Ketika seseorang membaca tulisan orang lain, dan bisa mengambil manfaat dari tulisan tersebut, berarti si penulis sudah memberi manfaat buat orang lain.
Tidakkah ada yang ingin seperti itu, paling tidak bisa menuliskan apa-apa yang sudah dilakukan, curhatan atau kegiatan positif yang sekiranya bisa bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain.

Seperti saat saya menghadiri BLOGGER GATHERING #ISBxCNI bertajuk, “ABADIKAN KARYA DENGAN BUKU” bersama Mbak Nunik Utami Ambarsari (Penulis 50 buku & Blogger).
Minggu, 16 Desember 2018 lalu, di Burger King Plaza Festifal Jakarta Selatan.

Dan kenapa saya akhirnya mau belajar nge-blog, semua itu juga karena keinginan saya untuk bisa tetap menulis. Walaupun belum juga kesampaian menulis lalu dibukukan dan diterbitkan. Makanya ketika Komunitas ISB, posting sebuah acara dengan tema, Abadikan Karya Dengan Buku, langsung deh saya mendaftar, padahal belum tentu kepilih, tapi semangat saja dengan Bismillah, akhirnya saya bisa masuk group yang bakal mendapatkan ilmunya dari penulis sehebat Mbak Nunik Utami. Senangnya…

Acara yang dipandu langsung oleh mas Tommy, perwakilan dari CNI. Saya dan puluhan teman blogger sangat antusias menikmati acaranya. Saat acara akan dimulai, diumumkan untuk yang hadir 10 orang pertama, berhak untuk dapat pemeriksaan Hb gratis dari team Kesehatan CNI. Sayangnya saya alpa karena datangnya sedikit terlambat, walau pas datang acara juga belum dimulai. ☺

Untuk menambah wawasan tentang kesehatan terutama daya tahan tubuh guna menangkal berbagai penyakit, Mbak Asti, Marketing Produk CNI, menjelaskan manfaat dari SUN CLORELLA produk andalan dari CNI.

Kenapa 10 peserta hadir pertama mendapatkan pemeriksaan Hb, karena jika Hbnya rendah atau tidak normal, punya potensi terkena Anemia, dimana anemia ini akibat dari kekurangan darah, jumlah sel darah merah (hemoglobin) protein pembawa oksigen dalam darah merah, dibawah normal.

Kadar HB normal:
* Wanita : 12,1 – 15,1 g/dl
* Pria : 13,8 – 17,2 g/dl

Nah, disinilah peran Sun Chlorella CNI dalam mencegah bahayanya Anemia, karena bisa perpengaruh juga ke Jantung.
SUN CHLORELLA adalah makanan kesehatan yang terbuat dari CHLORELLA PYRENOIDOSA (Ganggang Hijau Air Tawar). Yang kaya akan protein, asam amino esensial lengkap, klorofil, vitamin-vitamin, termasuk mineral dan beta karoten.

Manfaat jika mengkonsumsi Sun Chlorella:
* Memenuhi kebutuhan gizi, sehingga meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal.
* Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
* Memperbaiki kerusakan sel dan jaringan tubuh.
* Meningkatkan fungsi pembuangan racun/kotoran ari dalam tubuh (proses detoksifikasi).
* Menormalkan tekanan darah
* Karena kandungan zat besi dan klorofilnya tinggi, bisa untuk mencegah dan mengatasi anemia.
* Efektif untuk mencegah dan membantu pemulihan penderita tumor dan kanker.

Setelah mengetahui manfaat Sun Chlorella, pastinya pengen dong sehat dengan mengkonsumsinya.
Karena kalau tubuh kita sehat, pekerjaan apapun akan lancar, termasuk menulis, 😉
Bicara tentang menulis, telah bersama peserta, Mbak Nunik Utami Ambarsari, seorang penulis yang mumpuni, telah menelorkan 50 buku, novel, cerpen, bahkan kumpulan puisi-puisinya, Blogger lagi. Jadi pas banget deh buat mengambil ilmu-ilmunya, secara mbak Nunik juga dengan riang gembira memberikan beberapa trik n tips bagaimana tulisan kita bisa dibukukan, kerennya sih DIABADIKAN. 😄
Trik & tipsnya supaya tulisan bisa dibukukan dan diterbitkan, adalah:
1. Sering ikut lomba kepenulisan, entah dari komunitas, penerbit, atau pemerintahan. Walaupun tidak menang, juri biasanya akan mengenali dan mengetahui kualitas tulisan kita.
2. Ikut workshop-workshop kepenulisan komunitas atau penerbit.
3. Menjalin hubungan baik atau mengenal para editor, dengan begitu kita bisa bertanya naskah apa yang saat itu dibutuhkan oleh penerbit.
4. Rajin ke pameran buku, dalam setahun pasti banyak pameran buku, dan biasanya ada pojok konsultasi, jadi kita bisa sekalian bawa naskah atau sekedar bertanya-tanya sekitar kepenulisan.
5. Kalau sudah punya naskah dan kirim ke penerbit, lupakan lalu bikinlah naskah baru untuk dikirim ke penerbit lainnya.

Diantara waktu sharing penerbitan buku, banyak peserta yang bertanya, dan bahkan ada beberapa peserta yang sudah menerbitkan buku, entah novel, kumpulan cerpan, dan non fiksi, keren kan teman-teman bloggerku.
Kalau aku pribadi sih beberapa kali resep masakanku terbit di salah satu tabloit nasional. Tapi malas adalah momok yang paling saya takuti dan selalu menghinggapi.
Saya berharap setelah mendapatkan pencerahan dari Mbak Nunik, saya akan lebih bersemangat. Menerbitkan buku resep masakanku. Bismillahirokhmanirokhim.

O iya, selain materi penerbitan buku, dan manfaat Sun Chlorella, ada bonus pencerahan mengenai SEO dari mas Niko Riansyah,
SEO (Search Engine Optimization)/mesin pencari, bagaimana cara meningkatkan peringkat blog/situs dengan kata kunci di mesin pencari google.
Sederhananya jika seseorang mengetikan kata: SUN CHLORELLA, maka mesin pencari google akan menampilkan semua tulisan yang berkaitan dengan Sun Chlorella. Dan bagi blogger, SEO bisa untuk alat memaksimalkan pengunjung agar semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blognya. Terkenal dan bisa saja perusahaan atau pemerintahan yang tertarik dengan tulisan blogger tersebut, lalu ajakin kerjasama, uud deh yang dipetik dari SEO tadi.

Kuy sahabat selalu cek kesehatan ya, karena dengan sehatlah aktifitas bisa lancar, jangan lupa konsumsi Sun Chlorella ya, supaya tubuh sehat selalu.

Sedikit tulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat. Amin