Tahukah anda bahwa kesehatan usus tak hanya berpengaruh pada tubuh, tetapi juga berpengaruh pada usus? Di dalam usus terdapat banyak bakteri, keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam usus langsung mempengaruhi kulit. Kurangnya bakteri baik akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Jerawat dan sebagian masalah kulit lainnya amat terkait dengan peradangan dalam tubuh.
Bakteri baik yang berada di dalam usus itu bernama probiotik. Probiotik memang ada secara natural di dalam tubuh. Tapi dengan konsumsi makanan atau diet yang buruk, tubuh kita juga dapat kekurangan probiotik yang akan mengakibatkan usus dan kulit kita mengalami peradangan atau yang biasa dikenal sebagai inflamasi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut!
1. Hubungan usus dengan kulit
Usus merupakan tempat untuk berbagai spesies bakteri yang berguna untuk mempertahankan simbiosis dengan habitat manusia. Dalam tinjauan ini, kami menggambarkan kemajuan yang lebih murni dalam pemahaman tentang bagaimana mikrobiota usus berkomunikasi dengan kulit sebagai salah satu regulator utama gut-skin axis. Kami mencoba untuk mengeksplorasi tentang Microbiome dalam usus yang berperan sebagai kunci utama kesehatan kulit yang berhubungan dengan usus.
Usus dan kulit, organ yang sangat tervaskularisasi dan kaya akan inervasi dengan peran penting kekebalan dan neuroendokrin, secara unik terkait dalam tujuan dan fungsi. Sebagai antarmuka utama kami dengan lingkungan eksternal, kedua organ sangat penting untuk pemeliharaan homeostasis fisiologis. Bukti kumulatif telah menunjukkan hubungan dua arah yang intim antara usus dan kulit, dan banyak penelitian menghubungkan kesehatan gastrointestinal (GI) dengan homeostasis kulit dan allostasis. Gangguan GI sering disertai dengan manifestasi kulit dan sistem GI, terutama mikrobioma usus, tampaknya berpartisipasi dalam patofisiologi banyak gangguan inflamasi.
 
Ekologi Mikroba Usus
Mikrobioma usus kita adalah kumpulan bakteri, virus, jamur, dan protozoa yang mengkolonisasi sistem GI kita. Kumpulan mikroba ini melebihi jumlah sel inang 10 kali lipat dan mengandung materi genetik 150 kali lebih besar daripada kariotom induknya sendiri. Kemajuan terbaru dalam metagenomics dan munculnya teknologi penguraian DNA high-throughput telah meningkatkan pemahaman kita tentang microbiome dan pengaruh dinamis pada kesehatan manusia dan patologi.
Mikrobioma usus memberikan manfaat metabolisme dan kekebalan yang penting bagi tuan rumah. Flora gabus berkontribusi pada pemecahan polisakarida kompleks yang tidak dapat dicerna dan sangat penting untuk produksi komponen nutrisi tertentu seperti vitamin K. Pengaruh mikrobiome usus pada sistem imun sangat luas, dan hubungan yang rumit diatur untuk keduanya memungkinkan toleransi kekebalan dari diet dan antigen lingkungan dan memberikan perlindungan terhadap patogen potensial. Mikrobioma usus melindungi terhadap invasi oleh patogen eksogen secara langsung, dengan mengikat secara kompetitif ke sel epitel, dan secara tidak langsung, dengan memicu respons imunoprotektif.
Melalui mekanisme yang belum sepenuhnya dipahami, pengaruh microbiome usus jelas melampaui sistem GI. Satu organ jauh yang diketahui memiliki hubungan sangat kompleks dengan usus adalah kulit.
Peran Mikrobioma Usus pada Kulit Homeostasis
Kulit berperan sebagai pelindung, pengatur suhu, retensi air, dan banyak lagi - ketika dalam keadaan homeostasis. Sebagai organ yang mengalami pembaruan terus-menerus, pergantian epidermis yang efektif, proses di mana kulit beregenerasi sendiri, sangat penting untuk mempertahankan keadaan ini. Sel-sel epidermal berasal dari sel-sel induk di lapisan basal epidermis dan kemudian mengalami perubahan morfologis saat bermigrasi ke permukaan kulit. Sel-sel berdiferensiasi menjadi tiga tipe sel-sel basal, sel-sel spinosus, dan sel-sel granula - sebelum akhirnya menjadi corneocytes yang membentuk lapisan terluar dari epidermis, stratum korneum. Proses diferensiasi epidermal, juga disebut sebagai keratinisasi, berada di bawah kendali program transkripsi khusus. Sebagai contoh, ekspresi KRT5 / K5 dan KRT14, gen-gen yang menyandikan keratin 5 dan keratin 14, masing-masing, diturunkan sebagai sel yang bermigrasi bergerak keluar, sementara ekspresi gen yang mengkode KRT1 dan KRT10 diregulasi.
Pada akhirnya, proses yang sangat teratur ini menghasilkan stratum korneum yang terdiri dari sekitar 15 lapisan kornea yang berkeratinisasi keratinisasi, bertingkat, dan berinti yang disimpan bersama dengan beberapa bilayers lipid dalam model “bata dan mortir”. Corneocytes berfungsi sebagai batu bata, sementara ceramide, kolesterol, asam lemak, dan ester kolesterol membentuk adukan semen yang menyatukan batu bata. Ketika fungsi pergantian epidermal tepat, batu bata dan struktur mortar yang dihasilkan berfungsi sebagai penghalang kulit yang efektif dengan kemampuan untuk membatasi penguapan, menjaga kelembaban kulit, dan melindungi dari invasi oleh organisme asing dan zat. Melalui pengaruhnya pada jalur pensinyalan yang mengkoordinasikan proses ini penting untuk homeostasis kulit, mikrobioma usus berdampak pada kesehatan bersatu.
Meskipun belum sepenuhnya dieksplorasi, mekanisme di mana mikrobiota usus menggunakan pengaruhnya pada homeostasis kulit tampaknya terkait dengan efek modulasi dari usus komensal pada kekebalan sistemik. Dalam kasus gangguan usus yang terganggu, bakteri usus serta metabolit mikrobiota usus telah dilaporkan untuk mendapatkan akses ke aliran darah, menumpuk di kulit, dan mengganggu homeostasis kulit. DNA bakteri usus telah berhasil diisolasi dari plasma pasien psoriatik. Temuan ini menunjukkan bukti adanya hubungan langsung antara mikrobioma usus dan homeostasis kulit yang baru saja mulai dieksplorasi.
Mikrobiom usus tampaknya mempengaruhi microbiome kulit juga. SCFA yang dihasilkan dari fermentasi serat di usus - propionat, asetat, dan butirat - diyakini memainkan peran penting dalam menentukan dominasi profil mikrobiomik kulit tertentu yang kemudian mempengaruhi mekanisme pertahanan kekebalan kulit. Propionibacterium, misalnya, adalah genus yang mampu menghasilkan SCFA, terutama asam asetat dan propionat. Asam propionat dapat menunjukkan efek antimikroba yang mendalam terhadap USA300, komunitas Staphylococcus aureus resisten yang paling banyak didapatkan masyarakat S. epidermidis dan P. acnes adalah contoh komensal kulit yang dikenal untuk mentoleransi pergeseran SCFA yang lebih luas daripada flora lainnya. Secara keseluruhan, temuan ini memberikan bukti yang mendukung untuk mekanisme interaktif fungsional antara usus dan kulit.
Microbiota Usus dan Allostasis Kulit
Mikrobioma usus berkontribusi terhadap kulit allostasis, pemulihan homeostasis setelah gangguan atau stressor, melalui mikrobiota usus yang dimediasi efek pada kekebalan bawaan dan adaptif. Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri usus dapat berdampak positif terhadap fungsi respon penghalang kulit yang terganggu. Mikrobioma usus juga telah ditunjukkan untuk mendukung pemulihan homeostasis kulit setelah paparan radiasi ultraviolet (UV).
 
2. Usus yang sehat
Usus kita menyerap nutrisi yang mendukung fungsi tubuh kita - mulai dari produksi energi hingga keseimbangan hormon, kesehatan kulit hingga kesehatan mental, dan bahkan racun dan pembuangan limbah.
Faktanya, sekitar 70 persen dari sistem kekebalan ditempatkan di usus, jadi memastikan sistem pencernaan kita dalam kondisi prima merupakan kunci utama untuk mengatasi banyak kesengsaraan tubuh, berikut kondisi dan fakta usus secara umum :
Apakah kotoran keluar sesuai jadwal?
Kotoran normal biasanya terjadi dari tiga kali seminggu hingga tiga kali sehari. Biasanya dibutuhkan 24 hingga 72 jam agar makanan bergerak melalui saluran pencernaan. Jika jadwal tidak aktif, bisa jadi sembelit. Sembelit memiliki banyak penyebab, dari dehidrasi atau serat rendah hingga masalah tiroid. Pastikan minum cukup air dan sertakan berbagai buah dan sayuran.
Jika tidak buang kotoran secara teratur, Anda dapat menahan makanan yang Anda makan berhari-hari - bahkan beberapa minggu yang lalu. Sampah yang berkeliaran lebih lama dari itu seharusnya juga berarti membusuk di tubuh Anda lebih lama, berpotensi menimbulkan bau gas dan masalah kesehatan lainnya.
Makanan olahan adalah penjajah
Makanan olahan dapat menyebabkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan, tempat yang tepat di mana makanan diserap. Usus mungkin tidak mengenali apa yang kita makan sebagai makanan yang mudah dicerna dan sebagai gantinya menafsirkan kehadiran makanan seperti sirup jagung fruktosa tinggi atau bahan buatan sebagai ‘penyerang.’
‘penyerang’ terebut dapat memicu peradangan dalam usus yang dapat direspon oleh tubuh kita sebagai sebuah perlawanan atas itu. Memperbanyak memakan makanan utuh, seperti buah utuh, sayuran, dan daging yang belum diolah, dapat menurunkan stres yang terjadi di tubuh Anda.
Tidurlah di akhir pekan, untuk kesehatan usus
Jangan merasa bersalah karena melewatkan makan siang untuk mendapatkan waktu tambahan di bawah selimut, terutama jika Anda belum tidur selama minggu ini. Para peneliti memverifikasi apakah tidur dapat meningkatkan kesehatan usus, tetapi pasti ada hubungan antara tidur yang buruk dan lingkungan bakteri usus kita. Tidur yang cukup membantu menurunkan kadar kortisol dan memungkinkan waktu bagi usus untuk memperbaiki dirinya sendiri.
Lambat dan mantap memenangkan perlombaan
Meluangkan waktu untuk mengunyah makanan kita benar-benar membantu proses pencernaan. Ketika kita memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dengan gigi dan menstimulasi produksi air liur, kita juga memberi sinyal ke seluruh tubuh bahwa sudah waktunya bagi sistem pencernaan untuk mulai bekerja.
Tidak ada berita adalah berita baik
Jika Anda belum mendengar dari usus kita untuk sementara waktu dan belum pernah berurusan dengan rasa kembung, berarti kita baik-baik saja. Jika itu berbunyi, itu akan berterima kasih kepada kita karena menjaganya tetap terpelihara dan sehat, dan untuk menciptakan lingkungan yang bebas stres agar tubuh Anda berkembang!
3. Probiotik
Probiotik, sudah tidak asing lagi mendengarnya. Apalagi kata tersebut sering muncul di televisi khususnya di iklan produk susu untuk bayi. Menurut healthychildren.org, probiotics adalah bakteri baik yang banyak terkandung dalam ASI. Tetapi jika ASI telah di-stop, maka keberadaan probiotics juga akan ikut berkurang dan lama-lama hilang. Oleh karena itu banyak produsen susu anak yang berinovasi dengan menambahkannya ke dalam susu agar memiliki kebaikan yang sama seperti ASI. Probiotics juga bermacam-macam jenisnya. Yang umum diformulasikan untuk susu anak adalah dari jenis Bifidobacterium dan Lactobacillus.
Apa sebenarnya manfaat probiotics untuk kebaikan tumbuh kembang si bayi? Karena probiotics adalah bakteri, maka bakteri tersebut akan tinggal di organ tubuh bayi. Dan probiotics sendiri berdiam di area pencernaan bayi khususnya di usus dan lambung karena usus dan lambung adalah tempatnya makanan diproses dan dicerna. Disini probiotics akan berfungsi untuk menangkal bakteri tidak baik yang terdapat pada makanan yang masuk. Karena sifat melindungi inilah, sering juga bakteri probiotics disebut lactobacillus protectus.
Probiotics sudah diteliti mampu untuk menghindarkan bayi dari diare, sakit perut, infeksi saluran kencing bahkan juga alergi makanan tertentu. Probiotics mungkin masih perlu diteliti lebih jauh lagi. Seberapa lama probiotics bisa bertahan setelah bayi berhenti mengonsumsi susu ber-probiotics masih belum diketahui. Tapi sejauh ini probiotics terbukti baik untuk bayi.
Sedangkan berikut adalah manfaat bakteri probiotics untuk tubuh secara umum seperti dilansir dari magforwomen.com.
Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Bakteri ini berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cara paling mudah untuk mempertahankan atau bahkan menambah daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang diketahui kaya akan probiotik di dalamnya. Bila imunitas meningkat, otomatis serangan penyakit apapun serta rasa lelah akan dapat dihilangkan.
Mengurangi efek antibiotik
Ada 2 jenis mikroorganisme yaitu antibiotik dan probiotik. Dalam pengobatan, antibiotik efektif karena antibiotic mengeleminasi bakteri buruk yang mengakibatkan peradangan atau inflasi pada kulit dan usus, tapi antibiotik juga mengambil bakteri baik yang ada di dalam usus sehingga keseimbangan bakteri dalam usus terganggu. Antibiotik dan probiotik itu sendiri harus saling sama banyaknya, bila kita sedang mengkonsumsi antibiotik, kita harus juga konsumsi probiotik untuk menyeimbangkan banyaknya antibiotik yang ada di dalam tubuh kita.
Mencegah inflamasi yang menyebabkan eksim
Pada umumnya eksim yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa disebabkan oleh peradangan atau inflamasi yang terjadi pada dalam tubuh khususnya usus. Probiotik juga sangat bermanfaat untuk mengobati eksim pada anak-anak dan dapat menenangkan gejala eksim pada orang dewasa.
Meredakan masalah pencernaan
Banyak dari kita yang mengalami sembelit atau susah untuk buang air besar atau BAB. Iritasi usus dan pun juga dapat terjadi pada beberapa orang. Kabar baiknya adalah gangguan-gangguan pencernaan tersebut dapat diatasi dengan baik oleh probiotik.
Membersihkan saluran usus
Dengan segudang makanan dan minuman yang anda konsumsi, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada banyak kotoran yang mengalami pengendapan di dalam usus. Tidak jarang juga endapan kotoran tersebutlah yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Dengan probiotik, usus akan dibersihkan dari kotoran tersebut. Ketika di usus terdapat endapan kotoran, maka asam akan bermanfaat untuk membersihkam bakteri yang menyebabkan penyakit.
4.       Contoh makanan yang baik untuk kesehatan usus
 
Makanan sangat berpengaruh di dalam kesehatan usus dan kulit yang dapat menjadi masalah nomor satu untuk kesehatan tubuh anda, anda pasti pernah mendengar probiotik secara umum yang berarti bakteri bakteri yang usus anda butuhkan untuk berfungsi dengan baik dan kabarnya mempunyai kulit yang sehat sangat berkaitan dengan kesehatan usus anda dan makanan yang kaya akan probiotik dan suplemen-suplemen probitoik yang dibutuhkan kulit anda. (liah yoo, 2018)
Makanan-makanan yang mengandung probiotik umumnya adalah makanan yang difermentasi seperti greek yogurts, sauerkraut, kimchi, kombucha, maupun suplemen probiotik yang beredar di pasaran.
Selain probiotik, ada juga prebiotik yang berperan sebagai ‘makanan’ bagi bakteri-bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Banyak makanan yang dapat menjadi prebiotik untuk probiotik di dalam tubuh ands seperti artichoke, asparagus, bawang putih, bawang bombay, wortel, daging buah kelapa, biji flax, labu kuning, dan lainnya.
 
Selain suplemen probiotik yang dapat dikonsumsi, omega-3 juga berperan besar bagi kesehatan usus dan kulit.
Diluar dari probiotik dan prebiotic, disarankan juga untuk memakan kaldu tulang untuk kesehatan usus dan pencernaan. Pada dasarnya, gelatin dan tulang sangat membantu untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada usus yang rentan dengan cara memperkuatnya. Kaldu tulang membuat usus menjadi kuat dan dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan dengan maksimal.
Serat juga termasuk apa yang dibutuhkan untuk kesehatan usus dan pencernaan. Serat juga banyak terkandung di buah-buahan dan sayur-sayuran yang dimana baik untuk kesehatan usus dan tubuh secara umum. Selain terdapat di sayur dan buah, serat juga dapat didapatkan di psyllium husk.