Seperti yang pernah aku bahas singkat di IG Story kapan lalu, i bought this product out of impulsiveness karena memang lagi pingin sunscreen baru (yang lama mau habis #1empty1newbie khaaan ehe). Saat scroll-scroll di Sociolla, brand ini yang pertama caught my attention karena masih cukup underrated (menurutku) dan harganya juga terjangkau.

Mencoba googling tentang full review nya — walah, angel nemen (susah banget). Belum ada yang komplit tentang si sunscreen. Jadi baiquelah saya comot tanpa ragu, karena sepintas lihat 5 ingredients pertama aman tidak ada alcohol.

PRODUCT DESCRIPTION

Brand : Renard Blanc

Company : Diamonie Seoul Cosmetic

Nama Produk : Multilayer Sunblock

Harga : Rp 185.000

Netto : 60 ml

Dilihat dari packaging, memang yaaaaa Brand Korea itu never fails — selalu ada aja lah yang bikin menarik. Brand Renard Blanc sendiri ini seperti ada ciri khas kemasannya. Semua range warnanya kalau gak hitam ya putih– or else, the combination of both. Ya, monochrome gitu sih.

Yes, it comes with a box and since konsep dari brand ini adalah Eco-Campaign jadi dus-nya terbuat dari bahan yang environmentally-friendly . Semua penjelasan pun ada di kemasan dus-nya secara lengkap, dimana sudah cukup informative menurutku.

Penjelasan singkat dan cara pemakaian ada dua bahasa (thank God ehe) yaitu Inggris dan Korea. Jadi bagi yang buta bahasa Korea seperti aku, bisa legaaaa haha.

Kemasan sunscreen nya sendiri berbentuk tube “bantet” berwarna putih dan ada graphic seekor rubah yang tidur . Entah ini filosofinya apa. Tutupnya berupa twist-cap berwarna hitam dan berukuran kecil. Overall bentuknya lucu kayak kemasan lotion atau odol ehe.

Ketika tutup nya dibuka tadinya sih tersegel ya, tapi karena aku terlalu excited jadinya terlanjur aku unsealed dulu sebelum difoto hehe maafkeun.

“Mulut” tempat mengeluarkan produknya cukup sempit dan kecil, sehingga mencegah produk yang keluar secara berlebihan.

INGREDIENTS

Berikut ingredients dari Renard Blanc Multilayer Sunblock :

Water, butylene glycol , ethylhexyl methoxycinnamate , ethylhexyl salycilate , butylmethoxydibenzoylmethane , homosalate , bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, cetearyl alcohol, polyglyceryl-6 stereate, polyglyceryl-6 behenate, dimethicone , polyacrylate-13, cetearyl glucoside, sodium polyacrylate, peg-100 stereate, glyceryl stereate , polyisobutene , panthenol , ethylhexylglycerin , allantoin , polysorbate 20, stearyl alcohol , cetyl alcohol , glacier water , cirsium (thistle) flower/leaf/stem extract, glycerin, 1,2-hexanediol, zea mays starch, hydrolized corn starch, hydrolized corn starch octenylsuccinate , butyrospermum parkii (shea) butter extract, phenylethyl resorcinol, cocamidopropyl dimethylamine, lactic acid, palmitoyl tripeptide-5, hydrated silica, disodium EDTA, phenoxyethanol, fragrance.

Baik, aku akan breakdown sedikit seamampuku tentang ingredients nya.

Dari yang bisa kita lihat dari daftar bahan-bahannya, active ingredients terdiri dari :

Octinoxate 6.00%
Octisalate 4.50%
Avobenzone 2.50%
Homosalate 2.00%

Sebenernya sepintas aja sudah keliatan banget kalau ini adalah tipe chemical sunscreen. Kok tau kak? Simple sih sebenernya, patokanku adalah — kalau ada titanium dioxide dan zinc oxide pasti itu adalah physical sunscreen. Tapi ada juga yang sunscreen campuran dari keduanya (hybrid). Nah, kalau Renard Blanc Multilayer Sunblock ini memang full chemical sunscreen karena sama sekali tidak ada si duo Titanium Dioxide dan / atau Zinc Oxide. Kedua jenis sunscreen ini sebenernya juga ada kurang lebihnya, BUTTT that’s a whole new topic to talk about, bakal panjaaang bepkuh. Anyway, aku akan kasih link ya agar kalian bisa baca sendiri CLICK HERE.

Overall, kalo dilihat bahan-bahannya sanget mendukung untuk kulit kering, sebut saja ada butylene glycol, Panthenol, dan Glycerin.

Spotted juga lactic acid, tapi urutannya agak bawah-bawah jadi kandungannya gak gede. Untuk kulit oily, disini ada kandungan Alantoin to sooth the skin, namun ada Zea Mays (corn) starch ini potentially blocking pores.

Sunscreen ini tidak silicon-free, karena ada kandungan dimethicone. No wonder, kulit jadi smooth kalau pakai ini.

Fungsi dari silicon sendiri untuk mengisi gap-gap pada kulit (kayak fine lines misalnya) , jadi sunscreen ini bisa juga digunakan sebagai primer sebelum makeup. Tapi ada juga yang kulitnya kurang cocok dengan silicon, bisa langsung breakout atau beruntusan. Jadi diteliti lagi ya guys.

Ada fragrance nya juga sih di dua urutan terakhir, tapi aku sih gak ada masalah dengan bahan itu jadi bodo amat ehe, howeveeeeeer ada juga yang kulitnya sensitive dan langsung iritasi. Jadi disesuikan aja dengan kondisi kulit kalian.
FORMULA / TEKSTUR

Karena pada ingredients list, urutan pertama adalah water, jadi bisa ditebak kalau teksturnya fluid ya. Formulanya water-based sehingga sangat lightweight dan tidak lengket sama sekali. Warnanya memang putih susu, tapi kalau sudah diblend merata di wajah maka akan menyesuaikan kulit, WORRY NOT, tidak ada whitecast.

Note: Memang kalau chemical sunscreen setau aku kemungkinan keciiil whitecast nya. CMIIW.

Setelah pengaplikasian, hasilnya sangat glowy (bukan berminyak) dikulitku, cakeeeep banget aku suka paraaah. Bagi kulit kering ini plus point banget ya. Penyerapan nya memang butuh sedikit waktu — ya mungkin pengaruh karena tidak ada alcohol nya itu , CMIIW.

Setelah fully absorbed into the skin, hasilnya tidak se-shiny awal-awal applied tentunya. Jadi sepertinya yang kulitnya kombinasi masih bisa pake. Tapi bagi yang oily banget, aku kurang tau ya daripada sotoy dan digebukin massa hehe.

FINAL THOUGHTS

Aku sih sangat sukaaaaaaa karena menurutku ini adalah sunscreen yang memenuhi syarat sempurna versiku haha, yaitu tipe chemical sunscreen dengan SPF 50 PA +++ dan hasil glowy parah. Tadinya susah bener mencari pengganti si Goodal Essence Sun ku yang lama. Ini yang milihnya gak sampai 5 menit bisa langsung cucok.Emang skincares itu jodoh-jodohan sih.

Dari yang aku lihat, memang sunscreen ini untuk kulit normal-dry karena dari bahan-bahannya aja sebenernya gak ada yang kontra dengan tipe kulit tersebut. Kalau yang oily/acne prone masih ada 1 bahan yang agaknya kontra, yaitu Zea Mays Starch yang bisa menyumbat pori-pori.

Jadi gini, karena memang kulitku tidak ada masalah dengan chemical sunscreen makanya aku suka banget ya. Tapi tunggu dulu, tidak semua kulit itu bisa cocok lo, karena ada kandungan-kandungannya yang berpotensi iritasi. Makanya ada juga orang-orang yang malah lebih suka physical sunscreen.

Baiklah, segini dulu review aku tentang si Renard Blanc Multilayer Sunblock. Jangan lupa untuk re-apply juga tiap 2 jam sekali ya (berlaku pada semua sunscreen ya, baik murah ataupun mahaaaal).

Bagi kalian yang mau beli bisa langsung cek di Sociolla , cari brand ini masih susah dan so far yang paling trusted dan lengkap ya disana. Bisa pakai kode voucher aku juga yaitu SBNLA3GD untuk potongan Rp 50.000 tiap pembelanjaan Rp 250.000.