Banyak hal membuat seseorang menjadi stres. Pekerjaan menumpuk, bosan dengan rutinitas, masalah datang bertubi-tubi, dan banyak hal lain yang membuat seseorang merasa tertekan.  

Gejala stres antara satu dengan yang lain bisa berbeda-beda. Ada yang cenderung defensif. Ada yang sakit kepala, atau ada juga mengalami mual dan muntah.  

Jangan sepelekan gejala stres. Segera lakukan cara atau tindakan agar tubuh dan pikiran menjadi rileks. 

Inilah 7 cara ampuh agar tubuh dan pikiran menjadi rileks.

1. Makan Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Hampir kebanyakan orang menyukai aroma dan rasa cokelat. Bagi penggemar cokelat, berbahagialah karena selain rasanya bikin meleleh di mulut, cokelat mengandung anandamide yang dapat membuat kerja otak lebih tenang. 



2. Berenang

Berenang mampu menurunkan hormon kortisol sebagai biangnya stres. Air dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang yang meningkatkan sirkulasi darah dari permukaan tubuh ke inti untuk menghemat panas. Ketika darah mengalir ke otak dan organ vital di dalam tubuh, ada sirkulasi oksigen yang membantu dalam detoksifikasi, membuat tubuh merasa rileks dan lebih berenergi.



3. Membaca Buku Kesukaan

Membaca buku tidak hanya mendapatkan wawasan, namun bisa juga menghilangkan stres. Pilihlah buku kesukaan. 

Keith Oatley, PhD, profesor Psikologi di University of Toronto mengatakan, "Membaca membuat otak lebih fresh dan menambah pengetahuan. Jika kita membaca mengenai genetika, kita akan tahu tentang gen. Jika kita membaca tentang cerita fiksi, kita akan belajar dan tahu tentang orang lain juga diri kita sendiri. Ada banyak buku yang bisa membuat perasaan kita lebih empati, simpati juga bahagia."



4. Minum Susu Hangat

Mengonsumsi susu hangat  bisa membuat sistem saraf pada tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Otot-otot yang semula tegang akan terasa kembali rileks, kemudian sistem saraf pun menjadi tenang.



5. Mendengarkan Musik

Musik tidak hanya asik untuk didengarkan, mendengarkan musik bisa memperlambat kerja jantung dan disinyalir mampu meredakan stres. 

Pilihlah musik kesukaan, karena dengan mendengarkan musik kesukaan akan mengendorkan syaraf yang tegang serta otak akan melepaskan hormon dopamine, senyawa yang membuat seseorang menjadi bahagia.



6. Melakukan Pijatan

Ketika stres, otot akan menegang. Sehingga, otot-otot yang tegang ini akan mengakibatkan sakit kepala, nyeri punggung, serta nyeri di seluruh tubuh. Lakukan pemijatan pada tubuh agar otot kembali mengendur.



7. Piknik

Ketika ada orang uring-uringan atau marah, biasanya ada yang nyeletuk, "Kurang piknik ya?" Ada benarnya celetukan tersebut. Karena orang yang cenderung suka marah bisa jadi dalam keadaan tertekan. Stres bisa dihilangkan dengan cara melakukan piknik. 

Studi yang dilakukan oleh Global Commission on Aging, the Transamerica Center for Retirement, dan the U.S. Travel Association, mengungkap bahwa sembilan dari 10 orang menunjukkan level stres mereka berkurang hanya dengan melakukan satu atau dua liburan.



Itulah 7 cara agar tubuh dan pikiran menjadi rileks ketika stres.

Bagaimana, pilih salah satu atau lakukan semuanya jika memungkinkan. (*)