Pernahkah teman-teman punya pengalaman terasa di diskriminasi atau mendapatkan perlakuan yang berbeda baik itu nyirir atau tatapan mata yang aneh saat mengetahui kita banyak mencari informasi mengenai HIV. Sekarang dengan Tanya Marlo Chatbot Ahli HIV , kita tidak perlu khawatir karena kita akan mendapatkan informasi yang lengkap seputar HIV.

18 Desember 2018 di  acara konferensi pers peluncuran “Tanya Marlo” hadir beberapa nara sumber Krittayawan (Tina) Boonto, UNAIDS Indonesia Country Director, David Webb, Co-founder dan CMO Nimbly Technologies, Inez Kristanti, Psikolog dan Social Media Influencer, Ilona, Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS Atma Jaya dan Perwakilan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

TANYA MARLO
Krittayawan (Tina) Boonto, UNAIDS Indonesia Country Director, David Webb, Co-founder dan CMO Nimbly Technologies, Inez Kristanti, Psikolog dan Social Media Influencer, Ilona, Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS Atma Jaya

Menurut laporan Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia saat ini diperkirakan terdapat sekitar 640.000 orang yang hidup dengan HIV, diperkirakan baru 48% ODHA mengetahui status HIV mereka. Angka infeksi HIV pada usia remaja pun cukup tinggi, yaitu 30-40 persen.

Perwakilan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Menurut  analisis, setiap tahunnya ada peningkatan infeksi baru mencapai 50.000 orang. Dari 50.000 tersebut, separuhnya berusia 15-24 tahun. Kondisi ini akhirnya mendorong United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS) membuat platform chat mobile ‘Tanya Marlo’ yang bisa menjawab berbagai pertanyaan seputar HIV/AIDS.

Banyak ODHA  (Orang Dengan HIV dan AIDS ) yang hidup dalam kesendirian, tanpa teman,  tanpa dukungan dari lingkungan sekitarnya, karena masih memandang sebelah mata mengenai HIV AIDS , terutama cara penularannya. Karena itu banyak ODHA tidak berkonsultasi mengenai kondisi mereka, dan ketidakpahamanan mengenai pengobatan HIV , ujar Tina.

LINE memiliki sekitar 90 juta pengguna, dan 80% di antaranya merupakan remaja. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Tanya Marlo dihadirkan di LINE dan siapapun bisa  dengan mudah menambahkan “@tanyamarlo” sebagai teman, untuk langsung berinteraksi dengannya.

“Sejalan dengan kebijakan Test and Treat HIV dan AIDS dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah orang yang mengikuti tes HIV, UNAIDS melalui Tanya Marlo  akan menyediakan akses dan langkah-langkah mudah untuk menemukan klinik terpilih dan terdekat, yang memberikan layanan tes HIV, dengan jaminan privasi dan kenyamanan.” ujar Tina.

Dengan teknologi ini, UNAIDS berharap bisa membantu pencapaian komitmen Indonesia menuju fast track 2020, yaitu 90 persen orang yang hidup dengan HIV/AIDS mengetahui statusnya, 90 persen dari orang yang mengetahui statusnya bisa mengakses pengobatan, dan 90 persen orang yang ada dalam pengobatan bisa menekan jumlah virus di dalam tubuhnya sehingga tidak lagi terdeteksi.

Chatbot Tanya Marlo

Siapa sih Marlo itu ?,  “Tanya Marlo” adalah chatbot atau platform berbasis chat yang terintegrasi dengan Line yang akan memberikan informasi lengkap seputar HIV/AIDS yang dibuat oleh  United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS) Indonesia bekerjasama dengan pengembang dan start-up teknologi Nimbly Technologies dan Botika.

Tanya Marlo  bisa melayani pertanyaan kita selama 24/7.

Country Director UNAIDS Indonesia, Krittayawan Boonto

Country Director UNAIDS Indonesia, Krittayawan Boonto yang akrab disapa Tina mengatakan, Tanya Marlo merupakan sebuah chat-bot yang terintegrasi dengan LINE. Karakter yang diciptakan seperti teman, sahabat yang bisa  kita ajak bicara  dan akan selalu menjadi pendukung kita. “Tanya Marlo adalah solusi  dengan memanfaatkan teknologi yang bisa memberikan informasi mengenai tes HIV dan konsultasi, yang  ingin mengetahui informasi HIV/AIDS tapi malu untuk bertanya  pada lingkungan sekitar.. Siapa pun bisa mengakses informasi seputar HIV dari sumber yang tepat dan terpercaya,” ujar Tina.

Tanya Marlo seluruh  informasinya resmi dari UNAIDS, sehingga dapat dipercaya dan menyeluruh ujar Inez,Inez Kristanti, Psikolog Klinis Dewasa,  Klinik Angsamerah.

Tanya Marlo digambarkan sebagai pria ganteng berkacata, seperti anak muda jaman now. Karakter teman yang ramah bagi semua orang, yang membutuhkan informasi dan konsultasi HIV.  Kita  cukup menambahkan Tanya Marlo sebagai teman di LINE dengan id @tanyamarlo.

Tanya Marlo Chatbot Fitur

Ada 4 fitur utama di Tanya Marlo  yang sifatnya edukatif :

  1. Info HIV :  Fitur ini berisi segala macam informasi seputar HIV/AIDS yang disampaikan melalui konten menarik berupa artikel, infografis, sampai perbandingan antara mitos dan fakta seputar HIV AIDS.
  2. Kuis :  Di fitur ini ada permainan yang menguji pengetahuan dan pemahaman seputar HIV/AIDS melalui pertanyaan sederhana dan menyenangkan.
  3. Konsultasi  : akses untuk  pengguna  terhubung  akses ke konselor terpercaya bagi kita,  yang sedang membutuhkan saran atau ingin menggali informasi lebih lanjut seputar HIV/AIDS , seperti obat dan pengobatannya dari ahlinya.
  4. Tes HIV :  Fitur ini yang dibuat untuk memberi kenyamanan bagi siapapun yang membutuhkan informasi lebih lanjut seputar klinik-klinik yang menyediakan jasa tes HIV, termasuk lokasi, tata cara tes, dan hingga jam operasional. 

Beberapa contoh fitur menarik, edukatif dan informatif yang tersedia di Tanya Marlo antara lain, Info HIV, Kuis, Konsultasi dan Tes HIV.

 

Tanya Marlo
Konsultasi

Bikin Janji Tes HIV dengan Klinik

Konsultasi Lanjutan dengan WA atau LINE
LINE

Konsultasi via WA
TANYA MARLO
KUIS

Tanya Marlo Chatbot AMAN

“Masih banyak orang yang tidak tahu informasi HIV AIDS ini, karena merasa takut dan tidak berani untuk bilang ke orang yang lebih tua. Melalui Tanya Narlo, rahasia kita akan  aman terjaga,  bisa bertanya apapun, dan akan mendapatkan informasi yang benar dan lengkap,” ujar Tia.

Pengguna layanan ini pun bisa bebas bertanya apa pun mengenai HIV karena chat bersifat pribadidan sangat terjaga kerahasiaan dan kenyamanan seluruh pengguna-nya . Jika ada yang ingin melakukan tes HIV, Tanya Marlo juga bisa mengarahkan ke klinik terdekat yang sudah ditunjuk.