Yasinyasintha.com” Mami lihat, aku bisa membuat menara lho “ suara io membuyarkan lamunan akan betapa cepatnya waktu berlalu, melesat cepat. Melihat io sudah pandai melakukan ini itu menyeruakkan perasaan bahagia menjadi ibu. Tentang bertumbuh dan berkembang, tentang eksplorasi dan stimulasi, saya dan papi sebagai orangtua menjadi yang terdepan mempelajari dan mengusahakannya.

Anak – anak adalah pembelajar yang tangguh dan kreatif, mereka mampu belajar dari segala sisi, melihat sesuatu yang lebih dari apa yang kita anggap biasa. Tugas kita sebagai orang tua sederhana sebenarnya, menyediakan dan membantu anak berkembang sebaik mungkin, sejauh yang mereka bisa. Imajinasi anak sering membawa kita pada logika yang sederhana mengundang senyum dan tawa.

Stimulasi, Trigger Anak Tumbuh Cerdas

stimulasi anak, monde boromon, parenting

Saat io langsung klik saat diberikan stimulasi cerita, segera ia membangun mobil menara. Yap, everything about tower. 

Setiap anak adalah istimewa, mereka unik satu sama lain, mereka cerdas dengan caranya. Sering saya menemukan io mampu menemukan cara “ajaib” saat melakukan sesuatu yang membuat saya kagum dengan sisi kecerdasannya, imajinasi anak – anak seringkali membawa kita turut senyum dan menikmati euforia. Jadi ibu memang hal yang luar biasa ya.

Saat menjadi ibu hal yang juga penting selain merawat anak tumbuh sehat adalah kita mampu menstimulasinya. Dengan harapan bahwa anak akan berkembang sebaik mungkin sesuai usianya.

Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Siapa yang melakukan stimulasi ? Siapapun, setiap orang yang berinteraksi dengan anak sejatinya menjadi stimulus yang baik untuk anak. Setiap anak perlu mendapat stimulasi secara terus menerus pada setiap kesempatan.

4 Aspek Perkembangan yang Harus Dipantau

Motorik Kasar

Ini adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, berlari dan sebagainya.

Motorik Halus

Aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengamati sesuatu, menjumput, menulis, mewarnai, meronce dan sebagainya.

Kemampuan Bicara dan Bahasa

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan anak merespon perintah, mengikuti arahan dan mengerti dan berkomunikasi

Kemampuan Sosialisasi dan Kemandirian

Yang ini adalah aspek yang berhubungan dengan kemandirian anak seperti makan sendiri, membereskan mainan setelah bermain bersama teman juga kondisi anak berhubungan dengan orang sekitarnya.

Memantau pertumbuhan dan perkembangan anak harus sesuai usia. Selain rutin membaca mengenai tumbuh kembang anak. Saya juga memantau tumbuh kembang anak lewat buku KMS. Hayo pada punya ga ? hehe

Stimulasi Motorik Halus Anak Lewat Cemilan, Monde Boromon

monde boromon, snack anak

Ga cuma menyenangkan, makan adalah bahasa cinta saya dan io juga ia sekarang. Lewat makanan, kami mendulang banyak cerita. Dan mengingat io adalah anak dengan tipe kinestetik yang lebih suka ngemil, membuat saya mencari tau cemilan apa yang mudah dibawa, mudah dimakan, bernutrisi juga menjadi sarana untuk melatih motorik halusnya. Karena jujur saya hingga saat ini, PR terbesar bagi io adalah motorik halusnya, soal koordinasi tangan dan mata juga melatih fokusnya.

Stimulasi harus dilakukan dengan penuh cinta dan kasih sayang, melakukan berbagai kegiatan dengan menyenangkan ternyata berhasil membuat io mulai mampu fokus mengerjakan sesuatu. Favoritnya adalah bermain balok kayu membuat menara, entah itu di rumah atau membawanya ke luar di belakang rumah agar tidak bosan, yang kenal io pasti tau dia ini emang anak matahari, hobinya main outdoor.

Salah satu cara menstimulasi anak adalah dengan menggunakan alat bantu, yang paling sering adalah balok kayu dan menempel stiker juga mewarnai. Durasinya bebas, sekarang paling sebentar 10-15 menit, dulu mau 3 menit aja penuh perjuangan. Makanya kalau sekarang io lagi asik, saya selalu sediakan cemilan di mangkok kecil. Monde Boromon.

Mengenal Monde Boromon sejak 3 tahun yang lalu hingga sekarang, ini jadi snack pilihan saya untuk io ( dan beberapa bulan lagi untuk ia ). Bukan tanpa alasan memilih Monde Boromon ini untuk menemani io.

Packaging

Tak dipungkiri pertama kali suka pada Monde Boromon adalah karena packagingnya hehe. Lucu banget, dulu gambarnya tuh rusa dengan box dominan berwarna hijau ( fotonya entah udah kemana ) dan dari dulu (2015), Monde Boromon ini dikemas dalam box berisi 6 pack. Saya senang bisa menemukan snack dengan model packaging seperti ini, karena terdiri dari kemasan kecil – kecil, jadi biasanya saya simpan di tas io satu, di tas saya satu. Selalu dan harus.

Kemasan yang dibuat per 20 gram ini menjadikan Monde Boromon juga terjaga tetap higienis karena habis dalam sekali cemil. Di bagian box nya pun tertulis kelebihan Monde Boromon sebagai snack pilihan ibu untuk si kecil.

Tekstur, Warna dan Aroma
monde boromon, review monde boromon

Warnanya yang broken white dengan bagian atas lebih coklat, bentuknya yang bulat mungil jadi sarana yang tepat melatih motorik halus io sejak pertama kali kenal, io udah akrab banget sama Monde Boromon.

Tekstur luar yang super krispi terdengar jelas saat kita menggoyangkan kemasannnya tapi begitu masuk mulut, langsung tessss… lumer seketika. Sebagai syarat sarana stimulasi, sudah pasti Monde Boromon ini lolos karena aman dari segi bentuk dan tekstur, anak tidak akan tersedak saat menikmati cemilan ini and io never bored with this little cookies.

Saya masih ingat betul moment – moment berharga menyaksikan io mampu mengenali bentuknya yang bulat, meraih, memegang, menggenggam, menjepit dan memakannya dengan tangannya sendiri, sungguh moment berharga dalam menemani tumbuh kembangnya, kenangan menstimulasi motorik halus yang selalu saya simpan untuk ia yang juga sudah aktif saya stimulasi terus.

Nutrisi Monde Boromon

monde boromon, boromon cookies, boromon review, snack anak, Iioo lagi main balok kayu, box Boromonnya jadi pondasi menara katanya[/caption]

Ahh ini, karena enak saja tidak cukup. Anak – anak dengan tubuh yang masih mungil justru membutuhkan nutrisi lebih banyak dari orang dewasa. Bahkan di 1000 harinya, kebutuhannya adalah 5 kali orang dewasa. Jadi penting memastikan asupan nutrisi anak terpenuhi dengan berbagai jenis makanan termasuk snack.

Alasan saya memilih Boromon Cookies sebagai snack io sejak dulu selain packagingnya yang lucu, utamanya adalah kandungannya.

Komposisi : Pati Kentang, Gula, Telur, Glukosa, Madu ( 0,3% ), Minyak Ikan ( mengandung DHA, Antioksidan Natrium Askorbat, Tokoferol, dan Askorbil Palmitat ).

 

Monde Boromon is Gluten Free, terbuat dari sari pati kentang menjadikan Monde Boromon tidak mengandung protein Gluten, yang berarti Monde Boromon cookies ini sehat dan mudah dicerna. Ini tak kalah penting, mengingat sistem pencernaan anak masih belum sempurna.

Mengandung Minyak Ikan dan DHA, bagi saya ini cara terbaik menyisipkan kandungan minyak ikan dan DHA dengan cara yang menyenangkan lewat cemilan. Seperti kita tau bahwa minyak ikan Nah, minyak ikan sangat baik untuk perkembangan fungsi mata dan sistem syaraf yang sempurna. Sedangkan DHA nya merupakan nutrisi untuk kecerdasan otak, sudah tau bukan bahwa kekurangan DHA pada anak bisa berpengaruh pada tingkat kecerdasan yang rendah.

Madu, dengan segudang manfaat madu untuk menjaga daya tahan tubuh dan lagi – lagi baik untuk pencernaan anak. Dan Monde Boromon bagi saya adalah cookies yang lengkap sebagai selingan yang mudah dibawa dan mudah dinikmati oleh anak 1-5 tahun bahkan kalau io seringkali menjadikan Boromon ini sebagai cereal, dicampur dengan susu cair. Good boy !

 

Komposisi dari Monde Boromon yang sederhana namun semuanya dibutuhkan oleh anak menjadikan saya semakin tertambat untuk terus setia pada Monde Boromon, snack sehat untuk temani perkembangan anak. Oya, Monde Boromon juga sudah mengantongi sertifikat halal MUI dan dengan BPOM RI MD 860809120063, makin tenang sekaligus semangat dalam waktu bersamaan bukan ?

Satu hal yang tak kalah bikin saya semangat setia dengan Monde Boromon, adalah harganya yang terjangkau hanya Rp. 12.500 saja per box snack sehat ini ramah dikantong dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Soal tempat beli, langsung saja ke Mondermart atau e-commerce lainnya. Saya sendiri beli offline di Superindo Jalan Jakarta, Bandung.

” Mami, lihat aku berhasil bikin menara tinggi lho “ kata io membuyarkan ingatan saya yang sedari tadi menggembala ke beberapa tahun lalu saat sibuk-sibuknya mendampingi mengenal berbagai hal. ” Tapi Boromon aku habis mami “ tambahnya, saya bangkit mengambil pack ke 3 hari ini ” Nih mami isi “ mata girang dan senyum lebar terkembang. Ahh satu moment berharga tercipta lagi.