebelumnya.  

                               
                              Sumber: https://www.glamour.com/story/what-do-jade-rollers-do

4. Comedo Vacuum Remover
Produk yang satu ini juga tidak kalah populer, lho. Comedo Vacuum Remover ini (selanjutnya disebut Remover) hadir sebagai ‘win win solution‘ bagi kamu yang memiliki masalah komedo namun tidak sempat melakukan perawatan di klinik kecantikan. Selain dapat menggantikan peran klinik kecantikan, harganya juga sangat terjangkau. Cara pakai umumnya adalah di sekitar hidung dan pori-pori. Berdasarkan review pengguna, Remover ini ampuh untuk mengangkat komedo yang membandel. Jika komedo sudah ditaklukan, skin care akan terserap dengan mudah, bukan?
                           
Sumber: https://www.walmart.com/ip/Fitnate-Electric-Blackhead-Remover-Comedo-Acne-Extractor-w-4-Vacuum-Suction-Heads-for-Face-Body-Women-Men/209534665

Penggunaan skin care merupakan investasi untuk kulit wajah. Namun tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada alat-alat pendukungnya. Meskipun beberapa memang menguras kantong, namun jika awet digunakan hingga berpuluh tahun atau bahkan seumur hidup tentu tidak akan rugi. Apakah kamu tertarik mencobanya?