Halo yang suka makeup!
Kali ini aku masih mau bahas skincare lokal yang lagi hype banget. Akunya aja yang kayaknya telat buat nyobain skincare ini hehe... Langsung aja ya...

Sebelumnya aku mau kenalin Raiku ya... walaupun kayaknya udah telat banget hehe.
Raiku ini skincare lokal punya beb, walaupun namanya agak ke-jepang-jepangan ya.. atau ke-jawa-jawaan? Kalau di bahasa jawa Raiku itu artinya mukaku atau my face kalo bahasa inggrisnya hahaha. Intinya Raiku Beauty ini ingin mendobrak konsep kecantikan di Indonesia itu beragam tidak cuma didefinisikan dengan satu standard aja dengan menguatkan kecantikan sejati tiap individu tanpa pulasan yang berlebihan. Aku suka sama konsep mereka walau bertolak belakang sama pribadi aku yang gila makeup. Produk dari Raiku ini sudah besertifikat BPOM, sertifikat Halal dari MUI dan no-paraben. Kalian bisa cek web Raiku disini beb untuk mengenal Raiku lebih jauh :)

                                                                     
                                                                                                     
Raiku Beauty Anti-Aging Series

Jadi Raiku Beauty ini punya 4 series beb yaitu:
1. Brightening
2. Anti-Aging
3. Hydrating
4. Cleansing
Tapi seri intinya cuma 2 beb yaitu Brightening dan Anti-Aging.Tiap seri Brightening dan Anti-Aging terdiri dari toner, serum, morning cream dan night cream. Nah untuk permbersih mukanya atau cleansernya itu masuk ke seri Cleansing. Jadi cleanser untuk seri Brightening dan Anti-Aging sama ya beb. Untuk seri Hydrating mereka untuk saat ini cuma punya Hydrating Mask. Sayangnya mereka belum punya yang seri Acne padahal itu yang aku butuhkan. Tapi klaimnya mereka produk Raiku ini bisa dipakai untuk mengurangi noda-noda bekas jerawat.
Kebetulan aku dapat seri Anti-Aging. Di umur aku yang sudah seperempat abad ini jadi semakin sadar diri kalau sudah banyak muncul kerutan-kerutan halus di wajah. Seri Anti-Aging ini punya 4 bahan aktif utama yaitu:
1. Collagen

    Sudah pada tau dong fungsi bahan ini untuk kulit. Collagen itu protein yang dapat memberikan elastisitas kulit dan membantu regenerasi kuit. Collagen ini sudah ada di dalam tubuh manusia tapi seiring bertambahnya umur, collagen pun semakin berkurang. Makanya collagen banyak digunakan dalam skincare anti-aging.
2. Milk Extract 
    Senyawa laktosa yang ada dalam susu bisa membuat wajah cerah tanpa menyumbat pori-pori.  Susu juga bagus untuk kulit wajah yang sensitif.
3. Hyaluronic acid
    Sudah nggak asing dong sama bahan aktif satu ini? Namanya sering dipake di kosmetik yang  bertujuan untuk melembabkan. Hyaluronic acid ini akan mengikat air pada kulit sehingga kulit        akan terjaga hidrasinya.
4. Niacinamide
    Bahan satu ini juga sudah familiar banget ya... Fungsi utamanya yaitu untuk mencerahkan kulit,  menyamarkan keriput dan melembabkan wajah.

Selanjutnya kita bahas per produk yes.
1. Toner 

                                                                     

Toner dari Raiku ini warnanya bening kayak air biasa. Aku suka banget sama wanginya yang lembut dan kayak ada aroma susunya. Enak banget! Setelah pakai ini wajah langsung terasa lembab dan kulit terasa sedikit lengket. Bukan lengket kayak lem cuma lengket kayak tanda kulit udah lembab. Ora dong to mesti? hahaha aku juga bingung jelasinnya. Toner ini nggak cepat meresap jadi harus nunggu 1-2 menit dulu.

                                                                     
Skor 3.5/5

2. Serum

                                                                     

Serum ini satu-satunya produk yang dikemas dalam kotak. Mungkin karena dari kaca ya botolnya. Kemasannya pakai pipet buat ambil produknya. Tapi beb susah banget ngambil produknya pake pipet. Satu kali ambil cuma bisa untuk 2 drop aja.

                                                                     

Kenapa begitu? Karena serum ini teksturnya kental beb. Nggak kayak serum-serum biasa yang hampir kayak air, serumnya Raiku ini hampir kayak pelembab. Malah aku bilang bisa dipakai sebagai pelembab juga. Tapi emang satu dropnya udah cukup untuk setengah wajah sendiri sih. Ini pribadi aku aja yang kalau pakai skincare harus kena kulit semua. Nggak boleh ada kulit yang ke skip. Nggak tebel nggak mantap gitu beb hehe..

                                                                     

Nah satu dropnya kira-kira segitu dapatnya. Lumayan banyak kan? Soalnya ujung pipetnya juga besar. Wangi serum ini juga enak banget. Kurang lebih sama kayak tonernya. Aroma yang menenangkan gitu.

                                                                     
Skor 3/5

3. Morning Cream

                                                                     

Yang aku suka dari kemasan Raiku ini semuanya pakai tube nggak ada yang pake jar. Kalau biasanya brand lain morning/night creamnya pakai jar, Raiku ini pakai tube. Jadi nggak makan tempat dan gampang dibawa-bawa. Morning cream atau day cream dari Raiku ini udah ada spf 15 beb. Tapi buka berarti gak pakai sunscreen ya. Spf 15 itu termasuk kecil dan hasilnya tidak akan maksimal kalau pakainya tipis-tipis. Pakai sunscreen itu harus royal beb nggak boleh pelit kalau mau hasilnya maksimal.

                                                                     

Isinya sendiri warna putih pekat dan sedikit tebal. Wanginya kayak produknya yang lain tapi ada manis-manisnya gitu jadi enak buat diendus. Apalagi buat dipakai tiap pagi jadi bikin semangat (kalau ini aku aja mungkin yang ngerasain hehe). Pakai produk ini juga gak perlu banyak-banyak cukup seukuran kayak foto diatas udah cukup.

                                                                     

Untuk penggunaan pagi setelah pakai toner, seruma dan morning cream ini hasilnya wajah kelihatan terhidrasi. Kayak artis-artis Korea yang wajahnya keliatan minyakan tapi nggak minyakan, istilahnya glowing. Hari pertama pakai aku langsung takut dong, secara kulit wajah aku udah minyakan banget dan selama ini sanga-sangat menghindari produk-produk yang berat. Kalau mau keluar aku set pakai bedak tabur biar wajah tetap awet sampai siang. Kalau nggak di set wajah aku lama-kelamaan akan sangat-sangat berminyak.
Skor 3/5

4. Night Cream

                                                                     

Kemasan night cream dan morning creamnya plek sama cuma beda tulisan aja. Jadi kadang aku suka salah ambil hehe harus dibaca dulu kemasannya. Aku pribadi suka sama night cream ini. Terasa dingin di kulit dan baunya enak banget. Definisi aroma calming itu ya kayak night creamnya Raiku ini. Teksturnya lebih kayak gel dibandingkan morning creamnya. Warnanya juga putih bening.

                                                                     

Untuk pemakaian malam setelah toner, serum dan night cream ini kulit sangat-sangat terhidrasi. Bedanya sama si morning cream, night cream ini nggak bikin wajah aku keliatan minyakan beb. Hasilnya kayak semi-matte gitu. Pori-pori aku yang segede danau juga terlihat tersamarkan. Apakah cream ini bisa dipakai jadi primer? Itu juga aku penasaran beb! Kayaknya sih bisa-bisa aja ya, tapi kalau untuk ketahanan under makeupnya nggak tau deh hehe.

                                                                     

Mungkin karena ada kandungan Glycerin-nya ya jadi bisa nyamarin pori-pori. Sebenernya seri Anti-Aging ini semuanya mengandung Glycerin. Fungsi Glycerin ini untuk melembabkan dan ya itu tadi buat nyamarin pori-pori (ilmu yang gila makeup ini... jangan ditiru). Bisa cek di google beb untuk lebih rincinya yang pasti Glycerin ini banyak manfaatnya buat kulit. 
Skor 3.5/5

5. Cleansing Foam

                                                                     

Cleansing foam ini termasuk dalam seri Cleansing-nya Raiku jadi warnya hijau. Wanginya enak banget wangi susu. Maaf ya beb aku emang suka endus-endus barang apapun itu buat ngenalin, First impression aku ada di baunya hehe. Teksturnya tebal sekali sampai kadang sedikit susah untuk ngeluarin produknya. 

                                                                     

Yang aku suka dari produk ini selain baunya, dia busanya nggak berlebihan dan nggak bikin wajah kering. Cleansing foam ini punya kandungan ekstrak beras. Yang ada dipikiran aku tiap dengar fungsi beras buat kulit yaitu untuk mencerahkan. Tapi setelah kepoin Instagramnya Raiku ekstrak beras ini fungsinya meminimalisir kerusakan karena radikal bebas dari lingkungan dan sengatan matahari karena mengandung antioksidan alami dan membantu kulit tampak cerah dan lembab. Keren juga ya kamu beras!
Setelah pakai clenasing foam ini yang aku rasain wajah aku beneran kelihat bersih cerah beb. Nggak tau ini mindsetku aja atau gimana tapi beda banget dibanding pakain cleasing foam lain yang udah pernah aku pakai. Emang cerahnya nggak berlebihan sih, kayak naik 0,5 shade lebih terang aja gitu. 

                                                                      
Skor 3.5/5

6. Cleasing Cream

                                                                     

Masih dari seri Cleansing, ini favorit aku banget beb! Sengaja di taruh di akhir sekalian buat ngeracun hihihi. Cleansing cream ini mengandung:
1. Chamomile extract
   Chamomile extract ini fungsinya sebagai anti-inflammatoty dan anti-bacterial untuk mencegah jerawat akibat bakteri dan kotoran.
2. Vitamin E. 
     Manfaatnya mempercepat regenerasi kulit dan menutrisi kulit.
Terlebih dari kandungannya yang emang bagus, cleansing cream dari Raiku ini emang ampuh banget buat bersihin wajah terutama dari kotoran dan makeup.
Aku pakai cleansing cream ini di tahap 2 setelah pakai eye makeup remover. Dan beneran ampuh banget. Dia juga bisa bersihin lip cream dan alis yang udah aku maskarain. Mantul beb!

                                                                     

Teksturnya hampir kayak night creamnya yaitu seperti gel warna putih bening dan baunya masih enak banget juga. Nggak bikin wajah kering juga setelah pemakaian malah lembab banget. Tapi hati-hati jangan sampai kena mata ya beb. perih banget! 

                                                                     
Skor 4/5.

Jadi beb ini kesimpulanku untuk produk Raiku:
1. Produk aman dan halal, tidak ada bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Bisa dipakai untuk kulit sensitif. Bahkan bumil juga bisa pakai produk ini (berdasarkan FAQ Raiku)
2. Sangat menghidrasi kulit. Hasil pemakaian selama seminggu kulit wajah menjadi lebih kenyal dan glowing. Cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit kering (pemilihan series tergantung kebutuhan).
3. Di wajahku yang berminyak, acne prone dan sensitif tidak menimbulkan breakout dan reaksi yang berlebihan. Mungkin hanya untuk morning creamnya saja karena diatas pemakaian 2 jam (tidak di-set) wajah menjadi sangat berminyak.
4. Karena aku baru pakai seminggu mungkin hasilnya belum maksimal. Aku nggak lihat perubahan yang signifikan di wajahku. Tapi mungkin reaksi di tiap kulit orang berbeda-beda.

Sekian.
Terima kasih telah membaca :)