Review Minyak Goreng Sehat Oryza Grace Rice Bran Oil


manfaat minyak bekatul
Minyak bekatul Oryza Grace
Di penghujung 2018, saya mengulas kembali target setahun belakangan. Di awal 2018, keluarga kami mengusung tema hidup sehat, baik sehat fisik maupun psikis. Alhamdulillah ada sebagian program yang dijalankan seperti lebih rutin berolahraga, tetapi untuk mengolah makanan sehat masih menjadi tantangan.

Saya mudah tergoda oleh gorengan. Makanan yang digoreng rasanya kriuk, gurih, dan nikmat. Well, niatnya lebih banyak mengukus atau merebus makanan, tapi … tapi …. Sebenarnya makanan yang digoreng juga enggak apa-apa dikonsumsi asal dalam batas wajar. Anjuran dari Kemenkes RI, 5-4-1 yaitu 5 sdm lemak/minyak goreng, 4 sdm gula, dan 1 sdt peres garam dalam sehari.


Minyak Bekatul Padi/ Minyak Dedak

Beralih ke gaya hidup sehat itu butuh proses. Salah satu ikhtiar kami menggunakan minyak goreng yang lebih sehat. Butuh effort juga nih mencari referensi minyak goreng untuk keluarga hingga saya menemukan rice bran oil.

Pernah mendengar khasiat bekatul padi? Kulit ari padi (rice bran) yang biasanya menjadi makanan ternak, rupanya mengandung serat tinggi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Lha, jangan kalah hidup sehat dibanding ternak sendiri. He he ….

Bekatul padi tersebut dapat diolah menjadi minyak goreng, lho. Mungkin masih terdengar asing tetapi di negara maju sudah banyak yang menggunakan rice bran oil alias minyak bekatul/ minyak dedak. Khasiatnya tak kalah, lho, dibandingkan olive oil yang terkenal lebih mahal.

oryza grace minyak kulit ari
Menumis, menggoreng, memanggang, ataupun salad dressing pakai rice bran oil

Minyak Goreng Sehat Oryza Grace Rice Bran Oil

Kini, saya menggunakan minyak goreng ekstrak bekatul padi Oryza Grace Rice Bran Oil untuk menggoreng dan menumis masakan. Ini lho yang membuat saya beralih ke minyak goreng sehat rice bran oil:

1. Rendah Lemak Jenuh

Rice bran oil sebagian besar mengandung monounsaturated fats (lemak tak jenuh tunggal) yang baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan HDL/ kolesterol baik dan polyunsaturated fats(lemak tak jenuh ganda) yang dapat menurunkan kadar LDL/kolesterol jahat (sumber)

American Heart Associaction (AHA) merekomendasikan asupan lemak yang seimbang berkisar diantara 37% lemak tak jenuh tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda, dan 37% Lemak jenuh. Kandungan Oryza Grace Rice Bran Oil mengandung 47% lemak tak jenuh tunggal, 33% lemak tak jenuh ganda, dan 20% lemak jenuh, mendekati rekomendasi AHA, ya.

minyak bekatul oryza grace
Oryza Grace 100% minyak kulit ari beras



2. Tinggi titik asap

Selama ini saya menggoreng ya pakai minyak goreng. Entah itu minyak bahannya dari apa, saya kurang mengerti. Duh, rupanya tiap cara menggoreng harus menggunakan minyak yang tepat. Kalau tidak, kandungan minyak berpotensi dapat meningkatkan kolesterol jahat/LDL dalam darah.

Penggunaan minyak yang tepat ini melihat titik asap masing-masing minyak. Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.

Saya pernah mendengar olive oil untuk menumis aja, jangan deep fryingsemacam menggoreng kentang. Saya pikir itu karena sayang minyaknya mahal, jangan kebanyakan dipakai. Ha ha …. Ternyata, karena titik asap virgin olive oil yang rendah (160°C). Bila digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi (ditandai dengan minyak terlihat berasap), ikatan rangkap pada semua kandungan lemak tak jenuh dalam minyak berubah menjadi lemak jenuh yang menimbulkan risiko peningkatan LDL dalam darah. Selain itu, dalam minyak terbentuk zat akrolein yang merugikan kesehatan seperti menyebabkan batuk.

Berbeda dengan minyak kulit ari beras yang memiliki titik asap tinggi (254°C) sehingga bisa digunakan untuk menumis maupun menggoreng (deep frying). Tingginya titik asap ini membuat Oryza Grace Rice Bran Oil tidak menyebabkan batuk.

minyak goreng sehat
Rice bran oil memiliki titik asap tinggi (dok. Oryza Grace)

3. Mengandung vitamin E dan sumber serat

Rice bran oil mengandung vitamin E yang kaya antioksidan. Vitamin E juga baik untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Oleh karena itu, ada lho produk kecantikan yang menggunakan bahan alami rice bran oil.

Di samping itu, bekatul merupakan sumber serat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Buat yang ingin mengontrol berat badan, coba deh mengganti minyak gorengnya dengan healthy oil dari minyak bekatul.

4. Melezatkan makanan

Mau menumis, menggoreng, memanggang, ataupun salad dressing bisa menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil. Teksturnya cair sehingga enggak terasa kental dan eneg saat menjadi salad dressing. Hasil masakannya juga lezat, dong, apalagi dimasak dengan penuh cinta. *eh



Support healthy lifestyle by using healthy oil. Mengetahui manfaat besar minyak bekatul di atas, saya tak salah pilih memasak dengan Oryza Grace.

Kamu sudah pakai Oryza Grace Rice Bran Oil? Apa menu sehat favorit keluargamu?

Facebook @ricebranoil
Instagram @oryzagrace