Mungkin ini rejeki Mukhlas si anak sholeh atau rejeki emaknya yang lumayan agak sholeha wkwkw. Alhamdulillah bulan lalu kita bisa menginap gratis di Amaris Hotel. Benar-benar gratis tanpa tambahan biaya apapun. Kamar yang didapatpun sudah termasuk fasilitas free breakfast.

Diendorse? bukan, kok.


Jadi ceritanya itu kakak ipar dan mertua saya mau pulang ke Pati, Jawa Tengah. Minta bantu cariin tiket pesawat sama saya. Langsung aja dong saya cari tiket di beberapa aplikasi OTA (Online Travel Agency) seperti Traveloka, Pegipegi, Tiket.com.

Kalau harga sih rata-rata sama aja, kalaupun berbeda paling cuma selisih ratusan rupiah. Jadi yang saya lakukan adalah membandingkan promonya. Tahu kan kalau setiap aplikasi penjualan tiket transportasi dan hotel gitu pasti ada promo menarik yang ditawarkan. Promonya gonta-ganti setiap bulan, tapi setahu saya selalu ada kok.

Apalagi kalau kita cari melalui aplikasi di smartphone (bukan di website) biasanya promonya lebih banyak. Jadi setelah kita dapat tiket dengan harga dan jam penerbangan yang sesuai, jangan langsung checkout tapi check dulu bagian promonya. Biasanya ada di halaman depan kok.

Pas banget waktu saya mau pesan tiket pesawat untuk keluarga, ada promo cashback 10% tapi dalam bentuk voucher di Aplikasi Tiketdotcom. Setelah saya bandingkan dengan aplikasi lainnya, promo ini paling menguntungkan.

Total pesanan saya sekitar empat juta delapan ratus ribu rupiah, jadi caschbacknya empat ratus delapan puluh ribu rupiah dalam bentuk voucher yang bisa digunakan buat transaksi tiket pesawat atau hotel.

Berhubung saya belum ada rencana pergi ke luar kota, jadi dipakai untuk pesan kamar hotel aja. Hotel yang rada bagusan adanya di kabupaten sebelah (maklum shay di daerah). Saya pikir hitung-hitung ini staycationlah pas weekend.



Begitulah ceritanya kenapa bisa dapat kamar hotel gratisan. Jadi kalau mau pesan tiket di aplikasi OTA paling penting perhatikan promonya ya. Nggak cuma di aplikasi Tiketcom tapi juga check aplikasi lainnya untuk perbandingan. Tapi memang sepengalaman saya memang aplikasi tiket ini tiap tahun ada aja promo "gila"nya. Saya pernah dapat tiket Jambi-Jakarta-Belitung cuma 800ribu, gila siiih itu.

Lanjut review hotelnya siapa tahu suatu hari teman-teman berkunjung ke Bungo, Jambi dan bingung mau nginap dimana ini bisa jadi rekomendasi. Lagi pula Amaris Hotel ini ternyata cabangnya ada di beberapa kota seperti Palembang, Panakukkang, Pekan Baru, Samarinda, Jogja, Jakarta, Bali, Bengkulu, dan masih banyak lagi bisa dilihat selengkapnya di website mereka ya.



Kamar yang saya pesan adalah smart room queen dengan ukuran yang standar untuk keluarga. Mungkin bagi teman-teman yang biasa melancong, kamar dengan harga empat ratus enam puluh ribu rupiah ini lebih kecil dengan hotel-hotel bintang dua lain di pulau Jawa. Tapi kalau untuk di Sumatera khususnya Jambi, harga standarnya begini.

Fasilitas di kamar ini pun sesuai standar seperti Televisi, AC, toiletries, dan air mineral. Desainnya pun terkesan minimalis modern. Bahkan suamipun langsung nyeletuk kelak kalau punya rumah sendiri ingin kamar yang seperti ini. Doakan aja, pemirsah.

Untuk kamar mandinya sendiri dilengkapi dengan shower. Ini nih yang bikin senang Mukhlas, senang aja lihat dia ketawa main air di bawah shower. Padahal dari kapan hari niat pasang juga di rumah tapi nggak kunjung direalisasikan.


Awalnya saya niat juga nulis dan bikin video untuk beberapa konten disini. Sudah siap bawa laptop, kamera, dan tripod. Tapi kok sampai disana enaknya ya leyeh-leyeh aja sambil kelonan dengan suami dan anak. Lagi pula jarang-jarang bobo di hotel malah pikirannya mau kerja aja. Akhirnya saya batalkan dan memutuskan untuk bersenang-senang aja.

Kalau nginap di hotel rasanya nggak afdol kalau nggak ngajak anak berenang. Awalnya sih Mukhlas takut apalagi airnya cukup dingin. Tapi pas sudah agak lama eh malah nagih dan nggak mau naik, dasar bocah.


Sejujurnya bagian kolam renang ini yang saya kurang suka dari Amaris Hotel. Lokasinya itu lho persis di area restoran hotel. Memang kalau nggak jam makan, restoran nggak terlalu rame tapi kan selalu ada orang. Belum lagi anak moodnya berenang pas pagi misalnya di jam tamu pada sarapan.

Nggak enak banget kan rasanya berenang sambil dilihatin orang-orang makan. Emangnya kita sirkus lumba-lumba apa. Mau nggak mau suami yang ngalah dan nemenin anak berenang. Saya sebenarnya mau juga main air bareng anak tapi ya itu tadi alasannya.


Untuk rasa makanan di restorannya cukup enak dan beragam. Ada nasi goreng, bubur ayam, bihun, mie goreng, buah-buahan dan kue. Tapi dari semua makanan enak itu anak saya cuma doyan kerupuknya. Hadeeeeh kalau cuma mau makan kerupuk ngapain kita ke resto hotel, le.

Kalau bosan sama makanannya, di sekitar hotel ini banyak juga restoran dan jajanan enak yang bisa ditempuh dengan jalan kaki aja. Ada restoran seafood, ada restoran masakan jawa, streetfood nya ada sate, kebab, burger, bakso, mie goreng, dll.

Mukhlas pertama kali naik Lift 😝


Malamnya kita balik ke hotel dengan perut kekenyangan tapi masih ngantongin kebab juga buat dimakan di kamar. Niatnya nih nanti kalau anak sudah tidur, giliran saya dan suami yang main pok ame-ame. Eh tapi apa daya, Mukhlas tidurnya malah nggak nyenyak jadi nggak mungkin kita melaksanakan misi. Takut digrebek bocah soalnya. Besok paginya saya dan suami cuma bertatapan dengan arti "yaaah udah enak nginap di hotel tapi nggak bisa skidi papap biskuit ahoy".


wkwkwkwkw.

Walau begitu saya tetap happy kok, terutama ketika melihat anak senang. Langsung dalam hati auto berdo'a semoga Allah berikan rejeki lagi biar bisa bikin anak bahagia selalu. Apalagi kalau gratisan begini, nikmat mana yang saya dustakan 😍.

Semoga bermanfaat tips mencari promo dan review hotelnya. Ada yang hobi berburu promo juga? sharing tipsnya dong. Atau ada yang suka staycation bareng keluarga? cerita di kolom komentar, ya.