sobat  pembaca bisa terapkan pola - pola berikut ini untuk sehari-hari.

Menurut sebuah studi global yang
​​​​​​diterbitkan European Heart Journal mengatakan Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah enam sampai delapan jam semalam. Tidur lebih dari jam-jam itu dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular,

Melihat data dari 21 negara, di tujuh wilayah, tim peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari batas atas delapan jam yang direkomendasikan meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular utama, seperti stroke atau gagal jantung, serta kematian hingga 41%. 

Tetapi alasan yang mungkin untuk hal ini adalah bahwa orang-orang memiliki kondisi yang mendasari yang menyebabkan mereka tidur lebih lama, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian.

Tim Penelitian yang dipimpin oleh Chuangshi Wang, seorang Ph.D. mahasiswa di McMaster dan Peking Union Medical College di Cina, juga mengidentifikasi peningkatan risiko di antara para nappers siang hari.

"Tidur siang dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular utama dan kematian pada mereka yang tidurnya lebih dari enam jam malam tetapi tidak pada mereka yang tidur [kurang dari] 6 jam semalam," kata Wang.

Pada mereka yang terbelakang, "tidur siang di siang hari tampaknya mengimbangi kurangnya tidur di malam hari dan untuk mengurangi risiko," Wang menjelaskan.

Penelitian sebelumnya dilakukan di Amerika Utara, Eropa dan Jepang. Studi baru ini membawa gambaran global. Tetapi temuan ini bersifat observasional, yang berarti penyebab dari asosiasi ini masih belum diketahui."Meskipun temuan itu sangat menarik mereka tidak membuktikan sebab dan akibat," kata Julie Ward, perawat jantung senior di British Heart Foundation, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Kurang tidur - di bawah enam jam - juga terbukti meningkatkan risiko ini sebesar 9%, dibandingkan dengan orang yang tidur selama enam hingga delapan jam yang direkomendasikan, tetapi temuan ini tidak dianggap signifikan secara statistik oleh tim. Pada 2014, 35,2% orang dewasa Amerika melaporkan tidak cukup tidur dengan kurang dari tujuh jam per malam, menurut CDC.

Penelitian tersebut menanyakan 116.632 orang dewasa antara usia 35 dan 70 dari 21 negara tentang kebiasaan tidur mereka. Peserta kemudian ditindaklanjuti selama rata-rata 7,8 tahun. Tim menemukan bahwa untuk setiap 1.000 orang yang tidur dianjurkan enam hingga delapan jam per malam, 7.8 menderita penyakit kardiovaskular atau meninggal setiap tahun. Ini naik menjadi 9,4 pada orang yang tidur enam jam atau kurang setiap malam. Francesco Cappuccio, profesor kedokteran kardiovaskular dan epidemiologi di Universitas Warwick, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, telah melakukan beberapa penelitian untuk tidur dan efeknya pada kesehatan kita. Dia mengatakan bahwa kurang tidur "pasti terkait dengan peningkatan risiko kematian."

"Jika Anda kurang tidur untuk waktu yang lama Anda lebih rentan terhadap penyakit kronis," kata Cappuccio.

Namun, temuan untuk mereka yang underslept tidak ditemukan menjadi signifikan secara statistik, dan risiko terbesar justru terlihat di antara mereka yang ketiduran.

Bagi mereka yang tidur delapan sampai sembilan jam, 8,4 per 1.000 orang dapat mengembangkan penyakit kardiovaskular atau meninggal setiap tahun. Hal Ini meningkat lebih jauh pada mereka yang tidur sembilan sampai 10 jam (10,4 per 1.000) dan lagi di antara mereka yang tidur lebih dari 10 jam (14,8 per 1.000).

Ini setara dengan peningkatan risiko sebesar 5%, 17% dan 41%, masing-masing, dibandingkan dengan orang-orang yang tidur jumlah yang disarankan jam. Tetapi menurut Wang yang menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur bisa menjadi penanda penyebab lain penyakit kardiovaskular dan kematian.