Setelah dua bulan putus dari mantan, aku coba cari-cari informasi gitu tentang bagaimana caranya bisa ketemu sama bule. Dari keyword seperti : menikah dengan bule, cari jodoh bule, aplikasi chat dengan bule, suami bule, pacar bule, kisah ketemu dengan pacar bule. Bule bule bule.. semua tentang bule pun aku jadikan keyword di pencarianku.
Akhirnya ketemu dong, suatu post yang aku lupa nama blognya apa (kalau aku ketemu lagi, aku cantumin disini sebagai refrensi). Anyway, di blog itu sempat me-review beberapa situs dating yang dia rekomendasikan untuk Orang Indonesia yang niatnya nyari jodoh sampai ke belahan dunia yang lain. Sesuai tebakan kalian, karena aku saking ngebet nya pengen kenalan sama bule, alhasil aku cobain semua situs yang dia rekomendasikan.
Diantara banyaknya situs yang ia tulis, yang menurut aku paling oke, aman, friendly-user dan tentunya gratis (eh penting loh itu, karena ada beberapa situs yang mengharuskan kita bayar 😔) adalaaaaahhh....

"DATE IN ASIA"
Tolong dicatat, saya tidak dibayar sepeser pun karena menyebutkan situs ini hehe 😂

Di situs ini kamu bisa cari selain jodoh (pacar/suami) loh. Misalnya emang niat kamu cuman mau cari relasi (networking) juga ga masalah, sudah punya pacar pun dan mau kenal lawan jenis lebih banyak pun ya ga ada masalah kok. Semua balik ke tujuan kamu diawal, tapi ya kalau menurutku nih.. Yang namanya "Dating Online Site" ya berarti gunanya buat dating (kencan) dong 🙈
By the way for your information nih, di Date in Asia itu bukan cuman ada bule (kulit putih) aja kok, malah banyak banget dari Filipina, Korea, Timur Tengah (Arab, Pakistan, Qatar dan sekitarnya), beuh Orang Indonesia sendiri aja juga banyak 😂 Jadi sesuaikan selera kamu ya, mau cari bule apa oppa-oppa mungkin?

Baca juga : 9 Tipe Bule di Online Dating

Ini berdasarkan preferensiku aja ya gengs, seperti yang sudah aku sebutkan bahwa "oke, aman, friendly-user dan gratis" itu penting banget buat aku. Maka Date in Asia adalah yang paling aku rekomendasikan!

Simple aja sih, seperti pada umumnya sebuah situs. Kamu harus register terlebih dahulu untuk memiliki akun, setelah kamu terdaftar sebagai pengguna, segeralah isi biodata kamu.

Tips #1 : Oke listen up gurls. Kalau emang niat kamu cari bule yang baik-baik dan mengharapkan adanya long-term relationship, please consider to write good about yourself !
Ini penting banget sebagai tahap awal kamu dan aset dalam menjajakan diri berkenalan dengan bule. Tulislah sesuatu tentang dirimu, kelebihan atau hobby, apa yang kamu inginkan dalam pencarianmu, asal mu darimana. Aku sangat sarankan untuk menulis diri sendiri dengan sejujur-jujurnya, karena siapa sih yang mau dibohongin dan saat bertemu tidak sesuai ekspetasi? 🙅  Jangan lupa kasih beberapa foto yang cantik!
Kamu tidak perlu takut profilemu tidak muncul, karena pasti dari Date in Asia selalu melakukan pembaharuan tiap entah berapa menit sekali. Bisa juga kalau mau gerak cepat, lakukan pencarian di menu "search" dan "who's online". Cari sesuai preferensimu seperti usia, negara asal, perokok/tidak, punya anak/tidak, dan lain-lain. Alternatif lain adalah menggunakan ruang group chat, tapi aku sendiri sih ga pernah pakai ruang group chat ya karena males aja 😁
Aku secara pribadi selalu meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajari bio masing-masing profile. Kalau aku tertarik, aku bakal beri dia "❤️", nah kalau aku ingin bicara, aku bakal kirim pesan ke orang tersebut (di situs lain, kamu harus bayar subscription demi mengirimkan pesan).
Perlu diketahui bahwa banyak bule yang baik itu selalu membaca bio kamu loh. So make sure kamu menulis tentang dirimu dengan baik!

Tips #2 : Jangan pernah menulis di bio nomor kontakmu dan jangan memberikannya apabila kamu belum yakin. Be aware as always, this is online dating.
Ini juga rekomendasi dari pihak Date in Asia bahwa menulis kontak bisa sangat berbahaya, siapa tahu ada yang mau iseng ngutak-atik data pribadi yekan? atau sekedar gangguin keseharian kamu dengan pesan yang banyak. Online dating ga semudah cerita romantis yang kita tahu gurls, banyak orang-orang yang sebelum bertemu pasangannya di online dating juga pasti mengalami hal-hal seperti di tipu, diajak-ajak yang ga bener sama bule kampret, dan lain-lain. But don't loose hope! Seriuosly, kamu bisa aja ketemu jodoh kamu by online dating 😉
Aku mau share aja sih, awalnya aku tuh skeptik dan berpikir "ya why not try it lah, kan habis putus. Cari networking dulu aja deh, kali ada bule yang kecantol." and the rest of it you can read it down here!

Baca juga : Barisan Bule Mantan Gebetan Online dari Date in Asia

Tips #3 : Setelah tukar kontak, pastikan kamu melakukan call & video call. This will eliminate all scammers, plus you can get to know the person more better.
PENTING! Kalau kamu cuman chatting doang kapan kenal bulenya lebih dalam yekan? Disaat aku siap dan yakin mau komunikasi sama orang tersebut, aku selalu minta call dan video call, kenapa? Bagiku ga afdol kalau komunikasi sekedar tulisan, bisa salah arti banyak! bener deh! The worst communication is by texting, because you don't know how they react on your messages. Jadi, pastikan kamu meminta ijin kepada bule tersebut, apakah dia mau atau tidak. Jangan ada kata paksa diantara kamu dan dia 😊

Tips #4 : Hargailah martabat orang Indonesia, jangan minta-minta duit ke bule!
Selain aku memberikan tips dalam mencari bule dan berkomunikasi dengan tujuan long-term relationship, kali ini tips ini berlaku untuk kita semua. Emang sih nilai mata uang Europe or Dollar lebih besar dari Asia pada umumnya, namun bukan berarti kita bisa seenaknya menjadikan itu alasan, duh apalagi demi-demi alasan cinta yaaa, amit-amit jangan gitu lah cintaaakk.
Aku hanya berusaha kasih tahu aja sih, semoga dalam hal ini banyak Wanita Indonesia tidak seperti itu. Karena aku banyak dapat komplain kaya gini dari bule-bule, walau mereka tidak menyebutkan Orang Indonesia (syukurlah), namun ternyata negara lain di Asia Tenggara tuh ada aja loh yang kaya gitu. Ini kan pembahasannya jadi ke how we represents our beloved country. Tunjukkan ke orang-orang luar bahwa kita orang Indonesia tidak memiliki budaya meminta-minta, oke!

sumber : https://www.boombastis.com/bule-menyukai-wanita-indonesia/56051

Tips #5 : Tanyakan ke bule, "When will you visit me in Indonesia?" See how he react on it.
Salah satu temanku yang sedang pacaran dengan Bule Belanda pernah mengingatkanku kalau jangan ragu untuk menanyakan hal ini. Bertanyalah kapan ia bisa berkunjung ke Indonesia untuk menemui kamu, dan lihat reaksinya. Aku sempat berpikir lama dan akhirnya aku sadar apa yang temanku bilang itu ada benarnya dan ga salah untuk menanyakan hal simple ini, soalnya aku tuh tadinya orang yang malu-malu buat tanya soal kapan berkunjung haha 😅 .


Nah! Demikian penjelasan singkat mengenai Date in Asia, bagaimana cara menggunakannya, dan 5 tips yang sudah aku sebutkan barusan. Kalau kalian tanya apakah aku masih di Date in Asia apa engga? jawabannya TIDAK.

Karena aku ditemukan oleh seorang Bule asal Belanda, kita saling suka dan aku hanya ingin berbagi segalanya dengan dia saja (begitu pula dia). Kami berdua telah menghapus akun kami masing-masing. Jadi buat apalagi yekan lama-lama berselancar di online dating site kalau kita sudah menemukan "belahan jiwa".

Kalau kamu gimana? Sudah pernah pakai Date in Asia dan bertemu dengan "bule" mu? 😍


Love,

@felicialatte xx