Sebagai seorang wanita yang tinggal di iklim tropis dan memiliki jenis kulit cenderung kering, aku selalu mencari makeup yang judulnya harus ada hydrating/moisturizing.

Apalagi melihat sosok ibu ku yang selalu bisa tampil cantik walaupun usianya sudah 54 tahun, membuatku ingin seperti dia juga.

Kebetulan aku sedang lumayan gencar, mencoba produk-produk lokal yang sekarang semakin luar biasaaah kualitasnya. Dan tidak lama kemarin, aku berkesempatan untuk mencoba complexion range dari brand lokal, Ristra Cosmetodermatology. Bagi yang mungkin belum terlalu familiar, Ristra ini sebenernya sudah lama banget berada di pasaran. Jujur aku sendiri sebenernya sudah familiar dengan Ristra Cosmetodermatology dari lama juga, tapi belum sempet nyobain.

For your information, semua produknya berbasis Dermatologically Tested yang telah teruji klinis oleh dokter spesialis kulit dan juga ahli di bidang kosmetik.

Dan inilah beberapa makeup product dari Ristra yaitu Decorative Series. Jadi range ini diklaim memiliki mild formula & dermatologically tested yang dilengkapi dengan Antioksidan serta UV Protection.Berikut produk-produk yang aku dapat :

  • Ristra Platinum Fluid Moisturizing Foundation
  • Ristra Platinum Triple Action Powder
  • Ristra Platinum Finishing Powder
  • Ristra Colorline Lipstick

Untuk jelasnya akan aku review satu-persatu ya, so please keep on reading, guys.

Ristra Platinum Fluid Moisturizing foundation

This foundation comes in olive green-ish box dan dikemas dalam frosted glass bottle dengan tutup berupa pump (sangan convenient). First impression sih, packaging nya ini terlihsat mahal kayak punya brand luar. Apalagi bahan botolnya ini kaca semi transparent ya, jadi memang kemasannya kokoh.

Dibalik box terdapat sedikit penjelasan singkat tentang foundation ini, dimana memiliki kandungan vitamin E (anti oksidan) dan mengandung SPF. Karena memang dirancang bagi kita, wanita yang tinggal di iklim tropis yang kadang panas-nya bisa untuk masak air di aspal. Dari bahan-bahannya sendiri, it is clearly stated kalau foundation ini water based.

Ingredients : Purified Water, Hexylene Glycol, Fructose, Glucose, Sucrose, Urea, Dextrin, Alanine, Glutamic Acid, Aspartic Acid, Hexyl Nicotinate, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Lanolin Alcohol, Propylene Glycol, Titanium Dioxide, Aluminium Hydroxide, Kaolin, Bentonite, Phenyl Dimethicone, Magnesium Aluminum Silicate, Propylene Glycol Stearate, Stearic Acid, Diazolidinyl Urea, Methylparaben, Propylparaben, Tocopheryl Acetate, Lecithin, Polysorbate 60, Triethanolamine, Oleic Acid, Fragrance Sodium Carboxymethylcellulose, Tocopherol, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499
Formula / Tekstur / Coverage

Bisa ditebak dan sesuai namanya, Ristra Platinum Fluid Moisturizing Foundation ini memiliki tekstur liquid (encer), which I actually enjoy it karena pasti formulanya tidak berat. Dan benar, setelah aku coba di wajah pun memang lightweight ya formulanya dan yang bikin impressed meskipun dia ini teksturnya liquid tapi coverage nya medium to high loh.

Untuk yang memiliki kulit normal-dry seperrti aku, lebih cakep kalau pengaplikasian nya menggunakan blender yang dispray oleh hydrating face mist. Efek dewy nya pun dapet banget.

Hanya sayangnya, shade yang aku dapat ini kurang sesuai dengan skintone aku yang memang pale. Tapi in general, undertone foundation ini yellow jadi cocok untuk wanita Indonesia. Produk ini sendiri dibagi menjadi 3 shade yaitu Ivory, Soft Honey Beige, dan Natural Honey Beige.

Ristra Platinum Triple Action Powder

Masih hadir dengan box dan warna yang senada yaitu olive green, kemasan dalamnya berwarna full glossy silver berbahan plastic.

Seperti biasa, dibalik box terdapat penjelasan singkat tentang produk yang mengandung vitamin E dan SPF untuk melindungi dari UVA dan UVB.

Ingredients :

Mica, Methicone, Magnesium Silicate, Titanium Dioxide, Talc, C9-15 Fluoroalcohol Phosphate, Polymethylmethacrylate, Magnesium Stearate, Dimethicone, Octyldodecanol, Sorbitan Oleate, Octyl Methoxycinnamate, Methylparaben, Fragrance, Propylparaben, Tocopherol, Tocopheryl Acetate, CI 77492, CI 77492, CI 77491, CI 77499.

Kemasan dalam si compact ini terdapat kaca yang memudahkan kita saat sewaktu-waktu touch-up, dan terdapat sponge juga di dalam.

Seperti pada penjelasan produk, Ristra Platinum Triple Action Powder ini merupakan kombinasi dari bedak dan foundation. Jadi bagi kalian yang mungkin tidak mau makeup berat, produk ini bisa dipakai individual tanpa fluid foundation nya. Apalagi compact powder ini coverage nya juga oke.

Tapi kalau kalian membutuhkan makeup dengan coverage yang lebih tinggi lagi, kalian bisa menggunakan compact powder ini sebagai finishing touch setelah pemakaian foundation. Best applied with brush sih menurutku.

Formulanya juga ringan kalau kalian pake sendirian di wajah setelah skincare, jatuhnya tidak mendempul dan finish result nya matte. Bagi yang berkulit normal-dry seperti aku, ketahanannya bisa seharian dan terkadang saat cuaca panas aku spray wajahku dengan face mist supaya agak glowy dikit. Jadi menurutku, since bedak ini formulanya matte akan cocok bagi kalian yang oily karena kemampuan menahan minyaknya lumayan oke.

Sayangnya, aku dapat yang shade paling gelap yaitu Natural Honey Beige jadi kurang match di skintone ku. Tapi boleh juga buat ngakalin kalau pake foundation yang keterangan hehe.

Ristra Platinum Finishing Powder

Masih sama dengan produk lainnya, loose powder ini juga dikemas di dalam olive green box dan produknya sendiri berupa jar bulat dengan titip twisted. Sama dengan compact powder nya, tutup Ristra Platinum Finishing Powder juga berwarna glossy silver dengan badan berbahan plastic semi transparent.

Berikut penjelasan produk terdapat di balik box beserta ingredients nya.

Talc, Mica, Methicone, Magnesium Stearate, Titanium Dioxide, Methylparaben, Fragrance, Imidazolidinyl Urea, Propylparaben, Tocopheryl Acetate, Tocopherol, CI 77491, CI 77492, CI 77499.

Tekstur / Formula / Coverage

As the name implies, Ristra Platinum Finishing Powder ini berbentuk powder yang formulanya, surprisingly sangat halus. Loose powder ini bisa juga dipakai sendiri setelah skincares atau dijadikan finishing powder setelah foundation dan compact powder untuk mengunci semua agar lebih tahan lama.

Loose Powder Ristra ini memiliki, sedikit coverage jadi bagi kalian yang ingin tampil natural dan no-makeup makeup produk ini cocok untuk kalian. Tapi kalau untuk menutupu imperfection pada wajah seperti redness dia kurang nampol ya.

Shade yang aku dapat ini yang paling terang yaitu 01 Ivory dan masuk banget di skintone aku. Bisa kalian lihat di foto bawah ini, loose powder nya bener-bener blend in di kulit aku.

Ristra Colorline Lipstick

Last but not least, kita sampe ke lipstick nya. Kemasan lipstick dari Ristra Colorline ini berbahan plastic ringan dengan kombinasi warna putih dan olive green yang menjadi ciri khas brand ini. Semua produk lipstick tersegel dengan rapat, sehingga kehegienisan produk terjamin pastinya.

Penjelasan dan detail produk terletak pada plastic segelnya, sehingga aku nge-bukanya harus hati-hati sekali dengan menggunakan cutter , tepat di bukaan lipstick nya supaya segel tidak rusak. Iya, seniat itu hehe.

Keterangan shade dan nomor lipstick terletak di bagian bawah lipstick.

Octyl Palmitate, Polybutene, Copernicia Cerifera Cera, Glyceryl Diisostearate/Hydrogenated Rosinate, Ricinus Communis Seed Oil, Candelilla Cera, Titanium Dioxide, Bis-Hydroxyethoxypropyl Dimethicone, Ceresin, Polyethylene, Talc, Phenoxyethanol, Diisostearyl Malate, Fragrance, Paraffin, Isopropyl Palmitate, Ozokerite, Mineral Oil, Tocopheryl Acetate, Retinyl Palmitate, BHT, Stearalkonium Hectorite, Butyl Stearate, Alcohol, Bisabolol, Cera Carnauba, Ethylene/VA Capolymer, Benzyl Alcohol, Dehydroacetic Acid.
Formula / Tekstur

Seperti yang kalian lihat, Ristra Colorline Lipstick ini berbentuk convenient atau bullet lipstick. Formulanya diklaim diperkaya dengan kandungan Antioksidan (Vitamin A & E) dan pelembap alami (Castor Oil, Carnauba dan Candelilla Wax), yang menutrisi dan melembapkan bibir. Dilengkapi dengan UV Filter yang melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar UV.

Teksturnya creamy dan memiliki finish result glossy di bibir. Karena tekstur yang demikian, sehingga bisa ditebak ya kalau dia gak transfer-proof. Jadi memang seperti dirancang untuk pemakaian daily basis. Warna-warna yang aku dapat pun kebetulan sangat cantik untuk sehari-hari, kalem tapi masih terlihat seger kalau dipakai.

Sesuai klaim, ternyata Ristra Colorline ini memang terasa lembab saat dipakai, mungkin karena adanya si castor oil dan Candelilla nya itu ya. Untuk pigmentasinya, menurutku sih sedang ya. Untuk warna terang-nya butuh beberapa layer untuk mendapatkan warna yang stand-out. Tapi balik lagi ke masing-masing, ada yang suka kalau agak sheer maka cukup sekali ulas aja. Bibir jadi terlihat gak pucat tapi tetep fresh.

FINAL THOUGHTS

Menurutku pribadi, Ristra Cosmetodermatology ini kualitas nya bagus dan sangat terjaga. Apalagi founder nya yang memang ahli pada bidangnya, jadi gak perlu was-was kalau produk nya abal-abal karena pasti tiap ingredients sudah diperhatikan dengan seksama.

Untuk fragrance, secara keseluruhan memang ada wangi-wangi nya tapi masih dalam level dapat ditoleransi kok. Lama-lama bakalan ilang juga wanginya gak yang nempel gitu.

Kalau dari segi packaging sih, memang brand ini lebih ditujukan kepada wanita dewasa ya bukan untuk remaja gitu. Lebih mateng gitu lah kemasannya, untuk mama-mama ibu-ibu kayak aku haha.

Shade range nya juga cocok untuk kita orang Indonesia. Not to mention, harga-harganya juga tejangkau.