Lipstik adalah salah satu kosmetk yang paling digandrungi oleh perempuan.Bahkan ada yang mengoleksi hingga beberapa jenis dan warna lipstick. Akan tetapi, bagaimana jika warna lipstick yang diinginkan sulit untuk ditemukan?.
Dalam artikel ini, saya akan membahas tips yang mudah untuk membuat lipstick racikan sesuai dengan warna yang diinginkan. Selain itu bisa menghemat pengeluaran kalian untuk membeli berbagai macam warna lipstick. Berikut tahap penjelasannya.
    Persapkan bahan yang dibutuhkan berupa :


Image: http://www.kaskus.co.id

•    1 sdt lilin lebah (beeswax atau beeswax beads)
•    1 sdt shea butter, mango butter, almond butter, atau avocado butter. Bahan ini membentuk lipstik yang halus. 
•    1 sdt minyak seperti minyak almon, minyak zaitun extra virgin, atau jojoba.
Bahan tersebut merupakan bahan dasar. Jadi nanti kaian dapat mengaplikasi jenis lipstick yang kalian ingnkan. Sepert lipstk matte, liptint atau lipcream.
    Pemilihan warna lipstick


         Image: http://www.dictio.id

Bahan yang bisa digunakan merupakan bahan-bahan alam yang mudah didapat, sehingga dapat menghaslkan warna lpstik yang natural. Contohnya pemilihan warna berikut.
•    Untuk lipstik merah terang, gunakan bubuk akar bit.
•    Kayu manis bisa digunakan untuk menghasilkan warna coklat kemerahan.
•    Kunyit bisa dicampur dengan bubuk lain untuk menghasilkan nuansa warna tembaga.
•    Bubuk kakao menghasilkan lipstik nuansa coklat gelap.

    Pembuatan Lipstik


     Image: http://www.facetofeet.com

•    Pertama-tama mencairkan bahan dasar lipstick. Masukkan bahan-bahan dasar lipstik dalam mangkuk tahan microwave. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan selama 30-detik hingga mencair. Aduk bahan-bahan dengan baik hingga tercampur sempurna.Kamu juga boleh melelehkan bahan-bahan dengan panci ganda. Panaskan sekitar 5 cm air dalam panci besar dengan api sedang-besar, kemudian masukkan bahan-bahan ke dalam panci yang lebih kecil yang berada di dalam panci yang pertama. Aduk dan panaskan hingga seluruhnya meleleh dan tercampur merata.
•    Mencampurkan warna dengan cara menambahkan 1/8 – 1/4 sdt bubuk warna natural yang kamu inginkan. Tambahkah bubuk jika kamu ingin warna yang lebih pekat. Aduk bubuk warna ke dalam larutan dasar, dan terus tambahkan sedikit-sedikit hingga kamu puas dengan warna yang terbentuk.
•    Terakhir, menuangkan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Kamu bisa menggunakan wadah lipstik bekas, wadah kosmetik kecil, atau wadah lain dengan penutup sebagai wadah penyimpan lipstik baru kamu. Biarkan lipstik mengeras pada suhu ruangan atau di dalam kulkas sebelum kamu gunakan.

Nah, mudahkan caranya? itulah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat lipstik yang aman dan sehat untuk digunakan. Warnanya yang unik pun sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil beda. Bagaimana dengan pilihanmu? Yuk, langsung saja dicoba cara membuat lipstick di atas siapa tahu kamu berbakat meraciknya!